Pengertian Statistika dan Tahapan Kegiatan Statistika

Pengenalan Ilmu Statistika dan Penyajian Statistika

statistik
Pengertian Statistika

Pengertian Statistika adalah  suatu ilmu pengumpulan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.  Salah satu ilmu yang mendasari dalam mempelajari statistika adalah peluang atau probabilitas. 

Pengertian statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

Perbedaan Statistikan dan Statistik

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Definisi statistika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari kete-rangan yang berarti dari data yang berupa angka.

Sedangkan Pengertian Statistik adalah hasil data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan sebagainya. Adapun definisi statistik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah catata atau angka-angka (bilangan) yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.


Jenis-jenis Statistika 
  • Statistika Deskriptif adalah metode statistik yang dopergunakan untuk mendeskriptifkan data yang telah dikumpulkan menjadi informasi
  • Statistika Inferensia adalah metode yang dipergunakan untuk mengetahui tentang suatu populasi didasarkan kepada suatu sampel dengan menganalisis dan menginterpretasikan data menjadi suatu kesimpulan.
Tahapan Kegiatan Statistika

1. Pengumpulan Data

a. Sensus: Yaitu mengumpulkan seluruh data/populasinya
b. Sampel: Yaitu mengumpulkan sebagian data saja

2. Penyusunan Data

Tahap - tahap penyusunan data
  • Editing: Yaitu mendeteksi kemungkinan adanya kesalahan atau ketidak konsistenan data
  • Classify: Yaitu pengelompokan data sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh data
  • Tabulation: Yaitu pengelompokan data sesuai dengan sifat-sifat yang telah ditentukandalam susunan kolom-kolom dan baris-baris, sehingga mudah untuk ditarik kesimpulan.
3. Presentasi Data

Yaitu kegiatan agar data mudah untuk dibaca dan bisa dilihat secara visual, maka dibuat dalam bentuk tabel, grafik atau diagram.

4. Analisis Data

Yaitu kegiatan untuk mengethui karakteristik data, dengan menggunakan metode statistik, seperti rata-rata, devinisi standar, ataupun regresi.

5. Interpretasi Data

Yaitu kegiatan untuk mengambil suatu kesimpulan yang benar

bagan

0 Response to "Pengertian Statistika dan Tahapan Kegiatan Statistika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel