Persamaan akuntansi dan Contoh Soal Dasar-Dasar Akuntansi Halaman 50

Persamaan akuntansi


Persamaan akuntansi dalam hal ini memiliki pengertian sebagai suatu keadaan yang menunjukkan hubungan antara harta, utang dan modal pemilik dengan perhitungan ruas kiri (harta) harus sama besarnya dengan ruas kanan (utang dan modal).

Persamaan akuntansiManfaat persamaan akuntansi adalah mengetahui pengaruh dari suatu transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan dan memungkinkan pihak pemakai informasi akuntansi menilai suatu perusahaan. Prinsip keseimbangan dalam persamaan akuntansi harus dibuat oleh perusahaan. 

Persamaan dasar akuntansi akuntansi ialah posisi yang menggambarkan hubungan yang terdapat dalam laporan keuangan yang meliputi, Harta/aktiva, Hutang/kewajiban,ekuitas/modal, pendapatan dan beban.

Adapun bentuk persamaan akuntansi secara umum ialah sebagai berikut:
  • HARTA    = HUTANG + MODAL
  • HUTANG = HARTA – MODAL
  • MODAL = HARTA – HUTANG
  • HARTA + BEBAN = HUTANG + HUTANG + PENDAPATAN
Contoh Soal

1. 
a. Sebutkan definisi akuntansi ditinjau dari sudut pemakaiannya.
b. Sebutkan definisi akuntansi ditinjau dari sudut proses kegiatannya.
2. Sebutkan lima pemakaian informasi akuntansi dan jelaskan bagaimana mereka menggunaka informasi tersebut.

3. Sebutkan pembidangan jabatan akuntansi dalam profesi akuntansi.

4. Sejalan dengan pembidangan jabatan akuntan, akuntansi dapat dikelompokkan ke dalam berbagai bidang. Sebutkan bidang-bidang akuntansi tersebut.

5. Akuntansi selalu berhubungan dengan kegiatan keuangan organisasi. Sabutkan bentuk-bentuk organisasi perusahaan yang terdapat dalam masyarakat, dan sebutkan pula perbedaan antara masing-masing perbedaan organisasi tersebut.

6. 
Apakah yang dimaksud dengan prinsip-prinsip akuntansi

b Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan konsep entitas, prinsip obyektivitas, dan prinsip cost (biaya perolehan).
c Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan konsep entitas, prinsip obyektivitas, dan prinsip cost (biaya perolehan).
7. Jelaskan secara singkat hubungan antara aset perusahaan dengan sumber-sumber aset tersebut.

8. Apa yang dimaksud dengan persamaan akuntansi? Sebutkan persamaan tersebut.

9. Sebutkan tiga jenis laporan keuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi dan jelaskan informasi keuangan yang terdapat pada masing-masing laporan.

10. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan:
  • Aset
  • Kewajiban
  • Modal
  • Pendapatan
  • Beban

Jawab;

1.

(a) Merupakan suatu disiplin yang menyediakan suatu informasi yang yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efesien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu entitas.

(b) Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu entitas.
2. 
(1) Manajer Perusahaan; Menggunakian akuntansi untuk menyusun perencanaan perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha pencapaian tujuan.
(2) Investor; Para investor malakukan penanaman modal dalam perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapannya.
(3) Kreditor; Hanya bersedia memberikan kredit kepada calon penerima kredit yang dipandang mampu mengembalikan bunganya serta dapat mengembalikan kredit tepat pada waktunya.
(4) Investasi Pemerintah; Badan-badan peerintah tentu sepeti badan pelayanan pajak atau pengembangan pasar modal membutuhkan informasi keuangan dari perusahaan- perusahaan yang menjual sahamnya melalui modal pemerintah.
(5) Organisasi Nirlaba; Merupakan organisasi yang tidak bertujuan mencapai laba seperti organisasi keagamaan, yayasan serta lembaga pendidikan juga membutuhkan informasi seperti halnya organisasi yang bertujuan untuk mencapai laba.
3.
(a) Akuntansi Interen; Biasanya juga disebut sebagai akuntansi prifat. Akuntasi berserta sifatnya yang bekerja untuk memberi jasa akuntansi bagi masyarakat.
(b) Akuntansi Publik; Akuntansi yang bekerja dalam suatu perusahaan organisasi yang bertujuan untuk mencari laba atau suatu organisasi nirlaba.
4. 
(1) Bidang Akuntansi Interen; Akuntansi biaya, Peranggaran, Perancagan, Sistem informasi, Audit interen.
(2) Akuntansi Publik; Audit atas laporan keuangan (Auditing), Perpajakan, Perancangan sistem informasi, Konsultasi manajemen.
5. 
(1) Badan Organisasi Perorangan; Merupakan bisnis yang hanya dimiliki oleh satu orang.
(2) Badan Usaha Persekutuan; Merupakan bisnis yang dimiliki pada persekutuan terdapat lebih dari satu pemilik ini berarti bahwa modal perusahaan juga berasal dari beberapa orang penyetor modal. Para sekutu biasanya membuat perjanjian berisi tentang modal awal, tugas masing-masing sekutu, pembagian laba, (atau rugi) dsb.
(3) Badan Usaha Pezeroan; Merupakan bisnis yang dimiliki oleh para pemegang saham (prasero) yaitu orang-orang yang memiliki saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
6
(a) Prinsip-Prinsip Akuntansi; Prinsip akuntansi adalah prinsip-prinsip dalam konsep yang digunakan para akuntan dalam menyusun laporan keuangan.
(b) 1. Konsep Entintas; Merupakan suatu organisasi yang berdiri sendiri sebagi suatu satuan ekonomi yang terpisah.
2. Prinsip Obyektivitas; Data yang bisa diandalkan (bisa dipercaya) adalah data yang bisa diverifikasi, artinya dapat dengan mudah dikonfirmasi dengan data indevenden lainnya yang saling berkaitan.
3 Prinsip Cost Perolehan; Penetapan jumlah yang dipakai dalam catatan akuntansi untuk membelian barang dan jasa.
7. Kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan aset-aset tersebut bisa berasal dari pemilik perusahaan yang disebut sebagai modal (atau ekuitas) serta bisa juga berasal dari pinjaman dari luar perusahaan yang disebut kewajiban.

8. Suatu persamaan atau keseimbangan yag menunjukkan jumlah aset atau sumber-sumber yang tercantum pada neraca disisi kiri adalah berapa aset seperti kas, perlengkapan, peralatan, kendaraan dan semuah itu adalah berasal dari kreditur serta pemilik yang tercantm disisi kanan.

9.
(a) Neraca; Suatu daftar yang menggambarkan aset (harta kekayaan), kewajiban, dan modal (ekuitas) yang dimiliki oleh suatu entintas (perusahaan) pada suatu saat tertentu.
(b) Laporan Laba Rugi; Disusun dengan maksud untuk menggambarkan hasil oprasi perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu.
(c) Laporan Perubahan Modal; hasil oprasi perusahaan yang berupa laba/rugi akan berpengaruh terhadap modal pemilik (disebut juga ekuitas pemilik).
10. 
(a) Aset; Sumber-sumber ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan yang bisa dinyatakan dalam satuang uang.
(b) Kewajiban; Hutang yang harus dibayar oleh perusahaan dengan uang atau jasa pada suatu saat tertentu dimasa yang akan datang.
(c) Modal; Merupakan hak pemilik perusahaan atas kekayaan (Aset) perusahaan.
(d) Pendapatan; Aliran penerimaan kas/ harta lain yang diterima dari konsumen sebagai hasil penjualan.
(e) Beban; Harga poko barang yang dijual dengan jasa yang yang dikonsumsi untuk menghasilkan pendapatan.

0 Response to "Persamaan akuntansi dan Contoh Soal Dasar-Dasar Akuntansi Halaman 50"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel