Pengertian Kepemimpinan, Tujuan dan Syarat-Syarat Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan 

Pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (kepala) dalam sistem di sebuah organisasi/ perusahaan. karena seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. 

Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin".

Jadi Arti dari kepemimpinan adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.


Tujuan Kepemimpinan 

Setelah memahami pengertian kepemimpinan, tentunya kita juga perlu mengetahui apa tujuan kepemimpinan tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Sarana untuk Mencapai Tujuan

Kepemimpinan adalah sarana penting untuk mencapai tujuan. Dengan memperhatikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, maka kita bisa mengetahui jiwa kepemimpinan dari seseorang. 

2. Memotivasi Orang Lain 

Tujuan kepemimpinan yang lain adalah untuk membantu orang lain menjadi termotivasi, mempertahankan serta meningkatkan motivasi di dalam diri mereka. Dengan kata lain, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memotivasi pengikut/ bawahan untuk mencapai tujuang yang diinginkan. 

Konsep dan Teori Pemimpin/Kepemimpinan

Pemimpin: Merupakan Orang yang mempunyai tugas mengarahkan dan membimbing serta memperoleh dukungan dari bawahan/staf sehingga dapat menggerakkan roda organisasi untuk mencapai tujuan. 

Kepemimpinan: Adalah Proses mempengaruhi kegiatan kelompok yang terorganisir dalam usaha menentukan tujuan dan upaya pencapaiannya. 

Ruang Lingkup Kepemimpinan 

Berikut adalah ruang lingkup dari kepemimpinan:

Teori kepemimpinan: adalah tentang perilaku pemimpin, konsep kepemimpinan, (latar belakang dan sebab munculnya kepemimpinan, syarat pemimpin, sifat-sifat pemimpin), tugas pokok dan fungsi serta etika profesi yang perlu dipahami pemimpin. 

Teknik kepemimpinan: adalah kemampuan dan keterampilan teknis pemimpin; penerapan teori-teori kepemimpinan, mencakup: konsep pemikiran pemimpin, perilaku keseharian serta sumberdaya yang digunakan. 

Syarat-Syarat Kepemimpinan

Syarat kepemimpinan biasanya selalu dikaitkan dengan tiga aspek penting, yaitu: Kekuasaan; kewibawaan, dan kemampuan/kapasitas/kompetensi.

Kekuasaan: adalah kekuatan, otoritas dan legalitas yang memberikan wewenang/ kepercayaan sebagai pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan para pengikutnya. 

Kewibawaan:  adalah kelebihan, keunggulan keutamaan, pemimpin mampu mengatur pengikutnya. 

Kapasitas/Kemampuan: adalah segala daya, kekuatan, kecakapan, kesanggupan, dan kecakapan/ keterampilan teknis maupun sosial yang dianggap melebihi anggota biasa.

0 Response to "Pengertian Kepemimpinan, Tujuan dan Syarat-Syarat Kepemimpinan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel