Ide Bisnis yang Memungkinkan Untuk Dilaksanakan Sesuai Dengan Kemampuan & Peluang Usaha yang Menguntungkan Di Era Gigital Saat Ini

Beberapa Ide Bisnis yang Memungkinkan Untuk Dilaksanakan Sesuai Dengan Kemampuan yang Mimiliki 


1. Bidang Usaha Kuliner

Online BusinessBisnis kuliner adalah bidang usaha yang tidak ada matinya, dari bulan ke bulan hingga tahun ke tahun. 

Mengapa? karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepaskan. Tapi untuk bisa bertahan dalam bisnis kuliner diperlukan juga kreatifitas dan inovasi terus menurus. Semakin banyak kreatifitas tentang kuliner yang kamu punya, akan semakin banyak pula pelanggan yang selalu penasaran dengan menu kuliner yang kamu sajikan. 

Seperti apa peluang kuliner tersebut? Kamu bisa menjalankan seperti membuat makanan ringan, membuka catering, warung tenda, dll. Jangan lupa untuk konsisten dan jangan pernah pantang menyerah dalam menjalankan usaha kuliner ini. 

Jika menu makanan yang disajikan memiliki rasa yang nikmat, nama bisnis kamu akan pun akan menyebar dengan sendirinya. Bisnis kuliner sendiri memiliki beberapa kategori, mulai dari makanan ringan, minuman atau makanan pokok. Semua ini memiliki prospek yang bagus, tergantung bagaimana cara kamu mengemasnya. 

2. Usaha Bisnis Online 

Peluang bisnis terbaik lain sepanjang masa berkaitan dengan internet. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia merupakan potensi bisnis baru yang layak diperhitungkan. 

Bahkan dengan semenjak adanya Facebook dan Twitter menjadikan Indonesia termasuk pengguna internet lima besar didunia. Dengan adanya peluang bisnis online akan sangat baik jika dikembangkan pada jejaring sosial. Walaupun sudah ada Facebook dan situs lain, tapi situs yang bersifat lokal akan lebih mengerti akan keinginan penggunanya di Indonesia. 

Kamu pun bisa menjalankan bisnis tersebut. Seperti membuka toko fashion online, berjualan di bukalapak atau tokopedia, sebagai dropshipper, affiliate, atau jasa penulisan konten website dan lain-lain. 

3. Bisnis Perlengkapan Bayi dan Anak 

Peluang bisnis yang cukup menjanjikan serta memiliki prospek yang baik, tahan terhadap krisis ekonomi, permintaan yang selalu banyak dan yang pastinya bisa menambah penghasilan Anda. Bisnis perlengkapan bayi sangat erat hubungannya dengan jumlah kelahiran bayi yang semakin meningkat. 

Artinya selama masih ada bayi yang lahir maka peluang bisnis toko perlengkapan bayi ini pun akan terus bisa berjalan dengan baik. Maka, peluang untuk terjun bisnis dan berhasil di masa depan dalam Bisnis Perlengkapan Bayi masih sangat terbuka. 

4. Bidang Usaha Pariwisata 

Potensi Indonesia yang memiliki pariwisata tercantik didunia membuat pariwisata dari tahun ketahun terus meningkat. 

Dengan banyaknya para turis lokal maupun asing yang berwisata tentu akan menciptakan tenant-tenant baru untuk memenuhi kebutuhan turis selama berwisata tersebut. Maka, peluang untuk terjun bisnis dan berhasil di masa depan dalam pariwisata masih sangat terbuka. 

5. Usaha Bidang Tanaman Buah 

Kenapa budidaya dijadikan salah satu peluang bisnis yang awet? Alasannya sih sederhana, karena banyak sekali yang membutuhkan tapi sedikit saja yang melakukan. 

Kamu bisa melihat sendiri di kehidupan nyata, peminat tanaman buah sangatlah banyak. Sebaliknya, pembudidaya tanaman buah masih sangat sedikit karena memang butuh ketelatenan dan kesabaran untuk menjalankan bisnis ini. 

6. Bidang Pendidikan 

Pendidikan adalah modal utama bagi perkembangan setiap bangsa. Karena begitu pentingnya pendidikan bagi sebuah bangsa, dan ternyata sarana yang yang ada di Indonesia masih minim kamu bisa memanfaatkan peluang ini. 

Ada banyak sekali kategori dalam bisnis pendidikan yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya beberapa contoh usaha yang bisa dibuka seperti jasa les mata pelajaran tertentu, dll. Itulah beberapa prospek peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Pilih juga usaha yang menjanjikan di masa depan di bidang yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. 

7. Bidang Usaha Peternakan Sapi 

Menurut informasi, saat ini persediaan daging sapi sedang menipis. Padahal, banyak sekali restoran ataupun hotel yang membutuhkan pasokan daging sapi lebih dari biasanya. 

Tak tanggung-tanggung pemerintah pun akhirnya mencanangkan program swasembada daging yang diprediksikan tercapai di tahun 2020. Inilah kesempatan kamu yang gemar bergelut di bidang peternakan untuk membuka usaha peternakan sapi. 

8. Bidang Industri Kreatif 

Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan. Bisnis di bidang industri kreatif yang ada di Indonesia ternyata masih sedikit sehingga untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri masih saja mengandalkan impor dari China. 

Peluang usahanya sangat memungkinkan nih selama harganya dapat bersaing dengan produk china yang sangat terkenal murah. 

9. Bidang Usaha Properti 

Jumlah Penduduk dunia dari hari ke hari akan semakin bertambah. Begitu juga dengan Negara Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia. Dengan melihat jumlah manusia yang semakin meledak, kebutuhan tempat tinggal pun semakin meningkat. Di sinilah para pengembang bisnis properti harus bermain. 

Setidaknya sambil berbisnis, kamu pun menyumbangkan tempat tinggal layak huni di Indonesia. 

10. Bidang Fashion 

Sama seperti bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) merupakan jenis bisnis yang memiliki potensi besar untuk selalu dicari oleh banyak orang. Alasanya karena pakaian merupakan kebutuhan primer bagi manusia, dan manusia pun sekarang mempunyai banyak keinginan untuk model pakaianya. 

Bisnis fashion pun memiliki banyak kategori produk, seperti pakaian pria atau wanita, busana muslim, model korea dan lain-lain. 

11. Usaha Otomotif 

Di Indonesia perkembangan otomotif sangat pesat. Lihat saja kendaraan bermotor semakin hari semakin banyak, apalagi saat ini banyak sekali kemudahan yang ditawarkan untuk memiliki kendaraan bermotor seperti penawaran kredit, dll. 

Tentu saja hal seperti ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Usaha dalam bidang otomotif tidak perlu langsung besar yang penting adalah menguntungkan untuk jangka panjang. Beberapa jenis peluang usaha bidang otomotif misalnya jasa bengkel, menyediakan spare part, jasa cuci motor/mobil, dll. 


Peluang Usaha yang Menguntungkan Di Era Gigital Saat Ini 

1. Web Development 

Website saat ini sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis. Sebab, sekarang adalah eranya informasi, keterbukaan, dan kemudahan dalam komunikasi. 

Peluang Usaha Ada banyak manfaat memiliki website untuk sebuah bisnis, diantaranya meningkatkan kredibilitas, memperkenalkan profil, media promosi, media komunikasi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, peluang untuk membuat usaha web developer saat ini sangat tepat, banyak orang yang membutuhkan mulai dari kelas pribadi, kelas bisnis, hingga kelas korporat. 

2. Startup 

Startup adalah istilah bagi seseorang yang baru merintis usaha dalam bidang digital. Untuk membangun sebuah startup, Anda hanya membutuhkan konsep yang matang saja. Jika Anda tidak bisa masalah pemrograman, desain, konten marketing, pemasaran, dan SEO, Anda bisa melemparkan ke orang lain yang lebih berpengalaman. 

Tetapi jika Anda mampu, Anda bisa melakukannya sendiri. Kemampuan utama yang harus dimiliki sebelum membuat startup yaitu pengelolaan sumber daya manusia. Contoh saja Facebook yang dulunya hanya startup kecil, kini sudah menjelma menjadi salah satu raksasa di dunia dan digunakan oleh banyak orang. 

3. Desain Grafis 

Jasa desain grafis juga memiliki peluang yang besar. Tidak semua orang bisa melakukan desain walaupun sudah mempunyai aplikasinya. Harga jual untuk sebuah desain juga cukup besar tergantung skill dari desainernya. 

Tips agar sering mendapat klien, Anda harus memiliki banyak portfolio, tujuannya agar klien mengetahui hasil desain yang pernah Anda buat dan lebih mudah menawarkan harga kepada klien. Anda bisa mencari klien di beberapa website terkenal seperti 99designs.com, Fiverr, Sribulancer, dan lainnya. 

4. Penulis Artikel 

Bagi Anda yang hobi menulis, tidak ada salahnya Anda menyalurkan hobi Anda menjadi pundi-pundi rupiah. Pekerjaan menulis ini merupakan salah satu dari ide peluang usaha bidang IT paling mudah dilakukan. Apalagi jika Anda memahami masalah SEO, maka nilai artikel Anda akan dihargai lebih. 

Anda bisa menawarkan keahlian menulis Anda di forum-forum atau bergabung dengan perusahaan penulis konten. 

5. SEO 

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara bagaimana menaikan website Anda berada di halaman pertama pencarian Google sehingga banyak pengunjung yang datang pada website Anda. 

Ilmu SEO ini masih jarang yang menguasainya, masih terbuka lebar peluang untuk membuat usaha di bidang SEO ini. Apalagi biaya dari jasa SEO ini tergolong mahal, terutama pada website yang memiliki persaingan berat. 

6. Aplikasi Mobile 

Perkembangan aplikasi mobile dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, dari tahun ke tahun perkembangannya sangat signifikan. Apalagi ditambah dengan maraknya smartphone yang membuat aplikasi mobile menjadi salah satu peluang bidang IT yang sangat menggiurkan. 

Aplikasi mobile yang paling banyak di-download menurut data di urutan pertama adalah kategori Games (21,69%), urutan kedua kategori Education and Reference (14,6%), urutan ketiga kategori Business and Productifity (13,90%).

Dari data tersebut menyebutkan bahwa games adalah aplikasi yang paling laku dan diminati saat ini, sehingga ini menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha di bidang IT yang tepat. 

7. Software 

Jika aplikasi lebih cenderung ke mobile/smartphone, maka untuk software ini cenderung ke perangkat komputer. Software adalah perangkat lunak yang isinya dari bahasa pemrograman tertentu yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. 

Jika Anda memiliki kemampuan coding yang baik, maka mendirikan usaha software house developer adalah pilihan yang tepat. Selain pasarnya masih luas, harga setiap software yang dijual biasanya memiliki harga yang mahal, sehingga masih sangat prospek untuk kedepannya. 

8. Blogger 

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, maka blogger adalah salah satu peluang usaha yang tepat untuk Anda. Anda bisa membuat blog dengan niche sesuai yang Anda kuasai. Selain kemampuan menulis, Anda harus mengerti tentang urusan domain, hosting, dan SEO agar blog Anda bisa bersaing dengan blog lain di Internet. 

Untuk bisa mendapatkan penghasilan, Anda bisa melakukan monetisasi (mengubah dan mengelola) blog yang Anda miliki dengan PPC Adsense, mengikuti program afiliasi, menjual slot iklan, paid to review, dan masih banyak model monetisasi lainnya. 

9. Social Media Consulting 

Social media saat ini banyak sekali jenisnya, jika dulu hanya ada Friendster, maka sekarang sudah ada Facebook, Instagram, Line, Twitter, Tumblr, Path, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan peluang dari banyaknya jenis social media yang ada dengan menjadi konsultan social media. 

Anda bisa menawarkan jasa untuk mengoptimalkan social media untuk berbisnis, sarana promosi, membangun brand, menambah jumlah follower/teman dan masih banyak lainnya. 

10. IT Solution 

IT solution adalah bidang usaha yang bergerak di bidang jasa atau penjualan alat-alat IT. Contoh usahanya seperti pemasangan CCTV, alarm keamanan, jasa service perangkat IT, penjualan software, dan lainnya. Jika Anda dapat menjalankan usaha IT solution ini keuntungannya cukup besar karena saat ini masih banyak orang yang membutuhkan jasa IT. 

Demikian pembahasan mengenai 10 ide peluang usaha bidang IT yang paling menguntungkan. Pilihlah salah satu bidang yang sesuai dengan passion Anda dan tekuni usaha tersebut hingga menghasilkan keuntungan yang maksimal. Dan perlu diingat untuk masalah pengelolaan keuangan, Anda haruslah dikelola secara baik dan benar. 

Dengan pengelolaan keuangan yang baik dan benar akan menjadikan usaha Anda bisa terus berkembang. Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan cepat, simpel, aman, dan data disajikan secara realtime.

0 Response to "Ide Bisnis yang Memungkinkan Untuk Dilaksanakan Sesuai Dengan Kemampuan & Peluang Usaha yang Menguntungkan Di Era Gigital Saat Ini "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel