Makalah Statistik "Regresi Dan Kolerasi Linier Berganda"

KATA PENGANTAR

Om Swastyastu, 

Puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa), karena atas asungkerta waranugrahanya tugas makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya dalam rangka memenuhi tugas salah satu mata kuliah Statistik Ekonomi Lanjutan. 

Untuk memenuhi persyaratan tersebut disusunlah makalah ini yang berjudul “Regresi Dan Kolerasi Linier Berganda” Dalam pembuatan makalah ini penulis menyadari betul terdapat banyak kesalahan dan kekeliruan maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran agar pembuatan makalah selanjutnya dapat di buat semaksimal mungkin. 

Meskipun dalam penyusunan makalah ini, penulis telah berusaha dengan maksimal, namun penulis masih merasa memiliki kekurangan dalam makalah ini, maka dari itu penulis meminta kritik dan saran pembaca makalah ini. Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. 

Harapan dari penulis semoga penyusunan makalah ini, dapat memberikan manfaat bagi setiap orang yang membacanya. Jika pada makalah ini terdapat banyak kekurangan, maka dari itu kritik dan saran yang konstruktif sangat dibutuhkan demi terwujudnya kesempurnaan makalah ini. 

Om Shanti Shanti Shanti Om 

Denpasar, 08 – Desember – 2018 

Penyusun



BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenan dengan data. Statistika dibagi menjadi dua, yaitu Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial.

Regresi Dan Kolerasi Linier Berganda
Statistika deskriptif berkenaan dengan deskripsi data, misalnya dari menghitung rata-rata dan varians dari data mentah; mendeksripsikan menggunakan tabel-tabel atau grafik sehingga data mentah lebih mudah “dibaca” dan lebih bermakna. Sedangkan statistika inferensial lebih dari itu, misalnya melakukan pengujian hipotesis, melakukan prediksi observasi masa depan, atau membuat model regresi. Untuk saat ini, kami akan membahas tentang ilmu Statistika Deskriptif.

Statistika dalam arti sempit berarti kumpulan data berupa angka, penyajian data dalam table dan grafik, bilangan yang menunjukan karakteristik dari kumpulan data. Statistika dalam arti luas yaitu metode yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yang berupa angka-angka sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna. Statistika adalah suatu metode yang menjelaskan tata cara pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisaan, dan penginterprestasian data menjadi informasi yang lebih berguna. (wikipedia).

Sepanjang sejarah umat manusia,orang melakukan penelitian tentang ada tidaknya hubungan antara dua hal,fenomena,kejadian atau lainnya. Dan ada tidaknya pengaruh antara satu kejadian dengan kejadian yang lainnya. Karena itu untuk mempermudah dalam melakukan penghitungan suatu kejadian maka digunakan korelasi dan regresi dalam ilmu statistika.

Korelasi merupakan teknik analisis yang termasuk dalam salah satu teknik pengukuran asosiasi/hubungan (Measures of association). Teknik ini berguna untuk mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel (kadang lebih dari dua variabel) dengan skala-skala tertentu.

 Regresi merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain .Dalam analisis regresi ,variabel yang mempengaruhi disebut independent variabel (variable bebas) dan variabel yang dipengaruhi disebut dependent variabel (variabel terikat).

1.2 Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian Pendugaan titik koefisien Regresi Linear Berganda ?
  2. Apa pengertian Interprestasi terhadap nilai koefisien regresi parsial ?
  3. Apa pengertian Variasi dan kesalahan baku pendugaan ?

1.3 Tujuan Makalah
  1. Agar mahasiswa mengetahui cara mencari Pendugaan titik koefisien Regresi Linear Berganda !
  2. Agar mahasiswa mengetahui cara mencari Interprestasi terhadap nilai koefisien regresi parsial !
  3. Agar mahasiswa mengetahui cara mencari variasi dan kesalahan baku pendugaan !


BAB II


PEMBAHASAN 

2.1 Pendugaan titik koefisien Regresi Linear Berganda

2.1.1 Model Regresi Linear Berganda 

       Sebelum ke focus bahasaan yang membahas tentang model regresi dua variable bebas atau regresi tiga variabel, akan diperkenalkan terlebih dahulu bentuk umum model regresi berganda dengan k variable bebas. 

Bentuk umum model regresi produk k variable bebas dapat dinyataan


rumus1
rumus2


rumus3

rumus4

Seperti telah dijelaskan dalam bab 10, untuk mendapatkan model regresi sehingga penduga (koefisien regresi sampel) sedekat mungkin dengan yang diduga (koefisien regresi populasi) dapat digunakan metode kuadrat terkecil. Dengan sampel acak yang berukuran n, diperoleh tiga persamaan normal yaitu persamaan :

rumus5
rumus6
rumus7

rumus8

rumus9

Makin kecil kesalahan standar penduga, maka makin baik (makin teliti) penduga tersebut. Metode kuadrat terkecil akan memberikan kesalahan standar yang terkecil bagi setiap penduga. Artinya metode lain tidak akan memberikan kesalahan baku yang lebih kecil dari yang dapat diberikan oleh metode kuadrat terkecil. 


Mengetahui kesalahan standar/ baku pendugaan, sangat diperlukan di dalam penyusunan pendugaan interval dan pengujian hipotesis koefisien regresi ataupun koefisien korelasi. 

Contoh 11-1 Lima rumah tangga petani dari suatu daerah pertanian tertentu dipilih sebagai sampel acak, untuk diteliti tentang pengaruh pendapatan dan jumlah anggota keluarga terhadap pengeluaran konsumsinya. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut. (Anggaplah sebaran populasinya normal).

rumus10

rumus11

rumus12

rumus12

rumus14

rumus15

ruus16

BAB III 

PENUTUP 

3.1  Kesimpulan 

Regresi artinya peramalan/penaksiran atau pendugaan pertama kali diperkenalakan pada tahun 1877 oleh Sir Francis Galtoon (1822-1911). Analisis regresi digunakan untuk menentukan bentek dari hubungan antar variabel. Tujuan utaman dalam penggunaan analisis itu adalah untuk meramalkan atau memperkirakan nilai dari suatu variabel dalam hubungannya dengan variabel yang lain. 

Regresi linier adalah alat statistik yang dipergunakan untuk mengetahui pengaruh antara satu atau beberapa variabel terhadap satu buah variabel. Variabel yang mempengaruhi sering disebut variabel bebas, variabel independen atau variabel penjelas. Variabel yang dipengaruhi sering disebut dengan variabel terikat atau variabel dependen. Regresi linier hanya dapat digunakan pada skala interval dan ratio. 

3.2 Saran 

Agar strategi pembelajaran statistik berjalan dangan baik, harusnya setiap materi dibahas dengan sedetail mungkin, agar mahasiswa bisa lebih memahami dan perkuliahan ini bisa berjalan dengan lancar. 

DAFTAR PUSTAKA 

https://djaelanibahasaindonesia.blogspot.com/2017/06/makalah-regresi-linier-statistik.html
Wirawan, Nata. Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi dan Bisnis. Ed. ke-4. Denpasar: Keraras Emas, 2017.

0 Response to "Makalah Statistik "Regresi Dan Kolerasi Linier Berganda""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel