Statistik Ekonomi, Macam-Macam Statistik dan Cara Menjawab Soal-Soal Latihan 6-1 Halaman 162

Statistik  Ekonomi
Stistik  Ekonomi
Sebagai suatu ilmu, kedudukan statistika merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika terapan. Oleh karena itu untuk memahami statistika pada tingkat yang tinggi, terebih dahulu diperlukan pemahaman ilmu matematika. 

Mata kuliah statistika bagi mahasiswa sangat diperlukan terutama ketika seorang mahasiswa harus mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan data untuk pembuatan skripsi, thesis atau disertasi. Dalam hal ini pengetahuan statistik dipakai dalam menyusun metodologi penelitian.

Dinegara maju seperti Amerika, Eropa dan Jepang, ilmu statistika berkembang dengan pesat sejalan dengan berkembangnya ilmu ekonomi dan teknik. 

Bahkan kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh sejauh mana negara itu menerapkan ilmu statistika dalam memecahkan masalah-masalah pembangunan dan perencanaan pemerintahannya. 

Jepang sebagai salah satu negara maju, konon telah berhasil memadukan ilmu statistika dengan ilmu ekonomi, desain produk, psikologi dan sosiologi masyarakat. 

Sejauh itu ilmu statistika digunakan pula untuk memprediksi dan menganalisis perilaku konsumen, sehingga Jepang mampu menguasai perekonomian dunia sampai saat ini.

Pengertian Statistik

Ada tiga penjeleasan tentang arti dari statistik yaitu , 

1 Statistik adalah sekumpulan angka yang untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang belum tersusun (masih acak) maupun angka-angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar atau grafik. 

2 Statistik adalah sekumpulan cara dan aturan tentang pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penafsiran data yang terdiri dari angka-angka. 

3 Statistik adalah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat-sifat data atau hasil pengamatan.

Macam-Macam Statistik

Statistika dibedakan berdasarkan jenisnya menjadi dua yaitu Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensia.

Statistika Deskriptif 

Adalah statistika yang berkaitan dengan metode atau cara medeskripsikan, menggambarkan, menjabarkan atau menguraikan data. Statistika deskripsi mengacu pada bagaimana menata, menyajikan dan menganalisis data, yang dapat dilakukan misalnya dengan menentukan nilai rata-rata hitung, median, modus, standar deviasi atau menggunakan cara lain yaitu dengan membuat tabel distribusi frekuensi dan diagram atau grafik. 

Contoh: Sebanyak 50% di antara semua pasien yang menerima suntikan obat tertentu, ternyata kemudian menderita efek samping obat tersebut.

Statistika Inferensia 

Adalah statistika yang berkaitan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakteristik dari suatu populasi. 

Dengan demikian dalam statistika inferensia data yang diperoleh dilakukan generalisasi dari hal yang bersifat kecil (khusus) menjadi hal yang bersifat luas (umum). 

Contoh: akibat penurunan produksi minyak oleh negara-negara penghasil minyak dunia, diramalkan harga minyak akan menjadi dua kali lipat pada tahun-tahun yang akan datang.
Contoh Soal Statistik Ekonomi Halaman 6-1


Biaya operasional (miliar rupiah) sebuah hotel berbintang lima yang berlokasi di jakarta selama lima tahun terahir sebagai berikut: 1,6   2,0   3,1   2,4   4,3

Hitunglah :

a. Deviasi Kuartilnya

b. Deviasi Rata - Ratanya
c. Simpangan Baku dan Variannya
d. Koefisien Variasinya

Penyelesaian



biaya
¯
a) Deviasi Kuartilnya

b) Deviasi Rata-ratanya


c) Simpangan baku dan variannya

Simpang baku/Deviasi Standar

KUADRAT 2

KUADRAT 1
d) Koefisien Variasinya

0 Response to "Statistik Ekonomi, Macam-Macam Statistik dan Cara Menjawab Soal-Soal Latihan 6-1 Halaman 162"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel