Pengantar Bisnis: Pertanggung Jawaban Sosial Perusahaan

Pertanggung Jawaban Sosial Perusahaan


Setiap perusahaan memiliki aktivatis produksi barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan yang layak. Dalam menjalankan aktivitasnya tersebut, perusahaan akan sangat mempengaruhi lingkungannya.
Dengan kata lain, dalam menjalankan aktivitasnya perusahaan harus memiliki rasa tangung jawab terhadap kelstarian lingkungan dan masyarakat. 

Apabila sangat menungkinkan, di samping mendapatkan keuntungan bagi perusahaan sendiri juga sekaligus dapat memberikan kesejahteraan bagi lingkungan/masyarakat.

Kepada siapa saja suatu perusahaan harus bertanggung jawab? Hal tersebut dapat diperiksa dengan ilustri berikut:

perusahaan

Baca Juga  Artikel Terbaru :
1. Bertanggung jawab terhadap pelanggan/konsumen

Pelanggan merupakan pembeli produk/jasa yang diproduksi oleh perusahaan. Dalam hal ini perusahaan harus berupaya untuk memuaskan para komsumennya agar pembelinya itu dapat terus dilakukan secara berkesinabungan.

Perusahaan harus memperhatikan adanya konsumerisme. Konsumerisme adalah suatu gerakan untuk memberikan informasi kepada konsumen dan melindungi mereka dari tindakan-tindakan yang salah.

Hal ini yang sangat diperhatikan konsumerisme misalnya, kualitas produk atau kualitas layanan jasa, iklan yang menyesatkan serta tindakan perusahaan yang tidak adil.

Berkaitan dengan kosumerisme, dinekal 4 (empat) hak-hak konsumen yang perlu dilindungi, yaitu:

a. Hak untuk keselamatan 

Konsemen harus dilindungi keselamatanya dalam mengonsumsikan produk/jasa agar terhindar dari kerugian atau kecelakaan. 

Misalkan, dalam pemakain suatu produk dalam jenis obat-obatan, kosmetika, makanan dan minuman, sebaiknya pada label diberikan petunjuk pemakaian serta kandungan zat yang terdapat dalam produk tersebut.

b. Hak untuk memperoleh informasi

Sebelum memutuskan suatu pembelian, konsumen berhak memperoleh informasi yang akurat tentang produk/jasa yang akan dibelinya. 

Sebagai contoh sebelum calon debitur bank mengajukan permohonan pinjaman, maka ia berhak mendapatkan keterangan tentang besarnya bunga, biaya adminitrasi, anguran kredit, agunan dan sebagainya 

c. Hak untuk memilih

Bertujuan untuk dalam memutuskan suatu produk/jasa yang akan dibelinya, konsumen berhak untuk memilih beberapa variasi atau jenis produk/jasa yang akan dibelinya. Sebaiknya produsen menyediakan banyak variasi pilihan produk pada beberapa variasi harga yang layak. 

Misalnya kreta api, kapal laut, pertunjukan musik menyediakan beberapa variasi layanan dalam beberapa variasi harga.

d. Hak untk didengar 

Konsumen juga harus diperhatikan hak-haknya untuk memberikan masukan informasi, keluhan atau menanyakan segala sesuatu tentang produk kepada produsen. 

Dengan keadaan seperti ini sebaiknya  suatu perusahaan menyedikan petugas semacam " public relation" atau hubungan masyarakat untuk melayani konsumen dalam hal-hal tersebut di atas.

2. Bertanggung jawab terhadap tenaga kerja

Seperti halnya terhadap konsumen, perusahaan juga harus bertanggung jawab terhadap keberadaan tenaga kerja dalam perusahaan. 

Tenaga kerja tersebu tentunya sangat mengharapkan adanya kenyamanan dalam bekerja, pemberian upah yang layak, adanya beberapa jaminan kerja seperti asuransi kesehatan, cuti rekreasi. 

Pekerja juga berhak untuk mengetahui keadaalm umum perusahaan dalam menghendaki adanya manajer yang rensponsif terhadap keluhan pekerja.

3. Bertanggung jawab terhadap lingkungan

Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan harus memperhatikan keadaan dilingkunganya, yaitu bagaimana upaya perusahaan supaya tetap dapat menciptakan lingkungan di sekitar perusahaan yang sehat, bebas dari polusi yang disebabkan oleh limbah perusahaan. 

seperti misalnya pembuangan limbah jangan sampai menyebabkan polusi pada air sungai/sumur, tanah, juga asap yang dikeluarkan melalui cerobong supaya tidak menyebabkan polusi udara.

Hal tersebut bisa diatasi dengan peraturan perijinan mengenai lokasi pabrik (jauh dari pemukiman penduduk) dan juga dengan sistem pengelolaan limbah yang baik. Dengan kradaan tersebut tentunya para pemilik perusahaan harus pula menyadari arti penting pelestarian dan kesehatan lingkungan hidup.

4. Bertanggung jawab terhadap investor

Pada umumnya para investor sangat berkepentingn terhadap kemajuan perusahaan, terutama yang terkait dengan pengelolaan dana, juala beli saham. Hal tersebut tentu saja menyangkut masalah laba yang aka dibagikan dengan para pemegang saham. 

Eksekutif perusahaan harus daat meyakinkan kepada investor bahwa, pengelolaan keuangan perusahaan sudah tepat. Tentu saja hal ini akan tercemin pada Neraca dan Laporan Rugi/Laba yang dibuat setiap tahun buku.

0 Response to "Pengantar Bisnis: Pertanggung Jawaban Sosial Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel