Ilmu Alamiah Dasar: Cakupan Materi, Konsep Perkembangan Alam Pikiran Manusia

Cakupan Materi

iad
Pengantar ilmu alamiah dasar, yaitu:
  1. Perkembangan penalaran dan tubuh manusia 
  2. Sejarah perkembangan IPA dan penalaran manusia sampai terwujudnya medote alamiah
  3. Keaneka ragaman makhluk serta persebarannya
  4. Ekosistem, sumber daya alam, lingkungan serta pelestariannya
  5. Dampak teknologi seta kelangsungan hidup manusia
Materi (1)

Perkembangan penalaran dan tubuh manusia mencakup hal sebagai berikut:

1. Pengertian ilmu alamiah dasar

Ilmu alamiah dasar adalah merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam manusia. 

Ilmu alamiah atau biasa disebut dengan ilmu pengetahuan (natural science) merupakan pengetahuan yangmengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta termasuk dimuka bumi ini, sehinggaterbentuk konsep dan prinsip. 

Ilmu Alamiah dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prisip-prinsip dasar yang esensial saja. Bagian-bagian dari Ilmu Alamiah Dasar meliputi penciptaanmanusia yang telah diberikan akal untuk berfikir, lahirnya ilmu alamiah, keterbatasan ilmualamiah, pembagian ilmu pengetahuan dsb.

IAD: Merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala alam semesta, konsep-konsep dasar yang esensial dalam bidang iptek

IAD: Diajarkan pada bidang sosial untuk memahami hakekat hidup dan kehidupan, sedangkan IPA diajarkan pada bidang sains (ekstra) tentang materi, benda mati dan kehidupan alam semesta termasuk jagat raya.

IPA: Merupakan ilmu sistematik yang dirumuskan dan berhubungan dengan gejala-gejala keberadaan yang didasarkan pada pengamatan maupun percobaan.

2. Perkembangan alam pikiran manusia


Bila dibandingkan dengan hewan, maka tubuh manusia lemah, sedangkan rohaninya, yaitu akal budi dan kemauannya sangat kuat. 

Manusia tidak dapat terbang seperti burung, tidak dapat berenang secepat buaya, tidak mampu mengangkat benda berat seperti gajah, dan sebagainya, tetapi dengan akal budinya dan kemauannya, manusia dapat menjadi makhluk yang lebih dari makhluk lain. 

Kelebihan manusia itu karena memiliki akal budi dan kemauan yang keras sehingga dapat mengendalikan jasmaninya. Manusia sebagai makhluk berpikir dibekali hasrat ingin tahu tentang benda dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya termasuk juga ingin tahu tentang dirinya sendiri. 

Rasa ingin tahu inilah mendorong manusia untuk memahami dan menjelaskan gejala-gejala alam, baik alam besar (makrokosmos) mapun alam kecil (mikrokosmos), serta berusaha memecahkan masalah yang dihadapi. 

Dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi, menyebabkan manusia dapat mengumpulkan pengetahuan. 

3. Sejarah Pengetehuan yang Dipeloreh Manusia.

Sejarah pengetahuan yang diperoleh manusia ada 4, yaitu :
  • Zaman Purba: di zaman purba manusia kemampuan nya mengamati alam sekitar. 
  • Zaman Yunani : kemampuan berpikir lebih maju,akal sehat, 
  • Zaman pertengahan :terdapat penulisan bilangan (angka arab) dan desimal yang memunculkan ilmu aljabar. 
  • Zaman Modern :terdapat penemuan yang dapat mengubah pola pikir,didukung oleh alat bantu yang lebih baik.

4. Perkembangan Fisik dan Penalaran Manusia


1. Perkembangan Fisik Manusia

Mulai dari rahim ibu, masa setelah dilahirkan, sampai masa dewasa, tubuh manusiamengalami pertumbuhan sedikit demi sedikit. Proses perubahan tersebut dimulai dari bentuksel yang sangat sederhana pada saat pembuahan, sampai ke bentuk sel yang sangat kompleks.Janin di rahim induk terjadi dari hasil pembuahan sel telur pejantannya. 

Sel telur yang telahdibuahi (zigot) tersebut akan mengalami pembelahan sel, diferensiasi sel sehingga terbentuk janin, dan transformasi bentuk tubuh.Bentuk tubuh manusia mengalami perubahan yang sistematis dan teratur sesuai dengankodratnya sejak bayi hingga dewasa. 

Pada masa puberitas, terjadi perubahan fisik yang sangatsignifikan, terutama pada tanda-tanda kedewasaan seperti tumbuhnya rambut pada bagiantubuh tertentu dan fungsi genetaliannya. 

Pertumbuhan morfologi wanita pada masa puberitas,yang tidak dialami laki-laki, adalah pinggul membesar, pinggang meramping, terbentuknya payudara serta datangnya siklus haid. Perbedaan bentuk tubuh dan genetalia tersebut dapatdimaklumi karena secara biologis laki-laki dan perempuan mempunyai peran yang berbedadalam kehidupannya. 

2. Perkembangan Sifat dan Pikiran Manusia 
  • Cara orang dewasa mencari pengetahuan umumnya sangat dipengaruhi oleh pengembangan pegetahuan pada masa kanak-kanak. 
  • Masa bayi (0-2 tahun), disebut periode sensorimotorik. Pada periode ini perkembangankecerdasan bayi sangat cepat. 
  • Masa kanak-kanak (3-5 tahun), disebut periode praoperasional. Pada periode ini dorongankeingintahuan anak sangat besar, sehingga banyak orang mengatakan bahwa anak pad periode ini adalah “masa bertanya”. 
  • Masa Usia sekolah (6-12 tahun), disebut periode operasional nyata. Pada masa anak sangataktif, ditandai dengan perkembangan fisik dan motorik yang baik. Masa ini juga merupakan “masa tenang” karena prose perkembangan emosional anak telah mendapat kepuasanmaksimal sesuai dengan kemampuannya. 
  • Masa remaja (13-20 tahun), disebut periode preoperasional formal. Masa ini merupakanmasa pertentangan (konflik), baik dengan dirinya sendiri maupun dengan orang dewasa. 
  • Masa dewasa (> 20 tahun), masa ini ditandai dengan kemampuan individu untuk berdirisendiri. Mereka mampu mengendalikan perilaku dengan baik, menempatkan dirinya sebagaianggota dalam kelompok serta merupakan individu yang bertanggungjawab. 
Baca Juga Artikel Sebelumnya : 
Konsep Perkembangan Alam pikiran Manusia 
  • Daya gerak/perilaku 
  • Naluri mempertahankan diri 
  • Naluri untuk mempertahankan keturunan 
  • Sifar unik manusia teridi dari 7 organ tubuh yang kompleks, yaitu mengandalkan metabilisme, memberi tanggapan,berkembang baik, tubuh dan gerak, berinteraksi 
Sejak lahir dan mati dan sejak jaman purban sampai dengan zaman moderen. Rasa ingin tahu manusia :
  • Pengetahuan: Dimulai dengan rasa ingin tahu 
  • Kepastian: Dimulai dengan keragu-raguan 
  • Filsafat: Dimulai dengan keinginan untuk tahu dan keragu-raguan 
Menurut John Dewey: Ada dua hal yang selalu menyatu dalam diri manusia, yaitu:
  • Konsep Rwa Bineda yaitu: merupakan siang dan malam, etika dan ilmu, teori dan praktek, berpikir dan bertindak.

0 Response to "Ilmu Alamiah Dasar: Cakupan Materi, Konsep Perkembangan Alam Pikiran Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel