Penegasan Tentang Ilmu Serta Konsep Dasar Ilmu Alamiah

Penegasan kembali tentang ilmu bahwa:

dasar1. Ilmu adalah pengetahuan, tetapi tidak semua pengetahuan itu ilmu.

2. Teknologi adalah : 
  • Ilmu, tetapi tidak semua teknologi merupaka ilmu. 
  • Teknologi merupaka rekayasa untuk merancangan bangunan
3. Pengetahuan merupakan wawasan kemampuan dan keterampilan berdasarkan olah pikir dari pembaca seperti, pengalaman, mendengar yang berbanfaat dan berguna untuk kehidupan. 

4. Pengetahuan adalah segala kemampuan pikiran dan nalar yang telah dijadikan patoka, ukuran dan ketentuan sesuai kaidah akademik yang rasioanal serta bersifat ilmiah.

Baca Juga Artikel Sebelumnya : 
Konsep Dasar Ilmu Alamiah Dimulai Dari 


Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

IAD merupaka Pengetahuan tentang alam semesta sehingga dikenal :

1. Ilmu alam
2. Ilmu hewan
3. Ilmu astronomi
4. Ilmu tumbuh-tumbuhan
5. Ilmu bumi
6. Ilmu hayat
7. Ilmu geologi

Konsep Pengetahuan Alam

lmu Pengetahuan Alam adalah suatu ilmu yang didapatkan dengan cara melakukan penelitian, pengujian, penyusunan teori, kesimpulan, kemudian di uji lagi dan diteliti lagi begitu seterusnya ilmu ini saling berkait satu dengan yang lain.

Ilmu pengetahuan alam identik dengan hal-hal ekosistem, pertumbuhan alam dan juga makhluk hidup. Ini dikatagorikan dalam ilmu biologi. Manfaat belajar ilmu biologi itu sendiri dapat disimpulkan sebagai bekal mengetahui seluruh ekosistem yang ada di dunia menyangkut alam sekitar hingga ke akar-akarnya. Yang juga mewakili pengetahuan terhadap makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. 

Maka dari itu konsep pengetahuan semesta dapat diakaitkan dengan:

1. Tri Kaya Parisudha
2. Tri Hita Karana
3. Tat Twam Asi
4. Tri Pramana
5. Panca Maha Bhuta

Sejak abad ke 16 para ilmuan mulai menggunakan metode ilmiah dalam mempelajari alam semesta menggunakan induktif dan pendekatan dedukatif

0 Response to "Penegasan Tentang Ilmu Serta Konsep Dasar Ilmu Alamiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel