Hasil Review : Aplikasi Metode Transportasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Miskin (Raskin) (Studi Kasus Pada Perum Bulog Sub Divre Medan)

Judul : Aplikasi Metode Transportasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Miskin (Raskin) (Studi Kasus Pada Perum Bulog Sub Divre Medan) 

Jurnal : Riset Operasi 

Volume & Halaman : 02,NO. 03 (2014),PP. 299-311. 

Tahun : 2014 

Penulis : Lolyta Damora Simbolon ,Marihat Situmorang, Normalina Napitupulu 

Reviewer : Raditya

HASIL REVIEW JURNAL


Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode transportasi dapat mem-beri penghematan atau efisiensi biaya distribusi RASKIN

Hasil Review : Aplikasi Metode Transportasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Miskin (Raskin) (Studi Kasus Pada Perum Bulog Sub Divre Medan)
Subjek Penelitian : lembaga pelaksana program beras miskin (RASKIN) untuk beberapa kabupaten dan kota di Sumatra Utara 

Metode Penelitian : Metode yang digunakan pada penelitian ini terdiri metode pendekatan vogel (vam ) untuk mengenalisa solusi fisibul awal : modified distribution (modi) untuk menganalisis solusi fisibel awal. 

Faktor Pengaruh : Hasil perhitungan dengan VAM diperoleh biaya transportasi min-imum untuk distribusi RASKIN sebesar Rp.954.800.485, 30. Dengan menggunakan metode VAM untuk solusi awal dan MODI un-tuk solusi akhir maka total biaya distribusi minimum yang diper-oleh sebesar Rp.954.800.485, 30, sedangkan dengan perhitungan pe-rusahaan total biaya distribusi yang diperoleh sebesar Rp.958.073.750, 40, sehingga terjadi penghematan sebesar Rp.3.273.265, 10. 

Alasan Dilakukan Penelitian ini : program pendistribusian beras kepada masyarakat miskin dengan tu-juan untuk meningkatkan ketahanan pangan yang dimulai dari skala rumah tangga. 

Langkah – Langkah : Menentukan nilai-nilai Ui untuk setiap baris dan nilai-nilai Vj untuk setiap kolom dengan menggunakan hubungan Cij = Ui + Vj untuk semua variabel basis dan tetapkan bahwa nilai Ui adalah nol. Hitung perubahan biaya untuk setiap variabel nonbasis dengan meng-gunakan hubungan Xij = Cij − Ui − Vj .Jika terdapat nilai Xij negatif, maka solusi belum optimal. Pilih vari-abel Xij dengan nilai negatif terbesar sebagai entering variable. Alokasikan barang ke entering variable Xij sesuai proses stepping stone. Ulangi langkah 1 sampai dengan langkah 4 hingga semua nilai Xij bernilai nol atau positif. 

Hasil Penelitian : Dari hasil perhitungan dengan VAM diperoleh biaya transportasi min-imum untuk distribusi RASKIN sebesar Rp.954.800.485, 30. Dengan menggunakan metode VAM untuk solusi awal dan MODI un-tuk solusi akhir maka total biaya distribusi minimum yang diper-oleh sebesar Rp.954.800.485, 30, sedangkan dengan perhitungan pe-rusahaan total biaya distribusi yang diperoleh sebesar Rp.958.073.750, 40, sehingga terjadi penghematan sebesar Rp.3.273.265, 10. 

Kelebihan : Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Perum BU-LOG Sub Divre Medan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: Pengumpulan data jumlah persediaan RASKIN di gudang bulan Juli 2013, jumlah penyaluran RASKIN bulan Juli 2013, dan tarif angkut dari gudang ke titik distribusi. 

Kekurangan : data yang digunakan dalam analisis merupakan salah satu data yang dapat disebut kurang update yang diketahui ada perbaikan dari jurnal lain, sehingga penulis biar-bisa meneliti ulang saja.




Keterangan Tahap-Tahap Mereview Jurnal:

Pada saat meriview jurnal hal yang pertama yang harus kamu pahami adalah abstrak dari jurnal tersebut, jika kurang paham silakan baca kesimpulan dari jurnal tersebut.

Setelah paham, silakan baca dengan seksama isi jurnal tersebut. Baik saya akan menjelaskan satu satu item yang ada diatas:

Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini dapat kamu temukan didalam abstrak ataupun menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi jurnal, dan kemudian membuat kesimpulan. Pada jurnal-jurnal yang saya review terkadang saya menggunakan kedua cara. 

Subjek penelitian : Subjek penilitian ini dapat kita temukan didalam abstrak maupun subjek penelitian dari jurnal tersebut. 

Metode penelitian : Dapat kita temukan didalam abstrak, namun jika ingin lebih lengkap dan jelas silakan baca didalam metode penelitian dari jurnal tersebut. Biasanya, jika kita membaca metode penilitian didalam jurnal, akan dijelaskan lebih terperinci. Contoh: seperti metode diatas, didalam abstrak tidak dijelaskan apa itu metode in Vivo itu, namun didalam metode penelitian dijelaskna dengan terperinci. 

Faktor pengaruh : Faktor pengaruh dapat ditemukan didalam abstrak maupun kesimpulan dari jurnal tersebut. Jika ingin lebih jelas baca di subjek penelitian. 

Alasan : Alasan penelitian dapat ditemukan didalam abstrak dan menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi dari jurnal. 

Langkah-langkah : Langkah-langkah ini berhubungan dengan bagaimana cara jurnal ini melakukan penelitian. Kamu bisa melihat langkah-langkah ini didalam langkah/tahapan penelitian yang ada didalam jurnal, kamu bisa menyimpulkan apa saja yang dilakukan oleh peneliti didalam jurnal tersebut, sehingga menghasilkan jurnal tersebut. 

Hasil penelitian : Hasil penelitian dapat kamu temukan didalam abstrak jurnal maupun kesimpulan dalam jurnal tersebut. Namun, kamu juga bisa menyimpulkan sendiri apa saja hasil yang didapatkan dalam jurnal tersebut, untuk itu kamu harus pahami dan baca secara teliti jurnal tersebut. 

Kelebihan : Kelebihan dalam jurnal dapat kita lihat didalam metode apa yang digunakan, sebuah jurnal bisa dikatakan kuat jika ia menggunakan metode yang tepat dan menggunakan dua atau lebih, sehingga adanya perbandingan antara metode yang satu dengan yang lain. Pada akhirnya, akan menemukan hasil yang maksimal. Kelebihan juga bisa dilihat dari peralatan, isis jurnal tersebut menggunakan kata-kata yang mudah dipahami atau tidak, dan data yang digunakan. Data ini bisa berupa referensi, referensi yang baik, merupakan referensi 5 tahun terakhir dari tahun penelitian. Karena, semakin dekat tahun dengan tahun penelitian menandakan bahwa data yang digunakan akurat dan lebih up date. 

Kekurangan : Kekurangan ini kebalikan dari kelebihan yang saya paparkan diatas, jadi tinggal menyesuiakan. ^^ 

Cukup sekian pemaparan dari saya, semoga bermanfaat kedepannya... ^^ 
Cara ini juga bisa digunakan dalam meriview SKRIPSI maupun TESIS... !!!

0 Response to "Hasil Review : Aplikasi Metode Transportasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Miskin (Raskin) (Studi Kasus Pada Perum Bulog Sub Divre Medan) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel