Merancang dan Mengelola Organisasi yang Peka Terhadap Perubahan

1. Merancang dan Mengelola Organisasi yang Peka Terhadap Perubahan

Merancang dan Mengelola Organisasi
Pengembangan organisasi adalah pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektivitas perusahaan. Meskipun berbagai teknik banyak digunakan, pada prosesnya sering melibatkan tahapan yang ditunjukkan seperti berikut: 

Penemuan Masalah, 

Ketika mencari bantuan dari ahli organisasi biasanya dimulai dengan penyajian masalah - masalah yang telah menyebabkan mereka untuk mempertimbangkan proses organisasi. Selain itu suatu organisasi tidak hanya dimulai ketika adanya masalah, melainkan karena adanya tujuan untuk mengembangkan organisasi tersebut.

Diagnosa Organisasi, 

Diagnosis adalah proses memahami bagaimana organisasi saat ini berfungsi dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk merancang intervensi perubahan. Hal ini melibatkan pengumpulan informasi, menganalisis data – data dan menarik kesimpulan untuk perubahan potensial dan perbaikan. 

Umpan Balik, 

Umpan balik adalah informasi mengenai hasil output dari sistem. Namun, tidak semua informasi hasil output tersebut adalah umpan balik. 

Pengembangan Strategi Perubahan, 

Tahap ini adalah tahap dimana suatu organisasi mulai melebarkan sayapnya. Adanya umpan balik yang di dapatkan dapat mempermudah suatu organisasi tersebut untuk berkembang. 

Campur Tangan, 

Adalah keadaan dimana suatu organisasi membutuhkan bantuan dari seseorang atau kelompok yang lain. 

Pengukuran dan Penilaian, 

Pengukuran dan penilaian ini sama halnya dengan kegiatan evaluasi dari mulai adanya permasalahan kemudian berlanjut hingga campur tangan dan kemudian pengukuran dan penilaian.
Meskipun ada tiga tahap yang melengkapi siklus pengembangan organisasi, namun upaya tidak berakhir sampai disini. Sebaliknya pengembangan organisasi menjadi berkelanjutan pada sebuah proses yang terencana, sistematis, dan berfokus pada perubahan yang bertujuan untuk membuat perusahaan atau organisasi lebih efektif. 

Sensitivity training pelatihan kepekaan, atau disebut T-group, Training group, pelatihan kelompok untuk mengubah perilaku melalui interaksi kelompok yang terstruktur. Tujuan pelatihan kepekaan: 
  • Membuat peserta lebih sadar dan peka terhadap reaksi emosional dan ekspresi dalam diri mereka sendiri dan orang lain. 
  • Meningkatkan kemampuan peserta untuk memahami dan belajar atas konsekuensi dari tindakan mereka melalui perhatian untuk mereka sendiri dan perasaan orang lain. 
  • Merangsang klari-ikasi dan pengembangan nilai1nilai pribadi dan tujuan yang 
  • sesuai dengan pendekatan demokratis dan sains untuk masalah keputusan sosial dan personal serta tindakan. 

2. Mempersiapkan Organisasi yang Peka Terhadap Lingkungan 

Organisasi yang menyadari keadaan dinamis ini akan lebih peka terhadap segala perubahan yang terjadi di luar organisasi dibandingkan dengan organisasi yang acuh tak acuh terhadap perubahan lingkungan. 

Dengan kepekaan tersebut, organisasi tidak hanya akan lebih cepat mengadakan reaksi, tetapi juga melakukan antisipasi untuk menyesuaikan tujuan, strategi, kebijaksanaan, taktik serta desain dan struktur organisasinya pada situasi yang berubah. Organisasi yang baik adalah organisasi yang melihat ke depan dan mempersiapkan untuk itu.

Organisasi harus melakukan frorecast dan estimasi situasi lingkungan, agar lebih cepat tanggap dan dapat bersiap - siap sebelumnya terhadap perubahan lingkungan. Suatu cara penting untuk menghadapi keadaan diatas adalah mengembangkan dan melatih para menajer. Agar mereka mampu utuk mengatasi berbagai masalah, permintaan, tuntutan, dan tantangan baru. 

- Menghayati kebutuhan Pengembangan dalam Mempersiapkan Sumber Daya 

Program latihan dan pengembangan perlu dilakukan analisis terhadap organisasi itu sendiri, analisis jabatan dan analisis tenaga kerja agar dapat ditentukan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam program latihan dan pengembangan. 

Analisis terhadap organisasi, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Ini dapat menimbulkan kemungkinan timbulnya perbedaan, karena adanya satu bahasa di antara para anggota. 

Analisis tenaga kerja juga perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan hasil kerja karakaryawan ada saat ini, sehingga apabila nantinya diperlukan penyesuaian organisasi dan tugas1tugas karena perubahan teknologi, dan lain – lain, organisasi sudah siap dengan program latihan dan pengembangan untuk mengupgrade kemampuan anggota. 

Jadi dengan program latihan dan pengembangan organisasi dapat meningkatkan kemampuan para anggotanya. Ini kemungkinan karena melalui program latihan dan pengembangan kita dapat mengharapkan terjadinya: 
  • Pengalihan informasi 
  • Pengembangan sikap 
  • Penambahan kemampuan 
Dengan pemberian kesempatan latihan dan pengembangan organisasi akan dapat memotivasi para anggotanya untuk selalu menyesuaikan diri dengan tujuan organisasi, dan mendorong mereka untuk selalu memberi umpan balik dan membiasakan diri menerapkan pengetahuan teoritis dan praktis yang doperoleh dalam pengembangan dan latihan. 

- Berbagai Penyebab Kegagalan Pengembangan Manajemen 

Berikut akan dibicarakan beberapa masalah yang sering dijumpai agar dapat dihindari kesalahan - kesalahan yang memakan biaya : 
  • Berbagai upaya pengembangan mungkin tidak mendukung pencapaian tujuan - tujuan organisasi 
  • Upaya pengembangan mungkin menekankan pada program bukan hasil 
  • Pengembangan hanya diperuntukan bagi karyawan - karyawan tertentu. 
- Dasar Pemikiran Pendekatan Teori Manajemen Operasional Pada Latihan dan Pengembangan 

Pendekatan ini didasarkan pada anggapan-anggapan sebagai berikut : 
  • Para manajer puncak harus secara aktif mendukung program 
  • Latihan dan pengembangan harus melibatkan para manajer pada semua tingkatan 
  • Kebutuhan - kebutuhan latihan dan pengembangan bervariasi 
  • Kebutuhan - kebutuhan latihan dan pengembangan menentukan metoda - metoda 
  • Teori dan praktek harus dipadukan

0 Response to "Merancang dan Mengelola Organisasi yang Peka Terhadap Perubahan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel