SEJARAH AGAMA HINDU DAN CONTOH SOAL

SEJARAH AGAMA HINDU


Agama Hindu merupakan agama yang mempunyai usia tertua dan merupakan agama yang pertama kali dikenal oleh manusia. Agama Hindu berasal dari India. Agama ini merupakan perpaduan antara agama yang dianut oleh bangsa Arya dan bangsa Dravida. 



Sejarah Agama HinduBangsa Arya yang berasal dari Asia Tengah berhasil mendesak bangsa asli India, Dravida. Terjadi pembauran antara bangsa Arya dan bangsa Dravida yang selanjutnya menurunkan generasi yang disebut bangsa Hindu. 

Kata hindu berasal dari kata sindhu (bahasa Sanskerta) yang berarti sungai. Kata ini mengacu pada Sungai Indus yang menjadi sumber air bagi kehidupan di sekitarnya. 

Sumber ajaran agama Hindu terdapat dalam kitab suci Weda (terdiri atas empat kitab), Brahmana (merupakan tafsir dari kitab Weda), dan Upanisad (memuat dasardasar filsafat hubungan antara manusia dan Tuhan). 

Kata weda berasal dari kata vid artinya tahu. Weda atau veda berarti pengetahuan suci. Kitab ini ditulis ketika bangsa Arya menduduki Punjam, 3.000 tahun sebelum Masehi.


TUGAS AGAMA HINDU
SOAL 



Jelaskan apa yang dimaksud dengan ajaran dalam acara agama hindu: 



1. Tingkah laku yang diatur oleh ajaran agama 
2. Aturan tertulis/tak tertulis
3. Tradisi atau kebiasaan turun temurun 
4. Mempunyai nilai moral dan kepercayaan

Baca Juga Artikel Terbaru :
JAWABAN: 

1. Tingkah laku yang diatur oleh ajaran agama adalah: tingkah laku cara berpakain harus sopan dan mengikuti aturan yang ada dalam ajaran agama hindu, tingkah laku berututur kata harus sopan agar sesuai dengan paraturan dan norma agama yang ada agar tidak salah berbicara dan berucap, tingkah laku makan dan mimun tidak boleh meminum minuman keras yang dilarang oleh ajaran agama dan norma yang ada, tingkah laku mentaati ajaran agama dan norma- norma agama karena setiap masyarakat harus bisa mentaati/mematuhi peraturan-peraturan yang ada disetiap lingkungan hidupnya. 

2. Aturan yang tertulis adalah: Aturan yang dibuat oleh negara secara hukum sah dan tertulis serta hukumannya lebih jelas dan teratur. Norma-norma baik dalam wujudnya yang tertulis maupun yang tidak tertulis berisi perintah, kebolehan, dan larangan yang mengatur kehidupan masyarakat yang menyangkut hubungan antara sesama manusia dan hubungan antara manusia dengan Tuhan, contohnya: Mengikat semua orang, Memiliki alat penegak aturan yang Dibuat oleh penguasa dan Bersifat memaksa dengan sangsi yang berat. 

Aturan tidak tertulis adalah peraturan: yang berkembang di masyarakat yang dasarnya tidak jelas berdasarkan kebiasaan-kebiasaan atau tradisi yang telah lama hidup dan dipercayai oleh masyarakat, contohnya: Kadang-kadang aturannya tidak pasti dan tidak tertulis, Ada/ tidaknya alat penegak tidak pasti (kadang ada, kadang tidak ada), Dibuat oleh masyarakat, Bersifat tidak terlalu memaksa, dengan sangsinya yang ringan. 

3. Tradisi atau kebiasaan turun temurun adalah kebiasaan dari nenek moyang yang masih diteruskan oleh masyarakat secara tutun temurun. Segala sesuatu yang diwariskan atau disalurkan dari masa lalu kemasa sekarang dengan perilaku manusia yang telah berproses dalam waktu yang lama dan dilaksanakan secara turun temurun dari nenek moyang. 

Tradisi dipengaruhi oleh kecenderungan untuk berbuat sesuatu dan terus mengulanginya sehingga menjadi kebiasaan turun temurun. Suatu warisan sosial khusus yang memenuhi syarat yang tetap bertahan dimasa kini dan masih tetap kuat ikatannya dengan kehidupan masa kini. Tradisi merupakan sesuatu yang menyangkut kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan secara turun temurun seperti adat budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan. 

4. Mempunyai nilai moral dan kepercayaan adalah ajaran tentang hal yang baik dan buruk, yang menyangkut tingkah laku dan perbuatan manusia. Seorang pribadi yang taat kepada aturan-aturan, dan norma yang berlaku dalam masyarakatnya, dianggap sesuai dan bertindak benar secara moral. Jika sebaliknya yang terjadi maka pribadi itu dianggap tidak bermoral. 

Moral dalam perwujudannya dapat berupa peraturan, kepercayaan dan prinsip-prinsip yang benar, baik, terpuji dan mulia. Moral dapat berupa kesetiaan, kepatuhan terhadap nilai dan norma yang mengikat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Norma tersebut adalah perwujudan martabat manusia sebagai makhluk budaya, sosial, moral dan religi. Norma merupakan suatu kesadaran dan sikap luhur yang dikehendaki oleh tata nilai untuk dipatuhi.

0 Response to "SEJARAH AGAMA HINDU DAN CONTOH SOAL "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel