Pengertian Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih

kasih

Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan.

Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai. 

Cinta sama sekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut:
  1. Cinta bersifat manusiawi
  2. Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
  3. Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
Cinta juga selalu menyatakan unsur - unsur dasar tertentu yaitu:
  • Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
  • Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
  • Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
  • Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.

Hakekat Cinta Kasih

Cinta memang sangat terpaut dengan kehidupan manusia.tidak pernah selintaspun orang berfikir bahwa cinta itu tidak penting,mereka haus akan cinta, banyak orang tidak henti-hentinya menonton film tentang kisah cinta, baik yang berakhir bahagia maupun sebaliknya.

Banyak orang suka mendengarkan lagu-lagu yang bermotif tentang cinta. Kendatipun demikian, hampir setiap orang tidak pernah berfikir tentang apa dan bagaimana cinta itu.

Sampai dengan sekarang ini masih banyak orang beranggapan bahwa cinta itu tidak lebih dari sekedar perasaaan yang menyenangkan untuk mengalaminya orang harus jatuh ke dalam nya.

Banyak orang melihat masalah cinta ini sebagai masalah dicintai bukan masalah mencintai, yaitu masalah orang untuk mencintai. Pendapat semacam ini akan mendorong orang untuk selalu mempermasalahkan supaya bagaimana ia dicintai, dengan melakukan berbagai hal-hal atau cara agar bagaimana bisa dicintai. Begitu juga sebaliknya, bawaanya mencintai dan dicintai merupakan sikap manusiawi yang sudah saling berkaitan erat.

Cinta adalah suatu kegiatan,dan bukan merupakan pengaruh yang pasif. Secara demikian bisa pula dikatakan bahwa salah satu esensi dari cinta adalah adanya kreativitas dalam diri seseorang. Atau lebih tegas lagi bisa dikatakan, bahwa cinta itu terletak pada aspek memberi dan bukan menerima.

Manusia dan cinta Kasih

Hidup tanpa cinta itu kosong. Cinta amat penting dalam kehidupan manusia. Belumlah sempurna hidup seseorang itu jika dalam hidupnya tidak pernah dihampiri atau dihinggapi rasa cinta. Karena hidup manusia di dunia ini tidak hanya seorang dirti, melainkan selalu melibatkan orang lain

Karena cinta itulah maka kehidupan ini ada. Bukankah manusia berbuat sesuatu karena dorongan perasaan cinta tersebut. Bukan hanya manusia, bahkan binatang-binatang pun sesungguhnya berbuat sesuatu karena dorongan perasaan cinta.

hanya bedanya, manusia berbuat karena kesadaran dan akalnya, sedangkan binatang berbuat karena nalurinya. Pada hakikatnya cintalah yang terdapat pada asal mula dari hidup, sekurang-kurangnya rasa cinta akan diri sendiri.

0 Response to "Pengertian Manusia dan Cinta Kasih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel