Sejarah Perkembangan Teori Manajemen

Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah perkembangan teori manajemen. Beberapa orang melihatnya (dengan definisi) sebagai konseptualisasi modern yang terlambat (dalam hal modernitas yang terlambat).

Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Beberapa orang melihatnya (dengan definisi) sebagai konseptualisasi modern yang terlambat (dalam hal modernitas yang terlambat). dalam istilah tersebut manajemen tidak memiliki sejarah pra-modern, hanya merupakan pertanda. Beberapa orang lainnya, mendeteksi aktivitas mirip-manajemen di masa pra-modern akhir. beberapa penulis melacak perkembangan pemikiran manajemen pada pedagang-pedangan Sumeria dan pembangun piramid Mesir. Para pemilik budak selama berabad-abad menghadapi permasalahan eksploitasi/memotivasi budak yang bergantung namun terkadang suka melawan (memaksa otoritas), namun banyak perusahaan pra-industri, dengan skala mereka yang kecil, tidak merasa terdorong ungtuk menghadapi permasalahan manajemen secara sistematis. namun, inovasi seperti penyebaran sistem angka Hindu-Arab (abad ke-5 hingga ke15) dan kodifikasi kesekretariatan entri-ganda (1494) menyediakan perangkat untuk penilaian, perencanaan dan kendali manajemen.

Dalam istilah tersebut manajemen tidak memiliki sejarah pra-modern, hanya merupakan pertanda. Beberapa orang lainnya, mendeteksi aktivitas mirip-manajemen di masa pra-modern akhir. 

Beberapa penulis melacak perkembangan pemikiran manajemen pada pedagang-pedangan Sumeria dan pembangun piramid Mesir. 

Para pemilik budak selama berabad-abad menghadapi permasalahan eksploitasi/memotivasi budak yang bergantung namun terkadang suka melawan (memaksa otoritas), namun banyak perusahaan pra-industri, dengan skala mereka yang kecil, tidak merasa terdorong ungtuk menghadapi permasalahan manajemen secara sistematis. 

Namun, inovasi seperti penyebaran sistem angka Hindu-Arab (abad ke-5 hingga ke15) dan kodifikasi kesekretariatan entri-ganda (1494) menyediakan perangkat untuk penilaian, perencanaan dan kendali manajemen.

Berikut adalah gambar dari sejarah manajemen

periode
klik dua kali untuk membesarkan gambar
Manajemen Sebagai Ilmu

Pengetahuan (Knowledge)

Fungsinya bertujuan untuk mengetahui keseluruhan dari fakta-fakta, nilai-nilai, asas-asas dan melalui, belajar, penaalahan dan pengalaman.

Ilmu Science

Merupakan cara untuk mengejar pengetahuan tetapi tidak hanya pengetahuan itu sendari, menjadi pengetahuan yang sudah diorganisasikan secara sistematis dan telah diuji kebenarannya melalui pengamatan atu percobaan dengan cermat dan teliti

Baca Juga Artikel Terbaru :
Kapan Pengetahuan Disebut Ilmu?

Ciri/Syarat:
  • Mempunyai Objek Pengenal: Objek materi, Objek forma, Manusia alam/merupakan titik pusat perhatian dari onjek materi secara khusus yang akan dapat membedakan suatu ilmu dengan yang lainnya.
  • Mempunyai Metode: bertujuan untuk agar mempunyai cara kerja yang bermetode atau alat dan prosedur untuk mengungkapkan suatu onjek sehingga memperoleh pengetahuan yang benar.
  • Sifatnya Umum (Universal): mempunyai konsep, teori, prinsif, tekniknya dapat dipakai dan diterapkan pada setiap organisasi kerja sama yang memerlukannya.
Ada 2 Jenis Ilmu, yaitu:
  • Ilmu Murni (Pure Science); bersifat menciptakan teori-teori dasar yang merupakan tujuan pokoknya, sementara tujuan pemanfaatanya dalam kehidupan praktis merupakan persoalan kedua atau bahkan dianggap berada di luar relevasi ilmu-ilmu jenis ini.
  • Sebagai Ilmu Terapan (Applied Science); Bertujuan agar berpusat pada relevasi teori-teori dasar tersebut dengan bidang terapan tertentu. Mendasari: Ilmu Murni (Pure Science), Ilmu Terapan (Applied Science).
Manajemen...Sebagai ilmu murni atau terapan?
  • Karena manajemen merupakan suatu disiplin ilmu yang bertugas mencarai kebenaran yang disandang dalam predikat dimensi teoritis dan metodologi, yang harus dipuji dan dibuktikan berdasarkan fakta/data secara objektif akan kebenarannya. Maka dari sebab itu manajemen sebagai ilmu penting untuk dikembangkan, agar mendapatkan kebenaran suatu ilmu tersebut.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Teori Manajemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel