Pengantar Bisnis: Perusahaan Dalam Sistem Sosial

Pengertian Perusahaan

bisnis
Telah banyak pengertian atau definisi tentang perusahaan yang dikemukakan oleh para ahli, namun secara ringkas perusahaan dapat dikatakan bahwa: Perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi yang mengelola sumber-sumber ekonomi yang bertujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan serta agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.

Untuk melakukan suatu bisnis terdapat faktor-faktor yang menjalankan bisnis (pelaku bisnis) tersebut, yaitu manusia sebagai pemilik, pekerja dan konsumen. Masyarakat memerlukan kehadirin bisnis disamping untuk menyediakan barang dan jasa, juga sebagai tempat untuk mencari pekerjaan.

Baca Juga Artikel Terbaru : 
Pengertian dari faktor-faktor pelaku bisnis:

1. Pemiliki

Merupakan seorang yang meginvestasikan uangnya dalam suatu kegiatan bisnis dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dari uang atau modal yang ditanamkannya tersebut. Pada saat mengambil keputusan penting, sering kali manajer profesional meminta pertimbangan kepada pemilik perusahaan terlebih dahulu.

2. Manajer

Yaitu orang yang bertanggung jawab pada kinerja, perusahaan, bertanggung jawab atas pencapaian keuntungan perusahaan, pertumbuhan perusahaan, serta pertanggung jawaban sosial. 

Manajer ini dapat dijalankan sekaligus oleh pemilik perusahaan atau seseorang manajer yang profesional yang dipekerjakan oleh pemilik. 

Seseorang manajer yang profesional akan bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan dan wajib menyusun suatu bentuk laporan bisnis pada periode tertentu berupa laporan Neraca/Rugi Laba Perusahaan.

3. Tenaga Kerja 

Adalah individu yang menawarkan keterampilan dan kemampuan untuk memproduksi barang atau jasa agar perusahaan dapat meraih keuntungan dan untuk  individu tersebut akan memperoleh upah/gajih sesuai dengan ketermilan yang dimiliki. 

Diharapkan oleh perusahaan bahwa tenaga kerja tersebut dapat merupakan suatu tim kerja yang andala dalam menunjang kinerja perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah diharapkan.

4. Konsumen

Konsumen merupakan individu atau bisnis yang membeli produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Dalam melakukan pembelian produk/jasa konsumen mempunyai aneka ragam keinginan dan kebutuhan yang harus dipenuhi pleh suatu perusahaan. 

Untuk itu perusahaan harus dapat menentukan apa yang diinginkan oleh konsumen, agar dalam jangka panjang secara berkesinabungan konsumen setia membeli produk atau jasa perusahaan.

Sumber - Sumber Ekonomi

Perusahaan bertugas mengelola sumber-sumber ekonomi atau sering juga disebut dengan faktor-faktor ekonomi.
ekonomi
Sumber-sumber ekonomi tersebut dapat dikelompokkan kedalam hal sebagai berikut:

1. Manusia  (Men)
2. Uang      (Money)
3. Material (Materials)
4. Metode (Methods)

Sering kali ke empat dari sumber-sumber ekonomi tersebut dikenal dengan "4 M"

- Manusia disini tidak hanya berperan sebagai tenaga kerja di perusahaan namun juga berperan sebagai konsumen dari produk perusahaan. Pada masa sekarang harus diusahakan agar tenaga kerja ini betul-betul menjadi teman atau pasangan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan bagaimana cara mengelola tenaga kerja dengan sebaik-baiknya.

- Uang atau modal usaha yaitu sejumlah uang atau barang yang dibeli dengan uang tersebut untuk membuat produk yang lain. Yang disebut dengan barang modal disisn adalah; mesin, peralatan pabrik, alat-alat transportasi dan lain sebagainya. Untuk itu perusahaan harus mengusahakan bagaimana caranya kekuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan cermat.

- Material, merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh sekali terhadap kelancaran proses produksi, sebab material merupakan faktor pendukung utama dalam proses produksi. Termasuk di sisni adalah; bahan baku, bahan pembantu, tanah untuk proses produksi serta bahan lainya sebagi proses penunjang produksi.

- Metode, merupaka suatu pelaksanaan kerja produktif misalkan pengambilan keputusan, pemberian ide atau inisiatif dalam pemikiran yang keseuanya itu ditunjukan agar pengelolaan sumber-sumber ekonomi dapat berjalan dengan lancar. Singkatnya dalam metode ini ialah pelaksanaan manajemen dalam perusahaan atau pengelolaan perusahaan. 

Di dalam perusahaa sumber-sumber ekonomi tersebut diproses agar menjadi barang atau jasa yang akan ditunjukkan untuk memuaskan kebutuhan  konsumen sekaligus dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Jadi agar dapat mencapai tujuan tersebut diterapkan prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan tertentu dihrapkan dapat diperoleh hasil atau keuntungan maksimum.

Dalam hal lain sering kali hubungan antara faktor-faktor produksi di gambarkan seperti berikut:
tenaga kerja
klik dua kali untuk membesarkan gambar
Dapat dikatakan bahwa wirausahawan adalah seseorang yang memiliki kepribadian unggul yang mencerminkan budi yang luhur dan pantas untuk diteladani karena atas kemampuan sendiri dapat dilahirkan suatu sumbangsih karya untuk kemajuan kemanusiaan yang berlandaskan kebenaran dan kebaikan.

Sedangkan kewirausahawan merupakan suatu profesi timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari pendidikian formal dengan seni yang hanya dapat digali dari rangkaian kerja yang diberikan dalam praktek. 

Oleh karena itu seseorang wirahusahawan melakukan kegiatan mengorganisasikan berbagai faktor produksi sehingga menjadi suatu kegiatan ekonomi yang menghasilkan laba yang merupakan balas jasa atas kesediaanya memikul resiko.

0 Response to "Pengantar Bisnis: Perusahaan Dalam Sistem Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel