Hasil Review Jurnal : Penerapan Metode Hungarian Pada Perusahaan Jasa (Kasus Minimum)

Judul : Penerapan Metode Hungarian Pada Perusahaan Jasa (Kasus Minimum) (Studi Kasus Pada BSA EXPRESS PT. Bali Semesta Agung) 

Jurnal : Riset Operasi 

Volume dan Halaman : Vol. 4 No. 2 Hal: 812-820 

Tahun : 2013 

Penulis : Igautama, Haryadi Dan Robertth 

Reviewer : Sumiati

HASIL REVIEW JURNAL

Tujuan Penelitian : Penelitian bertujuan untuk mencari total hari minimum yang harus dikeluarkan CV Buah Segar di Purwokerto. 

Penerapan Metode Hungarian Pada Perusahaan Jasa (Kasus Minimum) Subjek Penelitian : Karyawan CV Buah Segar 

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode field research (riset lapangan) dan metode library research (riset kepustakaan) dengan wawancara dan observasi yang dilakukan langsung dengan manajer pemasaran serta pimpinan perusahaan 

Faktor Pengaruh : Faktor pengaruh dari kerugian yang dialami perusahaan adalah karena disebabkan oleh penurunan hasil penjualan. terlalu lama waktu yang diperlukan yakni 119 hari untuk 7 karyawan dalam menyelesaikan masalah pemasaran di tujuh kota yang total penjualannya mengalami penurunan drastis. 

Alasan Dilakukan Penelitian ini : Mengatasi masalah hasil penjualan yang kian merosot karena persaingan yang sangat ketat dan juga untuk menyelesaikan kendala-kendala yang timbul di masing-masing kota. Perusahaan memutuskan untuk segera mengirimkan 7 karyawan kepercayaannya ke kota Tulungagung, Trenggalek,Ponorogo, Ngawi, Kediri, Magetan, dan Cepu. 

Variabel Dependen : 

1. Tingkat Keterampilan. 
2. Pengalaman Kerja 
3. Latar Belakang Pendidikan 

Variabel Independen : Penyebab Penurunan Hasil Penjualan CV. Buah Segar 

Langkah-langkah : Aktivitas wawancara dilakukan langsung dengan manajer pemasaran serta pimpinan perusahaan. Untuk itu, data langsung dan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam penelitian didapatkan dari CV Buah Segar. Selain dengan wawancara, penelitian menggunakan observasi. 

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti data yang diperoleh dengan membaca buku yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti dan hasilnya dikumpulkan serta dipelajari sebagai bahan acuan dalam penyusunan penulisan artikel.

Selain field research, penelitian menggunakan metode library research (riset kepustakaan). Penelitian ini dilakukan untuk meneliti data yang diperoleh dengan membaca buku yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti dan hasilnya dikumpulkan serta dipelajari sebagai acuan dalam penulisan artikel. 

Hasil Penelitian : 
  • penempatan tenaga kerja yang dilakukan perusahaan belum tepat "dari segi jumlah hari. 
  • Hal tersebut dinilai, dalam penyelesaian masalah, terlalu lama jika dilihat dari hasil perolehan data yang diperoleh dalam penelitian sebelum menggunakan metode assignment. 
  • Setelah menggunakan metode assigment, metode minimisasi diperlukan 119 hari untuk 7 karyawan; rata-rata dibutuhkan 17 hari untuk 1 karyawan, dengan rata-rata 21.7 –jika dibulatkan 22 hari sehingga memakan waktu lebih sedikit dibandingkan sebelum menggunakan metode assignment (Hungarian). 
Kelebihan : Dengan menggunakan Metode Hungarian masalah-masalah yang berhubungan dengan alokasi optimal dari berbagai macam sumber daya yang produktif, terutama tenaga kerja atau personalia, yang mempunyai tingkat efisiensi berbeda-beda untuk pekerjaan yang berbeda-beda pula. Dapat diselesaikan dengan cara yang lebih efektif dan efesien. 

Kekurangan : Kelemahan dalam penelitan ini adalah salah satu dari beberapa teknik pemecahan yang tersedia untuk masalah-masalah penugasan, karena bagi seorang pemimpin, pengambilan keputusan untuk menentukan waktu pekerjaan yang efektif dan efesien sangatlah diperlukkan. Karena jika tidak, hal tersebut akan mengakibatkan kondisi yang buruk bagi perusahaan.

Keterangan Tahap-Tahap Mereview Jurnal: 

Pada saat meriview jurnal hal yang pertama yang harus kamu pahami adalah abstrak dari jurnal tersebut, jika kurang paham silakan baca kesimpulan dari jurnal tersebut. 

Setelah paham, silakan baca dengan seksama isi jurnal tersebut. Baik saya akan menjelaskan satu satu item yang ada diatas:

Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini dapat kamu temukan didalam abstrak ataupun menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi jurnal, dan kemudian membuat kesimpulan. Pada jurnal-jurnal yang saya review terkadang saya menggunakan kedua cara. 

Subjek penelitian : Subjek penilitian ini dapat kita temukan didalam abstrak maupun subjek penelitian dari jurnal tersebut. 

Metode penelitian : Dapat kita temukan didalam abstrak, namun jika ingin lebih lengkap dan jelas silakan baca didalam metode penelitian dari jurnal tersebut. Biasanya, jika kita membaca metode penilitian didalam jurnal, akan dijelaskan lebih terperinci. Contoh: seperti metode diatas, didalam abstrak tidak dijelaskan apa itu metode in Vivo itu, namun didalam metode penelitian dijelaskna dengan terperinci. 

Faktor pengaruh : Faktor pengaruh dapat ditemukan didalam abstrak maupun kesimpulan dari jurnal tersebut. Jika ingin lebih jelas baca di subjek penelitian. 

Alasan : Alasan penelitian dapat ditemukan didalam abstrak dan menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi dari jurnal. 

Variabel Dependen : Merupakan variabel yang terkait dalam jurnal. 

Variabel Independen : Merupakan variabel yang mempengaruhi variabel dependent. Kedua variabel ini seperti halnya subjek mana yang merupakan variabel yang terkait, dan mana yang mempengaruhi adanya variabel terkait tersebut. 

Langkah-langkah : Langkah-langkah ini berhubungan dengan bagaimana cara jurnal ini melakukan penelitian. Kamu bisa melihat langkah-langkah ini didalam langkah/tahapan penelitian yang ada didalam jurnal, kamu bisa menyimpulkan apa saja yang dilakukan oleh peneliti didalam jurnal tersebut, sehingga menghasilkan jurnal tersebut. 

Hasil penelitian : Hasil penelitian dapat kamu temukan didalam abstrak jurnal maupun kesimpulan dalam jurnal tersebut. Namun, kamu juga bisa menyimpulkan sendiri apa saja hasil yang didapatkan dalam jurnal tersebut, untuk itu kamu harus pahami dan baca secara teliti jurnal tersebut. 

Kelebihan : Kelebihan dalam jurnal dapat kita lihat didalam metode apa yang digunakan, sebuah jurnal bisa dikatakan kuat jika ia menggunakan metode yang tepat dan menggunakan dua atau lebih, sehingga adanya perbandingan antara metode yang satu dengan yang lain. Pada akhirnya, akan menemukan hasil yang maksimal. 

Kelebihan juga bisa dilihat dari peralatan, isis jurnal tersebut menggunakan kata-kata yang mudah dipahami atau tidak, dan data yang digunakan. Data ini bisa berupa referensi, referensi yang baik, merupakan referensi 5 tahun terakhir dari tahun penelitian. Karena, semakin dekat tahun dengan tahun penelitian menandakan bahwa data yang digunakan akurat dan lebih up date. 

Kekurangan : Kekurangan ini kebalikan dari kelebihan yang saya paparkan diatas, jadi tinggal menyesuiakan. ^^ 

Cukup sekian pemaparan dari saya, semoga bermanfaat kedepannya... ^^ 
Cara ini juga bisa digunakan dalam meriview SKRIPSI maupun TESIS... !!! 

0 Response to "Hasil Review Jurnal : Penerapan Metode Hungarian Pada Perusahaan Jasa (Kasus Minimum) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel