Hasil Review Jurnal Media Pembelajaran Riset Operasi untuk Metode Duality Linier Programming Berbasis Multimedia

Judul : Media Pembelajaran Riset Operasi untuk Metode Duality Linier Programming Berbasis Multimedia 

Jurnal : Riset Operasi

Volume & halaman : Vol 1 No. 2 Halaman 89-99

Tahun : 2001

Penulis : Anis Frebriana Sari Dan Ardi Pujiyanta

Reviewer : Chrisnantara

HASIL REVIEW JURNAL

OR
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk membantu pembelajaran mata kuliah Riset Operasi khususnya materi Duality Linier Programming. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar mengenai Duality Linier Programming. 

Subjek Penelitian : Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming. 

Metode Penelitian : Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data melalui metode literature, interview dan koesioner. Metode literatur dilakukan dengan studi pustaka yaitu membaca dan membandingkan buku dan artikel yang terkait. Wawancara dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Riset Operasi. Penyebaran koesioner terkait tentang perhitungan materi Duality Linier Programming. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Hasil analisis digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming berbasis multimedia dengan menggunakan software Adobe Flash CS3. 

Faktor Pengaruh : Faktor yang mempengaruhi penelitian ini adalah dari 94 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Riset Operasi, mahasiswa yang mendapat nilai quiz Duality Linier Programming D dan E sebesar 34,04 %. 

Alasan Dilakukan Penelitian ini : Berdasarkan hasil koesioner yang diperoleh dari 30 mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah Riset Operasi, jumlah prosentase mahasiswa yang tidak memahami materi Duality Linier Programming lebih banyak daripada mahasiswa yang paham akan materi Duality Linier Programming, 23 mahasiswa memerlukan sebuah aplikasi pembelajaran Duality Linier Programming. 

Langkah – langkah : Telah dibuat aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah riset operasi khususnya materi Duality Linier Programming. Aplikasi pembelajaran menggunakan komputer berbasis multimedia ini merupakan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar mata kuliah riset operasi, khususnya materi Duality Linier Programming, untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan. Telah dilakukan uji coba program yang menunjukan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik. 

Hasil penelitian : Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming. 

Kelebihan : kelebihan dalam penelitaian ini adalah menggunakan 3 metode, yang dapat melengkapi satu sama lain antara metode yang satu dan yang lainnya. Metode yang dipakai dalam peneliataian ini adalah Metode Literatur, Metode Interview, dan Metode Koesioner. Banyaknya menggunakan jurnal dari luar negeri, tidak hanya di Indonesia saja. Sehingga keakuratan dari jurnal tersebut dapat dipertanggung jawabkan. 


Kekurangan :  Kelemahan dalam penelitian ini adalah data yang digunakan dalam analisis merupakan salah satu data yang dapat disebut kurang update yaitu masih ada data yang dibawah taun 2000, yang ditakutkan ada perbaikan dari jurnal lain, sehingga penulis bisa-bisa hanya meneliti ulang saja. Kesimpulan dan judul tidak singkron.

Keterangan Tahap-Tahap Mereview Jurnal : 

Pada saat meriview jurnal hal yang pertama yang harus kamu pahami adalah abstrak dari jurnal tersebut, jika kurang paham silakan baca kesimpulan dari jurnal tersebut. 

Setelah paham, silakan baca dengan seksama isi jurnal tersebut. Baik saya akan menjelaskan satu satu item yang ada diatas: 

Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini dapat kamu temukan didalam abstrak ataupun menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi jurnal, dan kemudian membuat kesimpulan. Pada jurnal-jurnal yang saya review terkadang saya menggunakan kedua cara. 

Subjek penelitian : Subjek penilitian ini dapat kita temukan didalam abstrak maupun subjek penelitian dari jurnal tersebut. 

Metode penelitian : Dapat kita temukan didalam abstrak, namun jika ingin lebih lengkap dan jelas silakan baca didalam metode penelitian dari jurnal tersebut. Biasanya, jika kita membaca metode penilitian didalam jurnal, akan dijelaskan lebih terperinci. Contoh: seperti metode diatas, didalam abstrak tidak dijelaskan apa itu metode in Vivo itu, namun didalam metode penelitian dijelaskna dengan terperinci. 

Faktor pengaruh : Faktor pengaruh dapat ditemukan didalam abstrak maupun kesimpulan dari jurnal tersebut. Jika ingin lebih jelas baca di subjek penelitian. 

Alasan : Alasan penelitian dapat ditemukan didalam abstrak dan menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi dari jurnal. 

Langkah-langkah : Langkah-langkah ini berhubungan dengan bagaimana cara jurnal ini melakukan penelitian. Kamu bisa melihat langkah-langkah ini didalam langkah/tahapan penelitian yang ada didalam jurnal, kamu bisa menyimpulkan apa saja yang dilakukan oleh peneliti didalam jurnal tersebut, sehingga menghasilkan jurnal tersebut. 

Hasil penelitian : Hasil penelitian dapat kamu temukan didalam abstrak jurnal maupun kesimpulan dalam jurnal tersebut. Namun, kamu juga bisa menyimpulkan sendiri apa saja hasil yang didapatkan dalam jurnal tersebut, untuk itu kamu harus pahami dan baca secara teliti jurnal tersebut. 

Kelebihan : Kelebihan dalam jurnal dapat kita lihat didalam metode apa yang digunakan, sebuah jurnal bisa dikatakan kuat jika ia menggunakan metode yang tepat dan menggunakan dua atau lebih, sehingga adanya perbandingan antara metode yang satu dengan yang lain. Pada akhirnya, akan menemukan hasil yang maksimal. Kelebihan juga bisa dilihat dari peralatan, isis jurnal tersebut menggunakan kata-kata yang mudah dipahami atau tidak, dan data yang digunakan. Data ini bisa berupa referensi, referensi yang baik, merupakan referensi 5 tahun terakhir dari tahun penelitian. Karena, semakin dekat tahun dengan tahun penelitian menandakan bahwa data yang digunakan akurat dan lebih up date. 

Kekurangan : Kekurangan ini kebalikan dari kelebihan yang saya paparkan diatas, jadi tinggal menyesuiakan. ^^ 

Cukup sekian pemaparan dari saya, semoga bermanfaat kedepannya... ^^ 

Cara ini juga bisa digunakan dalam meriview SKRIPSI maupun TESIS... !!!

0 Response to "Hasil Review Jurnal Media Pembelajaran Riset Operasi untuk Metode Duality Linier Programming Berbasis Multimedia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel