Pengantar Bisnis: Lingkungan Umum Perusahaan & Lingkungan Khusus Perusahaan

Pengertian Lingkungan Perusahaan

Pengertian Lingkungan Umum dan Lingkungan Khusus PerusahaanLingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi perusahaan. Artinya keberhasilan perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya sangat dipengaruhi dengan lingkungan. 

Oleh karana itu perusahaan harus dapat menjaga hubungan baik dengan kelompok ataupun pihak-pihak yang terkait.

Lingkungan umum merupakan lingkungan yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja perusahaan dan hampir semua perusahaan dipengaruhi oleh lingkungan tersebut. Komponen komponen dari lingkungan umum tersebut,meliputi demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya

Lingkungan khusus adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan bagi perusahaan dalam mencapai tujuan dan merupakan sesuatu yang khas bagi setiap perusahaan serta berubah sesuai dengan kondisinya.

A. Lingkungan Umum Perusahaan

Lingkungan umum perusahaan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

1. Politik

Dalam hal ini manyangkut tingkat pemusatan kekuatan politi, sifat organisasi politik, sistem partai, kesadaran dalam bermasyarakat. 

Suatu perusahaan ialah lembaga sosial yang akan selalu berhubungan dengan masyarakat, maka kehidupan operasi perusahaan sangat terpengaruh oleh politik negara di mana perusahaan berada.

2. Hukum 

Hukum merupakan lingkungan yang meliputi sifat dari sistem hukum, sistem hukum yang berlaku khususnya yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, masalah peraturan perundangan.

3. Sosial

Yang dimaksud dengan sosial ialah meliputi suatu struktur golongan yang ada dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan, termasuk didalamnya sifat dan perkembangan dari lembaga-lembaga sosial.

4. Perekonomian

Sistem perekonomian yang mempengaruhi perkembangan perusahaan terdiri dari berbagai aspek ekonomi dan unit-unit ekonomi dalam masyarakat yang meliputi jenis organisasi ekonomi, sistem pemilihan perusahaan, sistem perpajakan dan pembukaan, angkatan kerja, tingkat produktivitas, tingkat investasi, serta pola konsumi masyarakay dan sebagainya.

5. Kebudayaan

Hal ini meyangkut latar belakang sejarah dari suatu masyarakat di mana perusahaan berada yaitu yeng berhubungan hasil produksi perusahaan. Juga tercakup di dalamnya norma-norma masyarakat setempat, adat istiadat serta kebiasaan mereka.

6. Pendidikan

Merupaka keseluruhan dari tingkat pendidikan mulai dari yang  paling rendah sampai dengan pendidikan yang  tertinggi secara formal serta tingkat non formal yang akan mempengaruhi tingkat keahlian khusus dari masyarakat tersebut.

7. Tektonologi

Tknologi merupaka suatu hal yang dalam kenyataanya tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang industry dan fasilitas lain dalam pabrik yang perkembangannya sangat pesat ikut terpengaruh dalam perkembangan perusahaan. 

Oleh karena itu apabila perusahaan ingin mengembangkan tingkat produksi dan kegiatan operasionalnya harus terpacu dalam kemajuan teknologi.

8. Demografi

Demografi Ialah suatu sumber tenaga kerja yang tersedia dalam masyarakatangkatan kerja, tingkat kelahiran, tingkat kematian, penyebaran penduduk, umur, jenis kelamin, dan sebagainya. 

Merupakan suatu hal yang khusus untuk perusahaan yang sangat tergantung pada tenaga kerja maka urbanisasi sering menjadi masalah dalam masyarakat industri.

Baca Juga Artikel Sebelumnya :
B. Lingkungan Khusus Perusahaan
Lingkungan Khusus Perusahaan
Lingkungan khusus perusahaan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

1. Penyedia

Di sini termasuk menyedia bahan baku, alat-alat produksi, tenaga kerja atau singkatannya pemasok faktor-faktor produksi yang dibutuhkan perusahaan. 

Perusahaan harus membina hubungan baik dengan para penyedia ini sebab, jika tidak maka operasi perusahaan akan terganggu. Semakin luas perusahaan maka tentunya semakin mesar kebutuhan akan faktor-faktor produksi tersebut.

2. Pelanggan

Termasuk dalam lingkungan ini adalah semua pembeli produksi perusahaan, baik yang membeli untuk dijual lagi maupun untuk keperluan sendiri (konsumen akhir). Jadi tercakup di sini para pedagang perantara, baik pedagang beras maupun pedagang ngecer.

3. Pesaing

Dalam hal ini meliputi perusahaan-perusahaan yang membuat produk sejenis maupun yang membuat barang pengganti (substitusi). 

Agar perusahaan tetap bertahan dalam pesaingan mak diperlukan suatu srategi untuk menghadapi para pesing tersebut atau kalau memungkinkan justru perusahaan harus dapat mengubah tantangan pesaing itu menjadi suatu kesempatan

4. Teknologi

Inti dari operasi perusahaan adalah proses produksi. Maka oleh sebab itu akan selalu diperlukan pengembangan teknik berproduksi  secara kualitatif dan kuantitatif yaitu berproduksi pada jumlah optimal yang dapat memenuhi selera pelanggan dengan memuaskan.

5. Sosio Politik

lingkusngan ini meliputi berbabai aspek kehidupan masyarakat dari peraturan pemerintah yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan. Dapat dicontohkan misalnya sikap masyarakat terhadap adanya polusi/pencemaran akibat suatu limbah industri.

Baik lingkungan umum maupun lingkungan khusus setiap saat dapat perubah-ubah sejalan dengan perkembangan waktu, oleh sebab itu pengaruh fakto yang satu dengan yang lain terhadap perkembangan perusahaan juga berbeda-beda. 

Dapat diktakan bahwa, lingkungan khusus lebih tajam pengaruhnya terhadap perkembangan perusahaan dibandingkan dengan pengaruh faktor lingkungan umum. 

Maka perusahaan harus lebih peka untuk mengikuti fakto-faktor yang terdapat dalam lingkungan khusus tersebut tanpa melupakan adanya faktor dalam lingkungan umum.

0 Response to "Pengantar Bisnis: Lingkungan Umum Perusahaan & Lingkungan Khusus Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel