Pengertian Wirausahan dan Kewirausahaan Serta Pentingnya Kewirausahaan

Wirausaha

Wirausaha merupakan orang-orang yang mempunyai kemampuan. Melihat dan menilai peluang-peluang, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat untuk memastikan kesuksesan. 

Kewirausahaan

Kemahiran yang dimiliki seorang wirausaha (entrepreneur) disebut kewirausahaan (entrepreneurship)
Menurut KBBI, kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke- dan akhiran -an yang bersifat membuat kata benda wirausaha mempunyai pengertian abstrak.

Wira = berani dan usaha = kegiatan bisnis yang komersial maupun non bisnis dan non komersial, jadi pengertian kewirausahaan adalah hal-hal yang bersangkutan dengan keberanian seseorang untuk melaksanakan sesuatu kegiatan secara mandiri, baik bisnis maupun non bisnis.


Pentingnya Kewirausahaan
  • Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Ahmad Sanusi, 1994)
  • Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha (Soeharto Prawiro, 1997)
  • Kewirausahaan adalah suatu proses yang mengerjakan sesuatu yang baru (krestif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.
  • Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Druckor, 1959)
  1. Kewirausahaan adalah suatu proes penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menentukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha (Zimmerer,1996)
  • Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambahan degan jalan mengombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.
  • Kewirausahaan dapat terjadi pada semua bidang (Hisrich,peter dan shophord 2005)

Jenis-jenis Kewirausahaan

Menurut Willamson (1961), jenis-jenis kewirausahaan dibagi menjadi 4 yaitu:
  • Innovating Entrepreneurship: berekperimentasi secara agresif, tampil mempraktekkan transformasi-transformasiatraktif (timing entrepreneurship, relationship, innovations).
  • Imitative Entrepreneurship: Meniru inovasi yang berhasil dari para innovating entrepreneur
  • Fabian Entrepreneurship: Sikap yang teramat berhati-hati dan sikap skeptikal tetapi yang segera melaksanakan peniruan-peniruan menjadi jelas sekali, apabila mereka tidak melakukan hal tersebut, mreka akan kehitangan posisi relative pada industry yang bersangkutan.
  • Drone Entrepreneurship: Drone = Malas. Penolakan untuk memanfaatkan peluang-peluang untuk melaksanakan perubahan-perubahan dalam rumus produksi sekalipun hal tersbut akan mengakibatkan mereka merugi dibandingkan dengan produsen lain.

Joob Seeker ===> Job Creator

Para Pencari Kerja ===> Pencipta Lapangan Pekerjaan
  1. Keluarga membangun kultur berwirausaha
  2. Penciptaan iklim usaha
  3. Pembinaan dunia pendidikan
  4. Peningkatan akses modal (banyak kompetisi bissinese plan)
  5. Pendamping calon wirausaha (ada lembaga incubator bisnis)

0 Response to "Pengertian Wirausahan dan Kewirausahaan Serta Pentingnya Kewirausahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel