Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk

BAB I 

PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belelakang 


Blue Bird adalah sebuah perusahaan yang awalnya bergerak dalam bidang penyedia layanan transportasi umum berupa taxi reguler berdiri pada tahun 1972, lalu berkembang menjadi limousine "Golden Bird", serta usaha sewa mobil. Perusahaan kemudian mengembangkan usaha bus carter "Big Bird" pada tahun 1979. Pada tahun 1993 Blue bird pun menghadirkan layanan taksi eksekutif "Silver Bird". Hingga saat ini Blue Bird Group berkembang menjadi beberapa perusahaan yang bergerak dalam beberapa bidang lainnya.

Blue Bird
Hal ini menuntut perusahaan BlueBird untuk dapat tampil lebih baik dalam memberikan layanan kepada masyarakat, dan dengan semakin meningkatnya kebutuhan dalam menggunakan moda transportasi pada saat sekarang ini. BlueBird sebagai perusahaan besar diharapkan dapat memiliki kualitas yang baik dari segala aspek, beberapa diantaranya dapat dilihat dari kualitas para karyawan dan pekerjanya. 

Oleh karena itu untuk dapat menyediakan sistem pelayanan yang baik, Blue Bird wajib menyelenggarakan pendidikan awal bagi para pekerjanya, dalam hal ini memberi pengarahan yang berkualitas sesuai dengan standar ketentuan pekerja profesional, maupun standar perusahaan yang telah disepakati.

Fasilitas training merupakan langkah awal perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan. Saat ini Blue Bird sudah memiliki fasilitas Training Center bagi para calon karyawan baik sebagai calon pengendara maupun karyawan staff untuk seluruh pool yang ada, namun keadaan Training Center saat ini membutuhkan perawatan dan pengembanganfasilitas mauoun prasarana yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan. 

Dengan adanya perbaikan fasilitas pada interior training center yang sesuai dengan kebutuhan kepelatihan maupun sarana prasarana lainnya, diharapkan dapat 

mempengaruhi suasana belajar para calon pegawai blue bird dalam menerima arahan yang diberikan. Demi terselenggaranya sistem pelatihan yang berkualitas, dan menghasilkan pegawai yang profesional dalam menyediakan layanan transportasi maupun bidang staff lainnya kepada masyarakat. 

1.2 Rumusan masalah 
  1. Bagaimana Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk? 
  2. Bagaimana Tujuan, Sasaran,Target, Indikator, dan Strategi PT. Blue Bird Group. Tbk? 
  3. Bagaimana Analisa, Visi Dan Misi PT. Blue Bird Group. Tbk? 

1.3 Tujuan Penulisan 
  1. Untuk Mengetahui Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk! 
  2. Untuk Mengetahui Tujuan, Sasaran,Target, Indikator, dan Strategi PT. Blue Bird Group. Tbk! 
  3. Untuk Mengetahui Analisa, Visi Dan Misi PT. Blue Bird Group. Tbk! 

BAB II 

PENDAHULUAN 

2.1 Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk 

Fungsi - fungsi manajemen ini penting bagi perusahaan karena memang syarat dari perusahaan yang baik salah satunya adalah memiliki fungsi-fungsi manajemen yang baik pula. Fungsi – fungsi manajemen ini diantaranya adalah perencanaan (planning), organisasi (organizing), pengarahan (actuating), juga pengawasan dan pengendalian (monitoring and controlling). Blue Bird Group adalah kelompok usaha yang siap melayani segala kebutuhan masyarakat. 

Disini saya akan mengambil contoh perusahaan yang menggunakan manajemen yang baik, saya ambil perusaahan dalam bidang jasa yaitu taksi Blue Bird Group. Jasa pertaksian ini sudah dikenal lama di masyarakat dan perusahaan akan bisa bertahan salah satunya dengan manajemen yang baik. 

1. Perencanaan (Planning) 

Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan. 

Berikut adalah Planning dari Pelaksanaan Fungsi perencanaan yang digunakan di perusahaan Blue Bird ini: 
  • Menetapkan tujuan dan target 
  •  Merumuskan strategi yang akan dipakai pada pelaksanaan kerja 
  • Menentukan sumber sumber daya yang di perlukan 
  • Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian dan target bisnis 
  • Memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan, sehingga tindakan korektif dapat diambil ketika kemajuan tidak memuaskan 
  • Menggunakan teknologi informasi yang berkembang seiring berjalannya waktu ,tentunya yang ada keterkaitannya dengan pelayanan. 
  • Menyiapkan tenaga-tenaga konsultan yang professional dan berkualitas 
2. Organisasi (Organizing) 

Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan orgnanisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan dengan baik. 

Pelaksanaan Fungsi organisasi di dalam perusahaan Blue Bird; 
  • Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menerapkan prosedur yang telah di tentukan 
  • Menetapkan stuktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab 
  • Kegiatan perekrutan penyeleksian pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia atau tenaga kerja 
  • Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat 
  • Dalam melakukan perekrutan, vice president personalia melakukan seleksi yang ketat kepada para calon karyawan 
  • Di dalam perangkat lunak SAP (System Application Product) sudah terdapat di dalamnya sistem ERP yang di gunakan untuk perekrutan karyawan baru (Enterprise Resources Planning) 
Berikut adalah Struktur Organisasi Tugas dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan Blue Bird; 

  • Dewan komisaris bertugas mengawasi jalannya perusahaan dan memberikan masukan masukan pada direktur 
  • Presiden direktur adalah pimpinan tertinggi dalam perusahaan blue bird group. Ini lah yang memimpin dan mengarahkan perusahaan dalam hal: Menyusun strategi, Menjalin dengan hubungan kemitraan, Mengatur investasi, alokasi, dan divestasi, Memimpin direksi, Memastikan prinsip tata kelola perusahaan dilaksanakan dengan baik. 
  • Vice President business development, ini membawahi 4 bagian yaitu: Infomasi teknologi IT, Total Quality Management TQM, Public relation PR 
  • Vice president Personalia membawahi bagian pemberdayaan SDM, terkait dengan pengadaan kerja demi kelangsungan usaha jasa perusahaan. 
  • Vice President Operasi membawahi semua bagian pengaturan pengemudi, terkait dengan sistem sirkulasi pengemudi perusahaan 
  • Vice president audit yang membawahi seluruh bagian pengawasan di perusahaan 
  • Vice President administrasi membawahi seluruh pengurusan dan pengarsipan seluruh transaksi yang berlangsung di perusahaan 
  • Vice Presiden perizinan membawahi bagian yang mengatur mengenai regulasi dan kebijakan-kebijakan perusahaan. Peremajaan armada perusahaan 
  • General manager (kepala pool) bertanggung jawab kepada seluruh armada perusahaan yang berada dalam pengawasan poolnya (daerahnya) 
  • Manager teknik bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas perawatan dan peremajaan armada taksi 
  • Manajer personalia bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan dan pengendalian atas perkembangan tenaga kerja perusahaan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan perusahaan 
  • Manajer administrasi bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pegendalian dalam transaksi yang berlangsung di perusahaan 
  • Kepala sub bagian yaitu mengendalian bagian bagian tertentu yang sudah ditugaskan 
  • Kepala seksi membantu mengolah dalam bidang yang telah di tetapkan 
  • Staff melaksanakan program program yang sudah di tentukan oleh perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan 
3. Pengarahan (Actuating) 

Orang yang mengarahkan sekaligus bertanggung jawab di perusahaan adalah Dewan Komisaris. Blue Bird yang mengimplementasikan pertama kali di Indonesia sistem komunikasi radio serta penggunaan argometer yang ketat untuk armada-armadanya. Blue bird juga sudah menerapkan teknologi GPS (global positioning system) untuk melacak tempat dan posisi armada-armada lainnya juga bisa dipakai untuk menghubungi call centre. 

Blue bird mengimplementasikan solusi Business Intellegent (BI), yakni merupakan suatu solusi yang mengolah data mentah menjadi informasi pendukung pengambilan keputusan perusahaan dan proses bisnis sehingga mampu memberikan gambaran lengkap dari bisnis untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pengguna. Perusahaan ini juga mengimplementasikan software My SAP untuk pengambilan secara tepat sehingga waktunya effisien. 

4. Pengawasan (Controlling) 

Dalam mengawasi armadanya sehari hari, pemilik perusahaan membutuhkan general manajer keberadaan armada Blue Bird, sehingga penggunaan bahan bakar dapat tercatat dan di perhitungkan dengan akurat. Dalam memelihara loyalitas pelanggannya Blue Bird menyediakan creditvoucher yang digunakan tidak untuk corporate saja namun juga digunakan untuk perorangan. 

Pihak blue bird ini mengadakan upgrading kepada para karyawanya agar meningkatkan layanan yang berkualitas dan nyaman untuk mempertahankan pelanggan. Untuk menjamin hal tersebut dari pihak blue bird sering menggunakan penumpang yang diminta untuk menguji Driver. 



Pihak Blue Bird selalu mengadakan training karena mau tidak mau yang menciptakan image baik atau buruknya perusahaan ini adalah drivernya, jadi para pengemudi dilatih secara khusus agar memberikan layanan yang terbaik. Dewan komisaris melakukan pengawasan atas jalannya usaha perusahaandan memberikan masukan-masukan kepada para direktur. General Manager (pool) adalah jabatan seseorang yang bertugas untuk mengawasi keadaan armada yang berada di suatu wilayah (pool-nya)

Baca Juga Artikel Sebelumnya : 

2.2 Tujuan, Sasaran,Target, Indikator, dan Strategi PT. Blue Bird Group. Tbk 

1. Tujuan 
  • Mempertahankan standar kualitas pelayanan prima secara berkelanjutan adalah kunci dari reputasi dan keberhasilan Blue Bird Group. 
  • Dengan motto layanan ANDAL yang artinya Aman,Nyaman,Mudah dan Personalise. 
  • Penempatan armada serta kemudahan mendapatkannya misalnya telah membuat Blue Bird Group meraih predikat sebagai mitra transportasi yang handal dan terpercaya. 
2. Sasaran 
  • 30.000 karyawan yang berkarya di kantor pusat dan cabang.Tak kurang 9 juta penumpang dalam sebulan terangkut oleh armada Blue Bird di sejumlah kota di Indonesia. 
  • Jumlah pool telah mencapai 28 titik.Armada akan terus diremajakan.Sebagian dari keberhasilan berkat kemampuan kami menjaga kualitas pelayanan selama bertahun-tahun. 
  • Perusahaan ini telah berkembang sedemikian rupa,dari awal bergulirnya dengan 25 kekuatan taksi,kini Blue Bird telah memiliki lebih dari 20.000 unit armada dan akan ditambah 25.000 unit lagi. 
3. Target 

Target dari perusahaan Blue Bird ini adalah Menjadi yang terdepan atau utama dalam menyediakan jasa dalam bidang pertaksian. 

4. Indikator 

Indikator dari perusahaan Blue Bird ini adalah; 
  • Membuat waktu se effisien mungkin. 
  • Pelanggan tidak merasa dikecewakan 
  • Memasitkan kesejahteraan yang berkelanjutan untuk para stekholder 
5. Strategi 

Strategi yang digunakan di perusahaan Blue Bird: Strategi yang digunakan oleh blue bird ini disebut strategi tiga pilar, mengandalkan pada produk, pemimpin pasar, dan innovator dalam teknologi aplikasi.

Sumber daya yang digunakan oleh perusahaan ini adalah barang berbentuk mobil yang nyaman dan terawat untuk kepuasan pelanggan tentunya dengan sumber daya manusia yang baik dan ahli dalam berkendara dan mengetahui seluk beluk tentang mobil. 

2.3 Analisa, Visi Dan Misi PT. Blue Bird Group. Tbk 

A. Analisa 

Pada umumnya terdapat delapan karakteristik penting yang dapat dipakai sebagai pertimbangan dalam penyusunan misi perusahaan. Suatu misi yang baik adalah yang dapat menjawab salah satu atau lebih karakteristik berikut ini: 

1) Customer 

Kebanyakan pelanggan Blue Bird merasa puas dengan pelayanan yang diberikanoleh Blue Bird Group dari Supir yang sangat ramah dan menguasai jalan sehingga penumpang percaya bahwa ia akan diantar ke tempat tujuan, serta CS yang sabar dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. 

2) Produk dan jasa. 

Memberikan pelayanan di Blue Bird adalah ‘ANDAL’. Andal merupakan akronim dari aman, nyaman, mudah, dan personalize, sehingga pelayanannya bisa berkembang, tidak lagi sekadar mengemban tugas mengantarkan pelanggan dari satu titik ke titik lain, tapi disesuaikan dengan permjntaan pelanggan.

Menyediakan berbagai macam layanan transportasi mulai dari taksi reguler hingga rental limousin dan bus untuk konsumen semua itu ditujukan agar penumpang merasa aman dan nyama. 

3) Pasar. 

Dalam kualitas pelayanan Blue Bird senantiasa melakukan inovasi-inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan demi kepuasan para pelanggan. Outlet-outlet Blue Bird Group tersebar di berbagai wilayah strategis di Indonesia seperti di mall, tempat-tempat hiburan dan hotel, sehingga pelanggan dengan mudah menemukan taksi PUSAKA ataupun taksi silver bird.

Selain itu taksi-taksi yang keliling mencari penumpang juga banyak beroperasi di jalan raya karena armada yang dimiliki blue Bird saat ini mencapai 19.000 armada. 

4) Teknologi. 

Blue Bird Group memberikan penekanan melalui ketentuan-ketentuan khusus yang harus oleh armadanya apabila akan turun ke jalan serta penggunaan teknologi GPS yang mempercepat tahap pemesanan taksi merupakan bentuk nyata dari service quality yang disajikan oleh Blue Bird Group untuk mendapatkan benefit jangka panjang, kepuasan terutama loyalitas pelanggan. 

5) Komitmen terhadap pertumbuhan, keuntungan atau stabilitas. 

“Kami memiliki standar prosedur dalam memberikan service kepada konsumen meliputi produk, proses, dan people excellent. Melalui tiga pilar tersebut kami memberikan konsistensi pelayanan menyeluruh kepada konsumen dan kami akan terusberusaha untuk memberikan yang terbaik” tutup Noni Purnomo. 

6) Konsep Perusahaan. 

Mempertahankan standar kualitas pelayanan prima secara berkelanjutan adalah kunci dari reputasi dan keberhasilan Blue Bird Group. Dengan motto layanan ANDAL, yang artinya Aman, Nyaman, Mudah dan Personalise, menjadikan Blue Bird Group partner terpercaya dalam transportasi. 

7) Komitmen terhadap image masyarakat. 

Mengemban tugas mengantarkan pelanggan dari satu titik ke titik lain, tapi disesuaikan dengan permjntaan pelanggan yang aman, nyaman, dan mudah. 

8) Komitmen terhadap karyawan. 

Salah satu cara yang dilakukan adalah menjadikan karyawan Blue Bird sebagai keluarga besar. Di Blue Bird ini pekerja adalah bagian dari keluarga besar bukan karyawan. Kita ini perusahaan padat karya. Karena ini keluarga besar terciptalah budaya dan masing-masing saling peduli.

Sopir kita juga didik. Lalu bagaimana cara memanusiakan mereka,” Cara lainnya adalah dengan membayar upah para karyawannya sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Hingga kini, Blue Bird Group mempunyai 30.000 sopir dan ribuan tenaga kerja untuk tingkatan manajemen. 

2. Visi: 

Menjadi Perusahaan yang mampu bertahan dan mengedepankan kualitas untuk memastikan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para stakeholder. 

3. Misi: 

Tujuan kita adalah tercapainya kepuasan pelanggan, dan mengembangkan serta mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar di setiap kategori yang kita masuki. Dalam transportasi darat, kita menyediakan layanan yang handal, dan berkualitas tinggi dengan penggunaan sumber daya yang efisien dan kita melakukannya sebagai satu tim yang utuh. 

BAB III 

PENUTUP 

3.2 Kesimpulan 

PT Blue Bird Grup ini sudah dikenal dari jaman dahulu kala bahkan sudah dikenal oleh wisatawan mancan negara karena sangat memberikan kenyamanan dan memberika pelayanan terbaik bagi semua penumpangnya. 

Seiring perkembangan teknologi dan persaingan di Indonesia PT Blue Bird Grup ini juga semakin gencar dalam memajukan dan menaikan nama PT Blue Bird Grup dan meningkatkan kualitas armadanya agar tetap memiliki banyak peminat di bidang transportasi dengan cara meningkatkan kualitas layanan teknologinya, memberika diskon kepada konsumen dan selalu mengutamakan keselamatan penumpang. 

Dan Blue Bird Group merupakan perusahaan yang sudah sangat maju, terbukti dengan terus mempelajari dan menganalisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) perusahaannya dan lingkungannya PT Blue Bird Group dapat mengantisipasi kelemahan-kelemahan perusahaan mereka disertai strategi-strategi yang baik diharapkan perusahaan ini dapat terus berkembang. 

3.2 Saran 

PT Blue Bird Grup harus terus bisa mempertahankan strategi yang telah dimiliki sejak dulu dan selalu mengacu pada Visi dan Misi yang telah dibangun yaitu dengan menggunakan strategi AMDAL didalam perkembangan system armadanya, dan juga PT Blue Bird Group harus terus melakukan inovasi agar tidak terjadi seperti kejadian sebelumnya yang hampir dikalahkan dengan transportasi online lainnya. 

PT Blue Bird Grup harus selalu melakukan hal yang membuat konsumen setianya tidak pindah ke lain hati dan sebisa mungkin melakukan segala cara agar bisa memperkuat merknya sendiri. Serta PT Blue Bird Grup harus selalu melakukan perbaikan system baik system transportasi ataupun teknologinya. Serta harus selalu melakukan promosi-promosi yang bisa memajukan perusahaan, dan dengan tidak menghilangkan cirri khas yang dimiliki PT Blue Bird Grup. 

DAFTAR PUSTAKA




0 Response to "Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel