Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi Manajemen serta Konsep Keuangan

koin 2Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah gabungan dari ilmu dan seni yang membahas, mengkaji dan menganalisis tentang bagaimana seseorang manajer keuangan dengan mempergunakan seluruh sumber daya perusahaannya untuk mencari dana dan mengelola dana.
 
segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Manajemen Keuangan: Penganggaran Modal (Capital Budgeting)
 
Pengertian Manajemen Keuangan menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang berpendapat tentang manajemen keuangan :
  
James Van Horne

Menyatakan bahwa: "Semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan perolehan dana serta pengelolaan aset (aktiva) dengan tujuan yang menyeluruh." 

Suad Husnan
Berpendapat bahwa: "Manajemen keuangan adalah manajemen terhadap semua fungsi keuangan"

Bambang Riyanto

Mendefinisikan bahwa: "Semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan upaya memperoleh dana yang dibutuhkan dengan biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntungkan serta upaya untuk menggunakan dana yang diperoleh tersebut secara efisien dan efektif"

Kita bisa merangkum dan mengartikan sendiri berdasarkan pada definisi manajemen keuangan tersebut.

Manajemen keuangan adalah sebuah proses didalam kegiatan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan yang dimulai dengan cara mendapatkan dan menggunakan.

Penggunaan dana yang diperoleh harus tepat sasaran, efektif dan efisien agar tujuan keuangan yang telah direncanakan bisa terealisasi.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan utama Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Saham yang beredar adalah bukti kepemilikan, kesejahteraan para pemilik bisa dicerminkan dari harga pasar perusahaan itu.


Sedangkan harga perusahaan tersebut adalah hasil dari usaha manajemen dalam memperoleh pendanaan, hasil dari keputusan investasi dan semua kegiatannya dalam mengelola aset perusahaan.


Jadi, manajemen keuangan bertujuan ''Memaksimalkan'' nilai dari perusahaan. manajemen harus bisa menekan perputaran uang yang tidak perlu, kegiatan yang bisa merugikan perusahaan.


Rauang Lingkup Manajemen Keuangan


Ruang Lingkup Manajemen Keuangan terdiri dari:

1. Keputusan Pendanaan

Meluputi kebijakan manajemen dalam pencarian dana perusahaan. misalnya kebijakan penerbitan sejumlah obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek serta jangka panjang yang bersumber dari internal maupun eksternal perusahaan.

2. Keputusan Investasi

Kebujanakan penanaman modal perusahaan kepada aktiva tetap atau Fixed Asset seperti: Gedung, tanah dan peralatan atau mesin maupun aktiva finansial berupa surat-suarat berharga misalnya saham dan obligasi atau aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.

3. Keputusan Pengelolaan Aset

Keputusan pengelolaan aset merupakan kebijakan yang dimiliki secara efesien untuk mencapaai tujuan perusahaan.


Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi utama Manajemen Keuangan adalah sebagai pedoman bagi manajer perusahaan dalam setiap pengambilan keputusan sebagai berikut:

1. Planning (Perencanaan Keuangan), meliputi Perencanaan Arus Kas dan Rugi Laba.

2. Budgeting (Anggaran), perencanaan penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.

3. Controlling (Pengendalian Keuangan), melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan. 

4. Auditing (Pemeriksaan Keuangan), melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.

5. Reporting (Pelaporan Keuangan), menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah manajemen mengenai fungsi keuangan, dan fungsi manajemen keuangan berbicara tentang bagaimana mempergunakan dan menempatkan dana yang ada.

Fungsi yang ada dalam perusahaan harus dilaksanakan dengan baik mengingat fungsi-fungsi yang ada saling berkaitan satu sama lain.

Manajemen keuangan memiliki tiga kegiatan yang utama:

1. Perolehan Dana: merupakan aktivitas yang bertujuan untuk memperoleh sumber dana, ntah itu berasal dari internal perusahaan ataupun bersumber dari eksternal perusahaan.

2. Penggunaan Dana: suatu kegiatan dalam menggunakan atau menginvestasikan dana yang ada pada berbagai bentuk aset.

3. Pengelolaan Aset (Aktiva): aktivitas ini adalah kegiatan yang dilakukan setelah dana telah didapat dan telah diinvestasikan atau dialokasikan kedalam bentuk aset (aktiva), dana harus dikelola secara efektif dan efisien.

Bisa dilihat, fungsi pengambilan keputusan manajemen keuangan adalah keputusan tentang pendanaan, investasi dan manajemen aset.

0 Response to "Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi Manajemen serta Konsep Keuangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel