Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis

Tujuan Ekonomi Mikro Dalam Bisnis


Jadi tujuan ekonomi mikro dalam bisnis adalah untuk menganalisa mekanisme pasar dalam membuat sutau harga yang relatif terhadap barang dan jasa, dan menggunakan beberapa alternatif untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas jumlahnya.

Peran Ekonomi Mikro Dalam BisnisDitinjau dari harganya, ekonomi mikro menilai bahwa harga merupakan nilai dari barang-barang tertentu. Dilihat dari unit analisisnya, bahwa kegiatan ekonomi dapat berubah secara individual. 

Sedangkan dilihat dari tujuan analisisnya, ekonomi mikro konsentrasi pada bagaimana mengalokasikan sumber daya agar dapat mencapai kombinasi yang sesuai.



Baca Juga Artikel Terbaru : 

Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis


Beberapa peran ekonomi mikro dalam bisnis atau perusahaan diantaranya:

1. Merumuskan Kebijakan


Ekonomi mikro bisa menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan terkait dengan harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya. 


Dengan adanya teori ekonomi mikro bisa dijadikan sumber informasi untuk mempelajari interaksi di pasar dan bagaimana campur tangan pemerintah sehingga dapat membentuk kebijakan perusahaan yang strategis dan inovatif.

2. Menyusun Prediksi

Dari pengertian ekonomi mikro sudah dijelaskan yakni sebagai sumber informasi interaksi di pasar. Sehingga dengan adanya ekonomi mikro maka perusahaan dapat menyusun strategi atau prediksi untuk kedepannya.

Ekonomi mikro bisa membantu memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di pasar, misalnya dalam hal trend produk.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Melalui ekonomi mikro, maka secara tidak langsung perusahaan dapat memahami bagaimana kebutuhan konsumen. Tentu saja ini akan berpengaruh terhadap kemampuan produk atau jasa bisa bertahan di pasar.

4. Mengetahui Perputaran Barang

Ekonomi mikro bisa menjadi alat untuk mengetahui perputaran produk. Jika ingin bertahan di pasar, maka perusahaan harus mengawasi produk yang dijual tetap berada dijalurnya tujuannya untuk menghindari kecurangan dari pesaing.

5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Produktivitas perusahaan dapat tercapai dengan dorongan berbagai aspek seperti SDM yang berkualitas, produk yang terjamin kualitasnya dan lainnya. Sehingga dengan meningkatnya produktivitas bisa meningkatkan keuntungan perusahaan secara maksimal.

0 Response to "Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel