FUNGSI AKUNTANSI BIAYA DAN SOAL UTS AKUNTANSI BIAYA SEMESTER III, BESERTA JAWABANNYA

Pengertian Akuntansi Biaya


Pengertian Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa. 

Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang diperlukan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang.

Akuntansi biaya merupakan salah satu bagian dari bidang akuntansi mencakup kegiatan proses pencatatan dan monitoring seluruh aktivitas biaya dan menyajikan informasi tersebut dalam suatu laporan.

Akuntansi biaya ini diperlukan untuk pertanggungjawaban kepada pihak eksternal perusahaan seperti investor ataupun kreditur, serta pihak internal (manajemen) perusahaan itu sendiri. 

Akuntansi biaya sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, karena data historis yang disajikan dalam pencatatannya akan sangat penting digunakan oleh manajemen dalam mengambil keputusan atau kebijakan di waktu yang akan datang.

Fungsi Akuntansi Biaya

1. Penentuan Harga Pokok

Fungsi akuntansi biaya yang pertama adalah untuk menentukan penentuan harga pokok atas suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah oleh konsumen. 

Penentuan harga pokok diperoleh dengan cara mencatat, menggolongkan, memonitor, dan meringkas seluruh komponen biaya yang berhubungan dengan proses produksi dari data histori yang dijadikan acuan pihak manajemen dalam penentuan harga pokok produksi.

2. Perencanaan & Pengendalian Biaya

Dasar yang digunakan dalam estimasi biaya adalah data histori dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang diprediksi akan memengaruhi biaya. 

Dalam perencanaan dan pengendalian biaya, pihak manajemen akan memonitor apakah terjadi penyimpangan (ada selisih antara biaya sesungguhnya dengan perencanaan biaya). 

Jika ada, pihak manajemen akan menganalisis penyebab terjadinya selisih serta mempertimbangkan tindakan koreksi yang memang perlu dilakukan sebagai bentuk pengendalian.

Baca Juga Artikel Terbaru :

Contoh Soal;

1.

a. Jelaskan mengapa akuntansi biaya penting bagi bahan pengambilan keputusan manajemen!
b. Sebutkan dan jelaskan komponen biaya penentuan harga pokok produk! 
2.
a. Jelaskan karakteristik perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan!
b. Jelaskan prosedur perhitungan harga pokok produk berdasarkan pesanan!
PT Citra Mandari memproduksi pakaian dewasa berdasarkan pesanan. persediaan produk selesaia adalah No.701 yang belum diserahkan kepada pemesan sebanyak 150 buah produk. Pada awal tahun perusahaan menetapkan besarnya budget biaya overhead pabrik dan kapasitas pembebanannya berdasarkan jam kerja langsung per bulan, yaitu:

Tarif biaya overhead pabrik =  Budget Biaya Overhead Pabrik
                                                  Budget Jam Kerja Langsunng

                                            =  Rp. 40.00
                                                2.000 jam

Data Produksi pesanan No. 701 sebagai berikut: biaya bahan baku yang terpakai keseluruhan sebesar Rp. 150.000,- Biaya Tenaga Kerja Llangsung keseluruhan sebesar Rp. 75. 000. Dalam memproduksi seluruh pesanan No. 701 dibutuhkan waktu penyelesaian kerja oleh tenaga kerja langsung sebanyak 1.000 jam. Hitunglah Harga Pokok Produksi Pesanan No. 701 per unit produk !!!

Jawab;

1. 
a. Akuntansi Biaya penting bagi bahan pengambilan keputusan manajemen karenan Akuntansi biaya ini diperlukan untuk pertanggung jawaban kepada pihak eksternal perusahaan seperti investor ataupun kreditur, serta pihak internal (manajemen) perusahaan itu sendiri. Akuntansi biaya sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, karena data historis yang disajikan dalam pencatatannya akan sangat penting digunakan oleh manajemen dalam mengambil keputusan atau kebijakan di waktu yang akan datang.
b. 1. Biaya bahan Baku, Biaya terjadi karena adanaya pemakain bahan baku. Biaya bahan baku merupakanharga pokok bahan baku yang dipakai dalam produksi untuk membuat barang atau produk, biasanya 100% bahan baku merupakan masuk dalam produk yang telah jadi.

2. Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya ini timbul ketika pemakaian biaya berupa tenaga kerja yang dilakukanuntuk mengolah bahan menjadi barang jadi, biaya tenaga kerja langsungmerupakan gaji dan upah yang diberikan kepada tenaga kerja yang langsungterlibat dalam pengolahan bahan menjadi produk.
3. Biaya Overhead Pabrik, Biaya overhead pabrik timbul akibat pemakain fasilitas-fasilitas yangdigunakan untuk mengolah bahan seperti mesin, alat-alat, tempat kerja dansebagainya. Dan yang lebih jelas lagi adalah biaya overhead pabrik terdiri dari biaya diluar dari biaya bahan baku.

a. Karakteristik perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan dibagi enjadi 3 yaitu;
  • Proses pengolahan produk terjadi secara terputus-putus. Jika pesanan yang satu selesai  dikerjakan, proses produksi dihentikan, dan mulai pesanan berikutnya.
  • Produk dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pemesan. Dengan  demikian antara pesanan yang satu dengan lainnya mempunyai variasi yang berbeda-beda.
  • Produksi ditujukan untuk memenuhi pesanan, bukan untuk memenuhi persediaan di     gudang.
b. - Biaya Bahan Baku          = Rp 150.000
    - Biaya Tenaga Kerja        = Upah Langsung 1.000 jam @Rp. 75.000
    - Biaya Overhead Pabrik  = 2.000 jam @Rp 40.000

Perhitungan Harga Pokok, Produk Keseluruhan
 = 150.000 + 75.000 + 40.000
= Rp. 265.000

Harga Pokok Produksi  Pesanan Per unit
= Rp 265.000   = 1.766,66
          150         = 1.8000
Jadi, harga pokok produksi pesanan per unit adalah Rp 1.800.

0 Response to "FUNGSI AKUNTANSI BIAYA DAN SOAL UTS AKUNTANSI BIAYA SEMESTER III, BESERTA JAWABANNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel