Pengertian Implementasi dan Hak Asasi Manusia di Indonesia

Pengertian Implementasi 

Pengertian Implementasi dan Hak Asasi Manusia
Secara sederhana implementasi bisa diartikan sebagai pelaksanaan dan penerapan. Sedangkan menurut para ahli, implementasi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu-individu atau pejabat-pejabat atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan agar tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan suatu kebijaksanaan. 

Sedangkan Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugrahnya yang wajib dihormati, di junjung tinggi dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harga dan martabat manusia.

Fungsi HAM (Hak Asasi Manusia)

HAM memiliki fungsi utama yaitu untuk menjamin atau melindungi hak-hak kelangsungan hidup, kebebasan, kemerdekaan yang tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun.

Ciri-ciri HAM (Hak Asasi Manusia), yaitu:
  1. Tidak perlu diberikan diibeli atau diwarisi, karena HAM merupakan bagian dari setiap manusia yang baru lahir
  2. Berlaku untuk setiap manusia
  3. Tidak membedakan jenis kelamin, ras, agama, pandangan politik, asal usul sosial atau bangsa
  4. Tidak dapat dilanggar
  5. Bersifat umum dan supralegal (tidak tergantung kepada adanya suatu peraturan suatu Negara).
Tujuan Implementasi HAM (Hak Asasi Manusia)

Implementasi merupakan bentuk tindak lanjut atau penerapan, jadi tujuan dari Implementasi Hak Asasi Manusia adalah: Meningkatkan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan. 

Untuk mempertahankan hak-hak warga negara di Indonesia sewenang-wenang aparat negara dan mendorong tumbuh/berkembangnya pribadi manusia yang Multidimensional. Hal yang terkait dengan hak asasi manusia sebagai berikut:
  1. Melindungi orang dari kekerasan dan kesewenang-wenangan
  2. Mengembangkan rasa saling menghargai antar manusia.
  3. Mendorong tindakan yang dilandasi kesadaran dan tanggung jawab untuk menjamin bahwa hak-hak orang lain tidak dilanggar.
Klasifikasi Macam-macam Jenis HAM (Hak Asasi Manusia)

Hak Asasi Manusia (HAM) sangat beragam berhubungan dengan hak-hak yang ada pada diri setiap manusia. Berikut macam-macam HAM:

1. Hak asasi pribadi (personal rights)

Hak asasi pribadi mencakup kepada kepentingan perseorangan dan dampak yang diterima lebih besar kepada diri sendiri daripada orang disekitarnya. Contohnya hak kebebasan beragama, mengeluarkan pendapat, berpindah tempat dan hal-hal yang berhubungan dengan hak pribadi.

2. Hak asasi ekonomi (property rights)

Hak asasi ekonomi secara singkat diartikan sebagi hak untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya hak jual beli, perjanjian kontrak, mendapatkan pekerjaan dan sebagainya yang berhubungan dengan ekonomi.

3. Hak asasi politik (political rights)

Hak asasi politik adalah hak untuk ikut serta dalam dunia politik suatu Negara tanpa pandang bulu. Contoh hak yang dimiliki masyarakat dalam dunia politik yaitu hak untuk memilih dan dipilih, ikut serta dalam pemerintahan dan hal-hal yang berhubungan dengan politik dalam suatu Negara.

4. Hak asasi sosial dan kebudayaan (sosial and cultural rights)

Hak asasi sosial dan kebudayaan diterapkan dalam kegiatan yang berhubungan dengan interaksi antar masyarakat dan budaya sekitar. Contohnya hak untuk mengembangkan budaya daerah masing-masing.

5. Hak asasi (legal quality rights)

Hak asasi hukum harus didapatkan oleh masyarakat yang berkaitan dengan hukum Negara. Dimana hak-hak masyarakat secara hukum dapat dipertanggungjawabkan dan diperlakukan sama rata tanpa sangkut paut dengan agama, ras, maupun suku.

6. Hak untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights)

Hak ini berlaku ketika salah seorang masyarakat melanggar batas hukum dan diadili juga berhak mendapatkan pembelaan hukum. Contohnya seperti pembelaan dan tuntutan hukum di pengadilan.

0 Response to "Pengertian Implementasi dan Hak Asasi Manusia di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel