Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Proses Pada Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen


Pengertian sistem informasi manajemen berasal dari kata Sistem, Informasi dan Manajemen. 

Sistem adalah kumpulan unsur (aktivitas/prosedur/elemen) yang terintegrasi dan saling bekerjasama. 

Informasi yaitu sekumpulan data atau fakta yang terorganisir dan diolah melalui metode tertentu hingga memiliki makna bagi si penerima. 

Manajemen ialah seni dalam menjalankan tugas melalui orang lain (The art of Getting Things Done Through People).


Jadi Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM) secara umum merupakan suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola semua transaksi yang mendukung fungsi manajemen, dan dapat berguna untuk pengambilan keputusan. 

Atau sistem informasi manajemen yaitu sistem informasi yang menghasilkan Output dengan masukan Input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen.



Proses Pada Sistem Informasi Manajemen

Tentunya untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen membutuhkan berbagai proses, inilah proses SIM dan aktivitas-aktivitasnya:

a. Perencanaan

Merupakan rumusan mengenai metode kegiatan secara rinci, untuk mencapai tujuan atau target akhir dari suatu organisasi. Jadi perencanaan merupakan langkah-langkah yang rinci untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

b. Pengendalian

Jika perencanaan telah dibuat dan dilaksanakan atau di terapkan oleh anggota-anggota suatu organisasi, maka manajer harus mengawasi pelaksanaan dari perencanaan tersebut supaya dapat berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari jalur yang sudah ditetapkan.

c. Pengambilan keputusan

Merupakan pemilihan keputusan diantara berbagai macam alternatif yang ada, proses ini merupakan hasil dari perencanaan dan pengendalian. Jadi manajer harus memilih diantara berbagai macam keputusan yang ada supaya tujuan perusahaan atau organisasi dapat tercapai.

Fungsi atau Manfaat SIM Secara Umum

Beberapa fungsi/manfaat SIM diantaranya:
  • Untuk memudahkan manajemen dalam melakukan perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan.
  • Untuk meningkatkan efesiensi dalam mengakses data atau informasi supaya lebih cepat dan akurat.
  • Untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang dapat mendukung organisasi atau perusahaan.

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Proses Pada Sistem Informasi Manajemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel