Pengantar Bisnis: Pengertian Etika Bisnis & Bisnis Internasional

 Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan suatu cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yaitu berkaitan dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan prilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha. 

sosialYang dimaksud dengan kebenaran etika bisnis di sini ialah etika standar yang secara umum dapat diterima atau diakui prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat, perusahaa dan individu.

Banyak perusahaan yang kurang suskses dalam berusaha dikarenakan kuarang jujur terhadap konsumen dan tidak menjaga atau memelihara kepercayaan yang telah diberikan oleh konsumen. Dengan keadaan yang seperti ini peran manajer sangat penting dalam mengabil keputusan-keputusan bisnis secara etis.

Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku bisnis yang nampak pada ilustrasi berikut:
lingkungan
klik dua kali untuk memperbesar gambar
- Lingkungan Bisnis

Sering kali para eksekutif perusahaan dihadapkan pada suatu delema yang menekankan, seperti misalnya harus mengejar kuota penjualan, menekankan ongkos-ongkos meningkatkan efesiensi dalam bersaing. 

Dalam pihal lain eksekutif perusahaan juga harus bertanggung jawab terhadap masyarakat agar kualitas barang terjaga dan harga barang terus terjangkau.

Dengan hal ini terdapat dua hal yang bertentangan harus dijalankan misalnya, menekan ongkos dan efiseinsi tetapi harus tetap meningkatkan  kualitas produk. Eksekutif perusahaan harus pandai menganmbil keputusan etis yang tidak merugukan perusahaan.

- Organisasi

Secara umum, anggota rganisasi itu sendiri saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya (proses interaktif). Di lain  pihak organisasi terhadap induvidu terus tetap berperilaku etis misalnya, jam pengupahan dan jam kerja maksimum.

- Individu

Seorang yang memiliki folosofi moral, dalam bekerja dan berinteraksi dengan sesama akan berperilaku etis. Prinsip-perinsip yang diterima secara umum dapa dipelajarai/diperoleh dari hasil interaksi dengan teman, famili, kenalan.

Dalam bekerja, individu harus memiliki tanggung jawab moral terhadap hasil pekerjaanya dengan menjaga kehormatan profesinya. Bahkan beberapa profesi memiliki kode teik tertentu dalam pekerjaan. Seperti misalnya, dokter, apoteker, bankir.

Kode etik diperlukan seperti hal-hal berikut:
  • Bertujuan untuk menjaga keselarasan dan konsistensi antara gaya manajemen stategis dan kebijakan dalam pengembangan usaha di satu ouhak dengan pengembangan sosial ekonomi dilain pihak.
  • Hal ini tujuannya agar bisa menciptakan iklim usaha yang lebih bergairah serta  suasana persaingan yang lebih sehat.
  • Untuk mewujudkan integritas perusahaan terhadap lingkungan, masyarakat dan pemerintah.
  • Untuk menciptakan ketenangan, kenyamanan dan keamanan batin bagi pemilik perusahaa/investor serta bagi para karyawan.
  • Untuk dapat mengangkat harkat perusahaan nasioanal di dunia perdagangan interasional
Bisnis Internasional

Bisnis internasional merupakan kinerja aktivitas bisnis yang melintasi batas nasioanal. Lebih khusus lagi perusahaan multinasional dapat diproduksi baik da dalam maupun diluar negri. Setiap bangsa di dunia ini berkepentingan untuk berperan serta dalam peraturan internasional. 

Bisnis InternasionalPerusahaan multinasional yang besar seperti Coca-cola, Exxon, IBM maupun yang berada pada peringkat di bawahnya seperti Prime Komputer, sama-sama menjual produknya keseluruh dunia. 

Bisnis internasional menunjukan perkembangan yang pesat semenjak perang dunia II sampai saat menjadi abad 21 ini dan diharapkan akan terus meningkatkan, sejalan dengan tersedianya komunikasi secara global dan hal itu akan menciptakan hubungan baik untuk memperudah akses bisnis ke dunia internasioanal.

Keuntungan-keuntungan Ekonomis dari Perdagangan Internasional

- Bagi negara mengimpor
  • Kemungkinan dapat memperoleh harga barang dari luar negri yang lebih murah dari pada barang sejenis di dalam negri.
  • Apabila kuantitas produk di dalam negri tidak mencakupi maka dengan mengimpor barang, kebutuhan dapat terpenuhi.
  • Dengan mengimpor barang dari luar negri, kemungkinan atau peluang untuk ekspor barang ke luar negri menjadi lebih luas.
- Bagi negara pengekspor
  • Biaya untuk memperluas pangsa ke luar negri sering kali lebih murah dari pada perluasan pangsa di dalam negri.
  • Penjualan keluar negri pada umumnya dalam volume yang besar sehingga dalam proses produksinya dapat lebih efesien.
Hambatan-hambatan Perdagangan Internasional

- Perbedaan bahasa

Para ere globalisasi seharusnya penguasa terhadap bahasa asing sudah dipersiapkan sehingga hambatan bahasa dalam melakukan bisnis internasional dapat diatasi.

- Perbedaan dalam kebiasaan sosial

Perbedaan dalam kebiasan sosial tujuanya agar suatu negara mengekspor produk/jasa harus mempelajari terlebih dahulu kebiasaan-kebiasaan dari negara pengimpor yang akan menjadi mitra dagangnya.

- Perbedaan dalam hukum dan peraturan

Sebagi contoh perbedaan undang-undang hak cipta, undang-undang tentang monopoli atau kartel di beberapa negara masih nampak besar.

- Perbedaan dalam valunta asing

Adanya perbedaan dalam mata uang dari masing-masing negara, maka sering kali dalam perdagangan internasional ini digunakan pembayaran dalam standar dollar US.

0 Response to "Pengantar Bisnis: Pengertian Etika Bisnis & Bisnis Internasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel