HASIL REVIEW JURNAL : ANALISIS SEGMENTATION, TARGETING DAN POSITIONING KARTU KREDIT (STUDI PADA PENGGUNA KARTU KREDIT BRI-TOUCH PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK (PERSERO) KANTOR WILAYAH MANADO)

BAB I

KETENTUAN
1. Latar Belakang Masalah 

Pada saat ini dunia perbankan di Indonesia memasuki masa persaingan yang sangat kompetitif. Hal ini disebabkan banyaknya bank yang beroperasi di Indonesia baik yang beroperasi secara lokal maupun yang beroperasi berskala internasional. Sektor perbankan memiliki peran yang strategis dalam memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. 

BANKDewasa ini, bank-bank yang mampu bertahan melewati masa krisis moneter maupun bank-bank yang baru beroperasi mulai berlomba-lomba untuk memberikan layanan yang terbaik kepada nasabahnya melalui berbagai macam produk perbankan seperti produk dana, produk pinjaman atau produk jasa lainnya. Pada pasar kredit perbankan, bank memiliki beberapa jenis kredit yang umum ditawarkan kepada nasabah antara lain kredit: korporasi, kredit modal kerja, investasi, kredit konsumtif, dan kredit mikro.

2. Rumusan Masalah
  • Bagaimanakah segmentation, targeting, dan positioning pada kartu kredit BRI-Touch di Manado?”
3. Tujuan Penelitian
  • Menganalisis dan menentukan segmentasi pasar kartu kredit BRI-Touch berdasarkan segmentasi demografi dan segmentasi perilaku di Manado.
  • Menganalisis dan menentukan target pasar yang akan dilayani oleh kartu kredit BRI-Touch di Manado.
  • Menganalisis dan mengetahui positioning produk kartu kredit BRI-Touch di Manado.
4. Manfaat Penelitian

  • Meningkatkan penggunaan segmentation, targeting dan positioning dari kartu kredit BRI-Touch

BAB II 

TINJAUAN PUSTAKA


1. Landasan Teori
  • Segmentasi Pasar (Segmentation)
  • Target Pasar (Targeting)
  • Memposisikan Produk (Positioing)
2. Penelitian sebelumnya

Penelitian yang dilakukan Kembuan (2014) memberikan hasil yang serupa dengan penelitian ini yaitu, dari hasil analisa yang dilakukan maka terbentuk tiga cluster dan cluster yang paling diprioritaskan sebagai target pasar dari PT. Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Manado 2 adalah cluster 2. 

Hal ini dilakukan dengan tiga macam pertimbangan yaitu: berdasarkan demografi, perilaku dan manfaat. Penelitian dari Karamoy (2013) mengatakan bahwa strategi segmenting, targeting dan positioning secara simultan dan partial berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk KPR BNI Griya. 

Penelitian yang dilakukan oleh Mustikorini dan Chadhiq (2009) memiliki hasil bahwa dari cluster yang terbentuk, cluster 1 lebih diprioritaskan dalam merebut pelanggan shampoo head & shoulders hal tersebut didasarkan pada rata-rata cluster 1 yang mempunyai nilai lebih tinggi dari cluster ke 2 dan yang mempunyai nilai sama dalam pengelompokkan cluster ini tidak diprioritaskan dalam pemilihan cluster.


BAB III 
METODELOGI PENELITIAN

1. Desain Penelitian
  • Penelitian ini dilakukan terhadap pengguna kartu kredit BRI-Touch di Manado. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif di mana ruang lingkupnya menyangkut tentang segmen, target, dan posisi produk. Objek penelitian dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) Kantor Wilayah Manado
2. Lokasi Penelitian 
  • Pt. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) Kantor Wilayah Manado
3. Definisi Operasional atau Variabel
  • Variabel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan variabel explanatory research dengan pendekatan kuantitatif
4. Sumber Data 
  • Sumber data yang dugunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data Suknder.
5. Jenis Data
  • Data Kualitatif, dan Data Kuantitatif
6. Cara Mengumpulkan Data
  • Data Kuesioner 
  • Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research Method)
7. Uji Data Yang Dilakukan
  • Kuesioner : Melalui sejumlah pertanyaan tertulis sebagai sumber data primer yang berkaitan dengan variabel dalam penelitian ini (purposive sampling). 
  • Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research Method) : Pengumpulan data sekunder yang diperoleh dari perpustakaan dan instansi yang berhubungan dengan penelitian ini
8. Teknik Analisi Data
  • Multidimensional scaling (MDS)



BAB IV 

HASIL DATA DAN HASIL PENELITIAN

1. Hasil Penelitian 

Hasil Analisis Cluster Berdasarkan Segmentasi Demografi Dan Segmentasi Perilaku Yang Didasarkan Pada Manfaat Segmentasi pada pengguna kartu kredit BRI-Touch Pt. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) Kantor Wilayah Manado berdasarkan segmentasi demografi dan segmentasi perilaku yang didasarkan pada manfaat menggunakan cluster analysis yaitu K-Means cluster. 

Hasil Analisis Multi Dimensional Scaling (MDS) Analisis MDS berhubungan dengan pembuatan grafik (map) untuk menggambarkan positioning produk kartu kredit BRI Touch dibandingkan tiga pesaingnya, yaitu BNI, BCA dan Mandiri.

2. Simpulan dan Saran 

- Simpulan 
  • Hasil penelitian menggunakan cluster analysis, secara keseluruhan mengelompokkan penggunan kartu kredit BRI-Touch kedalam tiga segmen berdasarkan segmentasi demografi.
  • Hasil penelitian menggunakan cluster analysis, secara keseluruhan mengelompokkan pengguna kartu kredit BRI-Touch kedalam tiga segmen berdasarkan segmentasi demografi dengan jumlah anggota pada cluster 1 sebanyak 50 orang, cluster 2 sebanyak 52 orang dan cluster 3 sebanyak 28 orang. 
  • Hasil penelitian menggunakan cluster analysis, secara keseluruhan mengelompokkan pengguna kartu kredit BRI-Touch kedalam tiga segmen berdasarkan segmentasi demografi dan segmentasi perilaku yang didasarkan pada manfaat.
  • Hasil penelitian menggunakan cluster analysis, secara keseluruhan mengelompokkan pengguna kartu kredit BRI-Touch kedalam tiga segmen berdasarkan segmentasi demografi dan segmentasi perilaku yang didasarkan pada manfaat dengan jumlah anggota pada cluster 1 sebanyak 1 orang, cluster 2 sebanyak 82 orang dan cluster 3 sebanyak 47 orang. 
  • Hasil penelitian menggunakan analisis multidimensional scaling, menurut persepsi responden, ke empat kartu kredit terletak pada kuadran yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ke empat kartu kredit tidak memiliki kemiripan dan bahwa masing-masing kartu kredit memiliki karakteristik atau keunikan masing-masing. 
- Saran 

Saran atau masukan yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: 
  • Pada segmentasi cluster yang terbentuk berdasarkan segmentasi demografi saja, konsentrasi atau perhatian sebaiknya difokuskan pada cluster 1 dan cluster 2 karena kedua cluster ini memiliki jumlah anggota terbanyak dengan hanya selisih 2 orang saja. 
  • Pada segmentasi cluster yang terbentuk berdasarkan segmentasi demografi dan segmentasi perilaku berdasarkan manfaat, konsentrasi atau perhatian sebaiknya difokuskan pada cluster 2 karena cluster 2 ini memiliki jumlah anggota terbanyak. 
  • Bank BRI harus mampu mempertahankan biaya administrasi yang kompetitif sehingga bisa meningkatkan daya jual dan minat para konsumen untuk memilih kartu kredit BRI. 
  • Bank BRI harus mampu mempertahankan bahkan meningkatkan sumber daya manusia yang terlibat dalam perusahaan sehingga bisa meningkatkan daya jual dan minat para konsumen untuk memilih kartu kredit BRI. 
  • Bank BRI harus bisa lebih meningkatkan citra bank maupun produk dari kartu kreditnya dengan melakukan program-program promosi lewat media baik media cetak, televisi atau melalui fasilitas jejaring sosial. 
  • Bank BRI sebaiknya menerapkan strategi segmentasi, targeting, positioning pasar secara berkelanjutan, karena segmentasi pasar berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Segmentasi pasar sangat diperlukan agar perusahaan dapat mengetahui permintaan serta kebutuhan nasabah sehingga perusahaan dapat menetapkan fokus dan prioritasnya dalam melayani nasabah. 
  • Bank BRI harus peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal baik perubahan permintaan dari konsumen maupun ancaman yang datang dari pesaing sehingga perusahaan bisa menetapkan rencana-rencana strategis untuk meningkatkan jumlah nasabah.

0 Response to "HASIL REVIEW JURNAL : ANALISIS SEGMENTATION, TARGETING DAN POSITIONING KARTU KREDIT (STUDI PADA PENGGUNA KARTU KREDIT BRI-TOUCH PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK (PERSERO) KANTOR WILAYAH MANADO)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel