Soal UTS Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (LPD) Beserta Jawabannnya

 Lembaga Keuangan Lainnya (LPD)
Contoh Soal:
  1. Apa yang saudara ketahui tentang Bank dan jelaskan mengapa Bank disebut sebagai lembaga intermediasi.
  2. Mengapa Bank dikatakan sebagai salah satu lembaga keuangan, jelaskan pendapat saudara.
  3. Sebutkan dan jelaskan pendapat saudara tentang sumber dan pengguanaan dana bagi Bank
  4. Bank indonesia merupakan lembaga pemegang otoritas moneter satu-satunya di indonesia, dalam menjalankan fungsinya mempunyai tujuan dan tugas-tugas. Sebutkan dan jelaskan 
  5. Selain sebagai penghimpun dana, penyalur dana. Bank juga mempunyai fungsi sebagai pelayanan/jasa. Sebutkan dan jelaskan 3 jenis pelayanan/jasa yang diberikan bank
Jawab:

1. Pengertian bank serta bank dikatakan sebagai lembagai intermediasi
  • Menurut saya bank adalah badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Karena bank berfungsi sebagai lembaga yang memiliki wewenang untuk menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkannya kembali kepada masyarakat untuk beragam tujuan.
  • Bank dikatan sebagai lembaga intermediasi, karenan  bank berfungsi menyerap dana dari masyarakat untuk disalurkan kembali kepada masyarakat. Bank ibarat jembatan penghubung antara pemilik dana dengan yang membutuhkan dana di sektor riil baik untuk keperluan konsumtif maupun produktif.

2. Bank dikatakan sebagai salah satu lembaga keuangan,


karena Bank memiliki fungsi sebagai lembaga intermediasi antara pihak yang memiliki kelebihan likuiditas baik itu dunia usaha, pemerintah, dan rumah tangga dengan pihak yang mengalami kekurang likuiditas yaitu dunia usaha, pemerintah, dan rumah tangga. Peran sebagai intermediasi inilah yang membuat bank sangat berperan dalam mendukung segala kegiatan ekonomi suatu negara dalam pencapaiannya.

Dana yang dikumpulkan pihak bank dari pihak yang memiliki kelebihan likuiditas tersebut akan disalurkan kembali oleh bank kepada pihak yang mengalami kekurangan likuiditas. Dalam proses penyaluran tersebut bank harus melakukan berbagai proses yang mesti dilakukan supaya dana yang disalurkan dapat memberikan hasil baik bagi bank maupun bagi nasabah yang menyimpan dananya di bank.


3. Sumber dan penggunaan dana bagi Bank ada 3 yaitu:



a) Dana yang bersumber dari bank itu sendiri

Perolehan dana dari sumber bank itu sendiri (modal sendiri) maksudnya adalah dana yang diperoleh dari dana bank salah satu jenis dana yang bersumber dari bank itu sendiri adalah modal setor dari para pemegang saham. Dana sendiri adalah dana yang berasal dari para pemegang saham bank atau pemilik saham. 

b) Dana yang bersumber dari masyarakat luas 

Sumber dana ini merupakan sumber dana terpenting bagi kegiatan operasi bank dan merupakan ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini. Adapun Dana masyarakat adalah dana-dana yang berasal dari masyarakat, baik perorangan maupun badan usaha, yang diperoleh dari bank dengan menggunakan berbagai instrumen produk simpanan yang dimiliki oleh bank. 

c) Dana yang bersumber dari lembaga lain 

Dalam praktiknya sumber dana ini merupakan tambahan jika bank mengalami kesulitan dalam pencarian sumber dana sendiri dan masyarakat. Dana yang diperoleh dari sumber ini digunakan untuk membiayai atau membayar transaksi-transaksi tertentu.


4. Tujuan dan tugas-tugas bank indonesia sebagai pemegang otpritas moneter


1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Sebagai otoritas moneter, Bank Indonesia menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

Peran bank Indonesia dalam sistem pembayaran juga berfungsi untuk mengatur dan menjaga sistem pembayaran. Wewenang Bank Indonesia menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran.

 Selain itu bank sentral idonesia juga memiliki wewenang melaksanakan, memberi persetujuan dan perizinan atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran seperti sistem transfer dana baik yang bersifat real time, sistem kliring maupun sistem pembayaran lainnya misalnya sistem pembayaran berbasis kartu.

3. Mengatur dan mengawasi bank

Bank Indonesia menetapkan peraturan, memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan atau kegiatan usaha tertentu dari bank, melaksanakan pengawasan atas bank dan mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang telah berlaku.


5. 3 (tiga) jenis pelayanan/jasa yang diberikan bank


1. Jasa menabung

Menabung sebenarnya adalah kegiatan utama yang dilakukan atau jasa utama yang disediakan oleh bank. Para nasabah tidak perlu khawatir dengan uang atau harta yang dititipkan melalui bank akan hilang. Bank akan memberi jaminan keamanan bagi harta yang Anda titipkan, dan jasa keamanan ini Anda bayar dalam biaya administrasi perbulan.

2. Jasa pengiriman uang (transfer) 

Transfer adalah kegiatan mengirimkan uang dari akun seseorang kepada akun yang dituju, walaupun akun yang dituju berada di tempat yang lebih jauh, misalnya di luar kota. Keinginan nasabah sangat mempengaruhi kecepatan pengiriman uang serta keuntungan yang diterima oleh bank lewat jasa layanan ini. 

3. Jasa Kredit Card

Jasa ini paling sering digunakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja. Bank akan menyediakan kartu sebagai bukti pembayaran sah di mana bank akan meminjamkan sejumlah uang dan nasabah akan membayarnya di akhir bulan biasanya.

0 Response to "Soal UTS Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (LPD) Beserta Jawabannnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel