Pengertian Pengantar Bisnis, Contoh Soal Pengantar Bisnis Beserta Penyelesaiannya

Pengertian Pengantar Bisnis

Pengantar Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Pengertian Bisnis

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Tujuan Bisnis

Bagi para wiraswasta ataupun pengusaha tujuan mereka berbisnis yakni berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. 

Namun tujuan berbisnis bagi sebuah perusahaan yakni mendapatkan laba maksimum yang merupakan suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.


Contoh Soal Pengantar Bisnis dan Penyelesaiannya

SOAL 
  1. Sebuutkan dan jelaskan fungsi-fungsi dari manajemen! 
  2. Sebutkan dan jelaskan pungsi operasional dalam manajemen! 
  3. Sebutkan dan jelaskan 5 konsep pemasaran! 
  4. Coba sebutkan perbedaan modal asing dan modal sendiri! 
  5. Pemutusan hubungan kerja dapat terjadi karena pemberhentian dari pihakperusahaan, sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pemberhentian dari pihak perusahaan. 
  6. Dalam pembelanjaan perusahaan terdapat dua jenis pembelanjaan, sebutkan dan jelaskan jenis pembelanjaan tersebut! 
  7. Sebutkan syarat-syarat untuk mengadakan segmentasi pasar! 
  8. Sebutkan dan jelaskan enam langkah dalam pengendalian produksi! 
  9. Apa yang dimaksud dengan manajemen produksi. 
  10. Setiap anggaran perusahaan pasti ada business budget, coba jelaskan apa yang dimaksud dengan business budged!

Baca Juga Artikel Sebelumnya :

JAWABAN: 

1. Fungis manajemen ada 4 yaitu: 

1). Perencanaan (planning) 

Adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisivasi kecendrungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. 

2). Pengorganisasian (organizing) 

Adalah proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif , dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapain tujuan organisasi. 

3). Pengarahan dan pengimplementasikan (directhing/leading) 

Adalah proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalan organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. 

4). Pengawasan dan pengendalian (controlling) 

Adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkain kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam linggkungan dunia bisnis yang dihadapi. 

2. Fungssi operasional ada 5 yaitu: 

1). Manajemen sumber daya manusia 

Adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah. 

2). Manajemen pemasaran 

adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha utuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaiman cara pemenuhannya dapat diwujudkan. 

3). Manajemen operasi/produksi 

Adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi. 

4). Manajemen keuangan 

Adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuan secara ekonomis yaitu diukur secara profit. Tugas manajemen keungan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoreh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dengn kegiatan bisnis yang dijlankan. 

5). Manajemen informasi 

Adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam janggka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informsi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijlankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dimasyarakat. 

3. Konsep pemasaran ada 5 yaitu: 

1). Konsep produksi 

Adalah konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengarahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. 

2). Konsep produk 

Mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performasi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk yang berkualitas tinggi dalam penampilan dan berciri-ciri terbaik 

3). Konsep penjualan 

Berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, oerganisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. 

4). Konsep pemasaran 

Mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efesian dibandingkan para pesaing. 

5). Konsep pemasaran social 

Berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahtraan konsumen dan masyarakat. 

4. Perbesaan modal asing dengan modal sendiri 
  • Modal asing adalah modal yang berasal dari luar perusahaan yang sifatnya sementara bekerja didalam perusahaan,dan bagi perusahaan yang bersangkutan modal tersebut merupakan utang yang pada saatnya harus dibayar kembali.contohnya: utang janggka pendek jangka waktunya kurang dari satu tahun contoh rekening Koran, kredit dari penjualan,kredit dari pembeli, kredit wesel.  
  • Modal sendiri adalah modal yang berasalkan dari pemilik perusahaan dan tertanam dalam perusahaan untuk waktu yang tidak tertentu lamanya contohnya: (1) modal saham *saham biasa, * saham freferen, *saham freferen kumulatif. (2) cadangan  *Cadangan ekspansi, *Cadangan modal keerja, *Cadangan selisih krus/ Cadangan umum 
5. Jenis-jenis pemberhentian dari pihak perusahaan 

1. pengunduran diri (resignation), 

Pengunduran diri (resignation) adalah pemutusan hubungan kerja yang diawali dari pihak karyawan. Apabila hal ini terjadi di dalam masa percobaan (probation period), tidak menimbulkan masalah beban kewajiban, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Lain halnya, bila ikatan kerja berdasarkan atas perjanjian (kontrak) tertentu yang memungkinkan pihak perusahaan menuntut ganti rugi biaya-biaya seleksi, pelatihan dan sebagainya. 

2. pemberhentian sementara (lay-off), 
  • Pemberhentian sementara (lay-off), adalah pemutusan hubungan kerja yang umumnya terjadi bila terdapat situasi dan kondisi pada perusahaan
  • Tidak ada pekerjaan yang tersedia bagi karyawan yang dirumahkan.
  • Pimpinan mengharapkan, bahwa situasi tiadanya pekerjaan akan bersifat kontemporer dan tidak lama. 
  • Pimpinan bermaksud memanggil kembali karyawan untuk dipekerjakan bilamana pekerjaan tersedia kembali.
3. pemecatan (disharge) 

Pemecatan (discharge) merupakan pemutusan hubungan kerja paling drastis yang dapat dikenakan terhadap karyawan. Pemecatan hendaknya dilakukan secara adil dalam arti ada alasan cukup untuk memecat dan semua langkah yang nalar diambil untuk menyelamatkan karyawan ybs dan ternyata tidak berhasil. Pemecatan dapat terjadi atas dasar prestasi yang tidak memuaskan, perilaku yang tidak baik, kurang memenuhi syarat untuk melaksanakan pekerjaan, atau brubahnya persyaratan pekerjaan. 

4. pemensiunan (retirement). 

Pemensiunan (retirement) terjadi sebagai suatu pemutusan hubungan kerja bilamana karyawan mencapai umur maksimum dan masa kerja maksimum menurut batas-batas yang ditentukan perusahaan.Perusahaan mempunyai kewajiban berupa pembayaran tunjangan pensiun. 

6. Jenis pembelanjaan ada 2 yaitu

1. Pembelanjaan fasif 

Merupakan aktivitas perusahaan dalam mencari sumber dana dan dana yang akan diperoleh tersebut dipilih yang syarat-syarat paling menguntungkan. 

2. Pembelanjaan aktif 

Merupakan upaya untuk menyerahkan dana kepada debitur atau menanamkan dalam surat-surat berharga secara efesien. 

7. Syarat-syrat untuk mengadakna segmentasi pasar ada 4 yaitu: 

1. Dapat ditukar (measurability) 
2. Dapat diterjangkau (accessibility) 
3. Besarnya (substantiality) 
4. Dapat dilaksanakan (actionability) 

8. Enam langkah dalam pengendalian produksi: 

1. Planing 

Dilakukan oleh para perencana untuk memahami tentang bahan baku yang diperlukan, mesin-mesin yang akan digunakan, proses yang harus diikuti, dan waktu kerja yang diperlukan untuk membuat produk-produk yang sudah ditetapkan. 

2. Routing 

Suatu usaha untuk menentukan urutan operasi yang logis dalam membuat suatu produk. 

3. Scheduling 

Merupakan pembagian waktu setiap operasi sepanjang rute. Dengan scheduling, manajemen dapat mengetahui kapan produksi dumulai dan kapan harus selesai. 

4. Dispatching 

Merupakan perintah yang berisi wewenang untuk melalukan kegiatan produksi (pemberian tugas-tugas) 

5. Follow up 

Memonitor kemajuan setiap pekerjaan sepanjang rutenya dan untuk mengatasi masalah-masalah penundaan atau kesulitan-kesulitan yang terjadi. 

6. Quality assurance 

Merupakan inspeksi produk pada setiang tahap sepanjang rute untuk menjamin bahwa produk telah memenuhi standar yang telah ditetapkan. 

9. manajemen produksi adalah pekerjaan mengkoordinasi dan mengendalikan semua kegiatan yang diperlukan untuk membuat suatu produk. 

10. business budged adalah 

Business Budget (Anggaran Perusahaan) atau Budget (Anggaran) adalah suatu rencana suatu rencana yang disusun secara sistemetis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam satuan keuangan (unit moneter), dan berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang. 

0 Response to "Pengertian Pengantar Bisnis, Contoh Soal Pengantar Bisnis Beserta Penyelesaiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel