Pentingnya Kepemimpinan dalam Bisnis, Tujuan dan Sasaran Kepemimpinan

1. Pentingnya Kepemimpinan dalam Bisnis


Kepemimpinan dalam Bisnis sangat diperlukan karena berpengaruh dalam perkembangan bisnis yang dilakukan. Bahkan ada yang mengatakan bahwasanya leadership atau kepemimpinan merupakan sebuah karakter utama yang diperlukan dalam bisnis. Hal ini tidak lain karena peran kepemimpinan berpengaruh terhadap jalannya bisnis dan juga kinerja karyawan. Tidak setiap orang memiliki leadership yang baik. 

Namun ada pula orang yang sejak masih kecil sudah terlihat jiwa kepemimpinannya. Akhirnya seiring perkembangannya ia pun terbiasa mengatur dan membuat keputusan yang berpengaruh pada sekitarnya. Hal ini sangat memiliki peran penting dalam dunia bisnis. Dunia bisnis tidak selamanya berjalan mulus. Adakalanya bertemu masalah yang harus diselesaikan dengan berbagai risiko. Nah, disinilah peran penting seorang pemimpin akan membawa pengaruh. 

2. Tujuan dan Sasaran Kepemimpinan 

Untuk menjadi seorang pemimpin hebat harus berawal dari visi yang hebat pula, karena jika dia tidak tahu kemana arah yang ingin dituju, tidak jelas apa yang akan dia lakukan, dia tidak akan pernah mencapai tujuan dan sasaran tersebut. 

Visi akan menunjukkan arah, memberi aspirasi, dan menjadi sumber kekuatan. Untuk menemukan visinya, dia harus menggali apa yang dia inginkan ke depannya. Visi hebat seorang pemimpin tentu tidak terlepas dari keinginan untuk membesarkan organisasinya. Jika organisasinya sukses maka dia pun akan menjadi sukses. Menemukan visi yang hebat itulah titik awal untuk menjadi seorang pemimpin. 

Pemimpin dalam mencapai tujuan dan sasarannya tidak sendiri, maka mutlak dia harus menyampaikan tujuan dan sasaran itu secara jelas dan konsisten kepada anak buahnya. Dia juga harus membuat kerangka, menyusun apa tugasnya, siapa saja yang dilibatkan, ada hambatan apa saja, cara penyelesaiannya seperti apa, dan lain sebagainya. Bawahan harus merasa dilibatkan karena akan menjadi eksekutor dalam visi tersebut. Pemimpin harus bisa mengarahkan strategi agar visi itu dapat tercapai bersama-sama. 

a. Tujuan Kepemimpinan 

1. Sarana untuk Mencapai Tujuan 

Kepemimpinan adalah sarana penting untuk mencapai tujuan. Dengan memperhatikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, maka kita bisa mengetahui jiwa kepemimpinan dari seseorang. 

2. Memotivasi Orang Lain 

Tujuan kepemimpinan yang lain adalah untuk membantu orang lain menjadi termotivasi, mempertahankan serta meningkatkan motivasi di dalam diri mereka. Dengan kata lain, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memotivasi pengikut/ bawahan untuk mencapai tujuang yang diinginkan. 

b. Sasaran Kepemimpinan 

Sasaran Kepemimpinan merupakan penjabaran dari tujuan, yaitu apa yang akan dicapai atau dihasilkan oleh seorang pemimpin dalam organisasi atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran usaha harus spesifik, terukur, jelas kriterianya, memiliki indikator yang rinci sehingga bisa tercapai secara efektif dan efisien 

Ada beberapa sasaran seorang pemimpin, agar kepemimpinan dapat berperan dengan baik, antara lain: 
  •  Memberi arah dan panduan bagi para manajer pelaksana Hal ini untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan pada unit unit kerja yang ada dalam perusahaan. 
  • Alokasi sumber daya Sumber daya yang ada diprioritaskan penggunaannya pada pengadaan sarana dan prasarana yang mendukung tercapainya sasaran perusahaan. 
  • Membangun budaya perusahaan Dalam mencapai sasaran bisnis perlu dibangun budaya perusahaan untuk menjadi yang terbaik melalui pemberian penghargaan atas suatu keberhasilan dan tidak menolerir atas suatu kegagalan. 
  • Membantu manajer menilai kinerja Kinerja manajerial suatu bagian dinilai dari tercapai tidaknya sasaran yang ingin dicapai. Contohnya, bila sasaran barang yang laku di pasaran sebanyak 1000 unit/tahun dicapai berarti kinerja unit pemasaran sukses, demikian pula sebaliknya.

0 Response to "Pentingnya Kepemimpinan dalam Bisnis, Tujuan dan Sasaran Kepemimpinan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel