Pengertian Data, Populasi, Sampel Serta Penggolongan Data Statistik

Pengertian Data, Populasi, dan Sampel

Data, Populasi dan Sampel
- Data; Merupakan kumpulan keterangan mengenai keadaan, kejadian atau gejala tertentu baik yeng berbentuk angka maupun tidak yang berbentuk angka.

- Populasi; Adalah kumpulan dari seluruh elemen sejenis dapat dibedakan yang menjadi objek dalam dalam suatu peneliatian

- Sampel; adalah kegiatan (sebagian kecil) dari populasi yang karakteristiknya hendak diselidiki.

- Statistik Sampel; adalah ukuran - ukuran yang menyatakan karakteristik dan suatu sampel.

- Statistik Parameter; adalah ukuran - ukuran yang menyatakan karakteristik dari suatu populasi.


Penggolongan Data Statistik

1. Berdasarkan data memperolehnya
  • Data Primer; adalah data yang diperoleh langsung dari objeknya.
  • Data Skunder; adalah data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah disekola, dan dikumpulkan oelh pihal lain.

2. Berdasarkan Waktu Pengumpulannya
  • Data Seketika; adalah data yang dikumpulkan pada waktu tertentu yang dapat menggambarkan keadaan objek riset pada waktu riset dilakukan. Contohnya, Data mengenai penduduk pada tahun 2000 dan Data mengenai PTS di bali tahun 2010.
  • Data Berkala ( cross section); adalah data yang dikumpulkan dari waktu tertentu yang dapat menggambarkan tentang perkembangan suatu keadaan.

3. Berdasarkan Sifatnya
  • Data Diskrit; adalah data yang satunya merupakan bilangan bulat dan tidak berbentuk pecahan. Contohnya, Data mengenai jumlah Mahasiswa per PTS di bali, data mengenai jumlah pengawai per fakultas.
  • Data Kontinyu; adalah data yang satunya merupakan bilangan pecahan. Contohnya, Data mengenai rata - rata berat sapi expor, lokal, dan mengenai mahasiswa FE UNHI.

4. Berdasarkan Sumbernya
  • Data Interen; adalah data yang menggambarkan keadaan dalam suatu lembaga/istansi. Contoh data mengenai jumlah mahasiswa FE UNHI, data mengenai jumlah pegawai UNHI, dll
  • Data Ekstern; adalah data yang menggambarkan keadaan di luar sutau lembaga/instansi. Contohnya, data perdapatan per kapita masyarakat, data jumlah penduduk, dll.

5. Berdasarkan Pengukurannya
  • Data Nominal; adalah data statistik yang cara - cara menyususn angkanya didasarkan atas beberapa kategori tampa memperhatikan urutan tertentu. Contohnya, Data mengenai jumlah barang yang cacat dan tidak cacat hasil produksi suatu mesin dalam satu kali proses produksi.
  • Data Ordinal; adalah data statistik yang cara menyusun angkanya atas beberapa kategori dengan memperhatikan urutan atau keadaan tertentu. Contohnya, data mengenai rangking 1-5 dari 10 finalis lomba LKTI UNHI.
  • Data Interval; adalah data statistik yang angkanya disusun dengan jarak yang sama antara kategori yang satu dengan kategori yang lainnya lebih tinggi. Contohnya, data mengenai interval suhu antara kelompok orang - orang yang panas badannya 10 derajat celsius dan 150 derajat celsius akan sama dengan interval orang - orang yang panas badannya 20 derajat celsius dan 250 derajat celsius.
  • Data Rasio; adalah data statistik yang angkanya diperoleh dengan membandingkan nilai variabel yang satu dengan nilai absolut variabel yang lainnya (variabel pembanding). Contohnya, rata - rata berat badan A adalah 250 kg dan keterangan ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata berat badan si A 2X lebih besar dari rata-rata berat badan si B.

0 Response to "Pengertian Data, Populasi, Sampel Serta Penggolongan Data Statistik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel