Kewarganegaraan: Definisi Bangsa, Warga Negara, Penduduk & Ius Soli

Pengertian Bangsa
BANGSA

Bangsa ialah merupakan sekumpulan manusia yang bersatu pada satu wilayah dan memunyai keterikatan dengan wilayah tersebut serta dapat menimbulkan suatu komunitas masyarakat untuk membentuk komunitas bangsa  ciri-cirinya ialah: memiliki suatu nama, wilayah tertentu, mitos leluhur bersama, kenangan bersama, satu atau beberapa budaya yang sama dan solidaritas tertentu. 

Didalam hal ini bangsa juga bisa disebut sebagai doktrin etika dan filsafat,serta merupakan awal dari ideology nasionalisme.

Berikut adalah  pengertian tentang bangsa:

1. Bangsa ialah adanya suatu nyawa, suatu akal yang terjadi 2 hal, yaitu rakyat yang harus hidup bersama-sama menjalankan satu riwayat, dan rakyat yang mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu.

2. Bangsa ialah suatu kelompok manusia yang memilikikesamaan karakter. Karakteristik tumbuh karena adanya kesamaan nasib.

3. Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik).

Jadi dari definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa bangsa ialah suatu kelompok manusia yang memiliki karakteristik dan ciri yang sama (nama, budaya, adat), yang bertempat tinggal di suatu wilayah yang telah dikuasainya atas sebuah persatuanyang timbul dari rasa nasionalisme serta rasa solidaritas dari sekumpulan manusia tersebut serta mengakui negaranya sebagai tanah airnya.

Warga Negara
WARGA
  • Warga negara merupakan orang yang terkait dengan sistem hukum Negara serta mendapatkan perlindungan dari negara tersebut.
  • Warga negara secara umum adalah penduduk sebuah negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga negara dari negara itu. Adaya anggota suatu negara yang mempunyai keterikatan timbal balik dengan negaranya.
  • Warga negara merupakan orang yang tinggal di dalam sebuah negara dan mengakui semua peraturan yang terkandung di dalam negara tersebut.
  • Warga negara Indonesia  merupakan: orang-orang bangsa Indonesia asli dan bangsa lain yang disahkan oleh Undang-Undang sebagai warga negara.
Jadi dapat disimpulkan bahwa warga negara merupakan orang yang tinggal di suatu negara dengan keterkaitan hukum dan peraturan yang ada dalam negara tersebut serta dialui oleh negara, baik warga asli negara tersebut atau pun warga asing dan negara tersebut memiliki ketentuan kepada siapa yang akan menjadi warga negaranya.

Penduduk
  • Penduduk adalah orang yang tinggal di suatu daerah.
  • Penduduk merupakan seseorang yang berhak tinggal di suatu daerah, dengan syarat orang tersebut harus memiliki surat resmi untuk tinggal disitu.
  • Dalam definisi sosiologi, penduduk merupakan kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
Jadi dapat disimpulkan bahwa penduduk merupakan kumpulan manusia yang tinggal di suatu wilayah (negara, kota dan daerah) yaitu dengan memiliki surat resmi untuk tinggal di wilayah tersebut.

Baca Juga Artikel Terbaru :


Ius Soli

Ius Soli merupakan suatu pengakuan negara terhadap kewarganegaraan seseorang berdasarkan tempat seseorang dilahirkan. Jika seseorang lahir di wilayah negara yang menganut sistem asas kewarganegaraan ius soli maka orang tersebut otomatis menjadi warga negara dari negara tempat ia dilahirkan.

Unsur Daerah Tempat Kelahiran (Ius Soli)

Daerah tempat seseorang dilahirkan menentukan kewarganegaraan,prinsip ini berlaku di Amerika, Inggris, Perancis, dan Indonesia, terkecuali di Jepang.

0 Response to "Kewarganegaraan: Definisi Bangsa, Warga Negara, Penduduk & Ius Soli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel