MANAJEMEN OPERASIONAL RESUME BAB II “STRATEGI OPERASI”

RESUME “STRATEGI OPERASI”

sss
A. Peran Strategi Manajemen Operasional Dalam Organisasi/Perusahaan 

Sebelum kita melangkah dalam hal pengambilan keputusan-keputusan atau mengeluarkan suatu produk, ada baiknya kita memetakan strategi yang akan digunakan dalam teori manajemen operasional. Salah satu strategi dalam menetapkan arah dan tujuan untuk mengambil keputusan bisnis lewat perencanaan formal sehingga mampu menghasilkan pola pengambilan keputusan yang konsisten serta menjadi keunggulan saat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. 

Sedikitnya, ada dua tipe dalam pengambilan strategi. Pertama, dengan menggunakan biaya rendah yang ditekan dari biaya produksi, namun tetap menggunakan teknologi bagus, tapi biaya tenaga kerja diusahakan rendah, dan tingkat persediaannya juga rendah, tapi tetap menjaga mutu. Mutu yang harus tetap terjamin. Ini tentu bisa berjalan berbarengan jika bagian keuangan serta pemasaran mendukung dan tidak mati. Yang kedua adalah dengan menggunakan strategi invasi dalam menciptakan produk atau pengenalan produk baru. Pada bagian ini, tidak usah terlalu memikirkan harga pemasaran karena tidak ada masalah. Serta adanya fleksibilitas dalam pengenalan produk baru. 

Dan yang berikutnya adalah perencanaan pabrik atau dalam bahasa asing disebut factoy planning. Ini adalah langkah yang penting dalam kelangsungan hidup serta kemajuan perusahaan sesuai tujuan perusahaan yang ingin dicapai dalam hal teori manajemen operasional. Di antara perencanaan pabrik itu adalah penentuan lokasi pabrik, bangunan, peralatan, hingga penerangan, dan sirkulasi udara dalam pabrik. Pemilihan lokasi pabrik sangat penting karena bisa mempengaruhi dalam daya saing dengan perusahaan lain. Selain itu, juga harus memperhatikan adanya kemungkinan terjadi ekspansi. 

Agar perusahaan bisa berjalan lancar, efektif, dan efisien, kita bisa melihat banyak faktor yang bisa mempengaruhi lokasi pabrik yang masih terkait dengan menejemen operasional, di antaranya lingkungan masyarat, dekat dengan pasar, dan tenaga kerja, kedekatan dari pengiriman bahan pemasok, biaya transportasi, dan juga sumber daya alam di sekitar lokasi yang mempengaruhi. Ini peting dalam praktik manajemen operasional. 

B. Perumuskan Strategi Operasi 

Menurut Wheeright dan Hayes dari Harvard, strategi operasi dapat menyokong strategi bisnis melalui salah satu dari peran utama. Perbedaan di antara peranan, seperti dijabarkan di bawah, terutama adalah keproaktifan operasi di dalam keseluruhan strategi bisnis perusahaan. 

a. Operasi sebagai sesuatu yang buruk tetapi diperlukan 
Pada tingkat ini, manajemen puncak melihat fungsi operasi sebagai keharusan yang patut disayangkan. Niat mereka yang ingin meminimumkan dampak negative apapun yang mungkin dimiliki oleh fungsi operasi pada strategi bisnis yang sudah ditetapkan sebelumnya. Aktivitas dan prosedur operasi tetap dibuat fleksibel untuk bereaksi terhadap perubahan di dalam strategi dan kemudian dimonitor melalui system pengendalian biaya dan kinerja yang rinei. Keuntungan dan potensi operasi diabaikan sepenuhnya 

b. Operasi berdasarkan diet pemeliharaan 
Perusahaan melihat keharusan untuk membuat operasi tetap koompetitif dengan bagoian industry selebihnya. Sumber daya dialokasikan agar tidak ketinggalan dari persaingan tetapi kontribusi potensial dari operasi bagi daya saing perusahaan tetap di abaikan. 

c. Operasi Bersama dengan fungsi – fungsi lain 
Operasi, bersama dengan fungsi pemasaran, keuangan, dan fungsi-fungsi lain, secara aktif menyokong strategi bisnis. Strategi operasi dirumuskan dan diikuti, dan investasi dibuat untuk memastikan bahwa operasi dapat tetap menyokong strategi bisnis. 

d. Operasi sebagai senjata kompetitif 
Pada tingkat tinggi ini, operasi telah menjadi senjata kompetitif untuk perusahaan. Tidak hanya strategi operasi, tetapi juga memberikan keuntungan kompetitif bagi organisasi yang merupakan dasar bagi strategi bisnis. 

C. Keputusan strategis manajemen operasional 

Berdasarkan buku dari Heizer dan Render (2011: 9) yang didalamnya menyebutkan terdapat sepuluh keputusan strategis yang berkaitan dengan manajemen operasional. Adapun 10 hal-hal tersebut yang telah dirangkum adalah dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut: 

1. Perancangan produk dan jasa 
Perancangan barang dan jasa menetapkan sebagian besar proses transformasi yang akan dilakukan. Keputusan biaya, kualitas dan sumberdaya manusia bergantung pada keputusan perancangan. 

2. Pengelolaan kualitas 
Ekspektasi pelanggan terhadap kualitas harus ditetapkan, peraturan dan prosedur dibakukan untuk mengidentifikasi serta mencapai standar kualitas tersebut. 

3. Perancangan proses dan kapasitas 
Keputusan proses yang diambil membuat manajemen mengambil komitmen dalam hal teknologi, kualitas, penggunaan sumber daya manusia dan pemeliharaan yang spesifik. Komitmen pengeluaran dan modal ini akan menentukan struktur biaya dasar suatu perusahaan. 

4. Strategi lokasi 
Keputusan lokasi organisasi manufaktur dan jasa menentukan kesuksesan perusahaan. 

5. Strategi tata letak 
Aliran bahan baku, kapasitas yang dibutuhkan, tingkat karyawan, keputusan teknologi dan kebutuhan persediaan mempengaruhi tata letak. 

6. Sumber daya manusia dan rancangan pekerjaan 
Manusia merupakan bagian yang integral dan mahal dari keseluruhan rancang sistem. Karenanya, kualitas lingkungan kerja diberikan, bakat dan keahlian yang dibutuhan, dan upah yang harus ditentukan dengan jelas. 

7. Manajemen rantai pasokan (supply chain management) 
Keputusan ini menjelaskan apa yang harus dibuat dan apa yang harus dibeli. 

8. Persediaan, perencanaan, kebutuhan bahan baku, dan JIT (just in time) 
Keputusan persediaan dapat dioptimalkan hanya jika kepuasan pelanggan, pemasok, perencanaan produksi dan sumberdaya manusia dipertimbangkan. 

9. Penjadwalan jangka menengah dan jangka pendek 
Jadwal produksi yang dapat dikerjakan dan efisien harus dikembangkan. 

10. Perawatan (maintenance) 
Keputusan harus dibuat pada tingkat kehandalan dan stabilitas yang diinginkan.

0 Response to "MANAJEMEN OPERASIONAL RESUME BAB II “STRATEGI OPERASI”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel