PENGANTAR PARIWISATA: PRASARANA DAN SARANA PARIWISATA

 SARANA PARIWISATA

Sebelum melakukan wisata, yang perlu diketahui oleh wisatawan?

SARANA PARIWISATA- Fasilitas Transportasi
- Fasilitas Akomodasi
- Fasilitas Catering Service
- Fasilitas Atraksi Wisata
- Fasilitas Rekreasi
- Fasilitas Perbelanjaan
- Tempat atau Toko

Agar suatu obyek wisata dapat dijadikan sebagai salah satu obyek wisata yang menarik, maka faktor yang sangat menunjang adalah; kelengkapan dari sarana dan prasarana obyek wisata tersebut. Karena sarana dan prasarana juga sangat diperlukan untuk mendukung dari pengembangan obyek wisata. 

Suatu obyek pariwisata harus memenuhi tiga kriteria agar obyek tersebut diminati pengunjung, yaitu:

- Something to See
- Something to do
- Something to buy

a. Something to see: 

Adalah obyek wisata tersebut harus mempunyai sesuatu yang bisa di lihat atau di jadikan tontonan oleh pengunjung wisata. Dengan kata lain obyek tersebut harus mempunyai daya tarik khusus yang mampu untuk menyedot minat dari wisatawan untuk berkunjung di obyek tersebut.

b. Something to do: 

Adalah agar wisatawan yang melakukan pariwisata di sana bisa melakukan sesuatu yang berguna untuk memberikan perasaan senang, bahagia, relax berupa fasilitas rekreasi baik itu arena bermain ataupun tempat makan, terutama makanan khas dari tempat tersebut sehingga mampu membuat wisatawan lebih betah untuk tinggal di sana.

c. Something to buy: 

Adalah fasilitas untuk wisatawan berbelanja yang pada umumnya adalah ciri khas atau icon dari daerah tersebut, sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. (Yoeti, 1985, p.164).

Lothar A.Kreck dalam bukunya International Tourism
Baca Juga Artikel Terbaru :

PRASARANA…..?

Prasarana (Infrastructure)

Semua fasilitas yang dapat memungkinkan proses perekonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa, sehingga dapat memenuhi kebutuhannya.

Ttransportation

Pengangkutan: yang dapat membawa para wisatawan dari negara dimana ia biasanya tinggal, ke tempat negara yang merupakan daerah tujuan wisata,bersifat jarak jauh(long houl) dan jarak pendek atau dengan menggunakan kapal laut(speamship)

0 Response to "PENGANTAR PARIWISATA: PRASARANA DAN SARANA PARIWISATA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel