Makalah Statistik Ekonomi Lanjutan “Analisis Variansi”

BAB I 

PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang

Analisis variansi adalah suatu metode analisis statistika yang termasuk ke dalam cabang statistika inferensi. Dalam literatur Indonesia metode ini dikenal dengan berbagai nama lain, seperti analisis ragam, sidik ragam, dan analisis variansi.

Analisis VariansDalam Bab ini akan dipelajari mengenai pengujian beda lebih dari dua rata-rata populasi, baik yang sampelnya berasal dari populasi yang sama maupun tidak, dan dan pengujian beda dua variansi populasi.

Teknik analisis yang digunakan untuk menguji kedua hal tersebut adalah analisis variansi. Perbandingan secara serempak terhadap beberapa rara-rata populai dinamakan analisis variansi. Dalam analisis variansi, digunaka distribusi F. 

Oleh karena analisis variansi menggunakan distribusi F. maka akan dibahas terlebih dahulu distribusi F. untuk dapat memahami pengujian dengan distribusi Fyang disebut dengan uji F, diperlukan pengertian yang cukup tentang sampel, populasi, distribusi sampel, rata-rata, variansi dan simpangan baku.

Tujuan dri pembahasan bab ini adalah setelah mahasiswa (peserta didik) diharpakan dapat memahami analisis variansi dalam pengujian beda dua variansi populasi dan pengujian beda lebih dari dua rata-rata populasi. 

1.2 Rumusan Masalah 

1. Apa pengerian dari distribusi F ? 
2. Apa pengertian dari pengujian beda dua variansi populasi ? 
3. Apa pengertian darinpengujian beda lebih dari dua rata-rata populasi ? 

1.3 Tujuan Penulisan 

1. Agar mahasiswa dapat memahami pengerian dari distribusi F ! 
2. Aagar mahasiswa dapat memahami pengertian dari pengujian beda dua variansi populasi ! 
3. Agar mahasiswa dapat memahami pengertian darinpengujian beda lebih dari dua rata-rata populasi !

Baca Juga Artikel Terbaru :
BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Distribusi F


Jadi, distribusi F adalah perbandingan antara hasil bagi dua macam distribusi Chi Kuadrat dengan derajat bebasnya masing-masing.

  • Ciri-ciri Distribusi F 
Menurut Mason dan Lind (1996), distribusi F memiliki ciri-ciri sebagai berikut:



2.2 Pengujian Beda Dua Variansi Populasi

Dalam pengujian ini dasumsikan bahwa: (1) variansi masing-masing populasi adalah sama(dan tidak diketahui), dan (2) populasinya bersifat independen dan sebarannya normal. Sampel berukuran nditarik dari populasi pertama dan sampel berukuran nditarik dari populasi kedua. Beda variansi sampel digunakan untuk menguji bada variansi populasinya.

Tahap pengujian beda dua variansi populasi berdasarkan beda variansi sampelnya, adalah sebagai berikut:
7

8
  • Daerah kritis
Uji F, memiliki dua macam derajat bebas yaitu derajat bebas untuk pembilang (degree of freedom for numerator) dinotasikan v1, dan derajat bebas untuk penyebut (degree of freedom denominator) dinotasikan v2

9

2.3 Pengujian Beda Lebih Dari Dua Rata-rata Populasi

10

variansi. Uji F dengan analisis variansi (keragaman) digolongkan atas dua variansi yaitu: analisis variansi klasifikasi satu arah (one way classification) dan analisis variansi klasifikasi dua arah (two way classification). Analisis variansi klasifikasi dua arah dibedakan atas dua yaitu;analisis variansi klasifikasi dua arah tanpa interaksi dan analisis variansi klasifikasi dua arah dengan interaksi. Namum dalam sub ba ini hanya dipelajari analisis variansi dua arah tanpa interaksi.


2.3.1 Klasifikasi Satu Arah

a. Klasifikasi satu arah dengan ukuran sampel sama

11

12
13
14
Perhitungan-perhitungan dalam analisis variansi klasifikasi satu arah, bila diringkas bentuk umumnya seperti pada Tabel 9.2
15



BAB III 

PENUTUP 

3.1 Kesimpulan 

Jadi dapat disimpulkan bahwa nanalisis variansi adalah suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjdai komponen – komponen yang mengukur berbagai sumber keragaman. Adapun tujuan dan tipe analisis variansi diantaranya: 

a. Tujuan Analisis Variansi 

Untuk menempatkan variabel –variabel bebas penting di dalam suatu studi untuk menentukan bagaimana mereka berinteraksi dalam mempengaruhi jawaban. 

b. Tipe Analisis Variansi 

Analisis memiliki dua tipe yaitu: 

1. Analisis varian satu arah 

Analisis varaian satu arah yaitu suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjadi komponen – komponen yang mengukur berbagai sumber keragaman dengan menggunakan one-way ANOVA dengan satu perlakukan. 

2. Analisis variansi dua arah 

Analisis varian dua arah yaitu suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjadi komponen – komponen yang mngukur berbagai sumber keragaman dengan menggunakan one.way ANOVA dengan dua perlakuan. 

3.2 Saran 

Penulis sangat menyadari bahwa pembuatan makalah ini masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber-sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat dipertanggung jawabkan. 

DAFTAR PUSTAKA 

Wirawan,Nata.2017.Statistik Ekonomi dan Bisnis.Edisi Keempat.Denpasar:Keraras Emas

0 Response to "Makalah Statistik Ekonomi Lanjutan “Analisis Variansi”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel