Pengertian Regresi. Menaksir Variabel Terikat Y, Contoh Soal dan Penyelesaian

Pengertian Regresi

Istilah regresi berasal dari kajian genetika yang diadakan oleh Sir Francis Galton (1892-1911). Sekarang, regresi diterapkan hampir di semua bidang ilmu, untuk menaksir/meramalkan nilai satu variabel berdasarkan variabel lain yang nilainya telah diketahui dan kedua variabel tersebut memiliki hubungan fungsional sebab-akibat satu dengan yang lainnya. 

Pengertian RegresiDalam bidang ekonomi dan bisnis, misalnya: jumlah modal mempengaruhi jumlah produksi, tingkat suku bunga mempengaruhi jumlah investasi, biaya iklan mempengaruhi nilai penjualan dan tingkat pendapatan mempengaruhi besarnya konsumsi.

Regresi adalah suatu metode analisis statistik yang digunakan untuk melihat pengaruh antara dua atau lebih variabel. Hubungan variabel tersebut bersifat fungsional yang diwujudkan dalam suatu model matematis. 

Pada analisis regresi, variabel dibedakan menjadi dua bagian, yaitu variabel respons (response variable) atau biasa juga disebut variabel bergantung (dependent variable) dan variabel explanory atau biasa disebut penduga (predictor variable) atau disebut juga variabel bebas (independent variabel). 

Jenis-jenis regresi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu regresi sederhana (linier sederhana dan nonlinier sederhana) dan regresi berganda (linier berganda atau nonlinier berganda).

Menaksir Variabel Terikat Y

Menaksir nilai variabel terikat (Y) untuk nilai variabel bebas Xdan X tertentu, dapat dilakukan setelah persamaan regresi disusun. Agar lebih jelas perhatikan contoh di bawah ini.


Contoh Soal

Taksirlah/perkiranakan konsumsi seorang petani yang berpengasilan Rp 10 juta dengan 5 orang anggota keluarga. 

Penyelesaian 

Dari jawaban butir (a) dapat diketahui persamaan /modal regresi sebagai berikut :

RUMUS3
Jadi, besarnya konsumsi seorang petani yang berpenghasilan Rp 10 juta dengan 5 orang anggota keluarga ditaksir/diperkirakan  sebesar Rp 8,3011 juta.

0 Response to "Pengertian Regresi. Menaksir Variabel Terikat Y, Contoh Soal dan Penyelesaian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel