Pengertian Analisis Lingkungan Usaha dan Langkah - Langkah dalam Memulai Usaha

Pengertian Analisis Lingkungan Usaha

Analisis Lingkungan usaha adalah keseluruhan dari aspek-aspek atau hal-hal sertakeadaan external lembaga usaha atau industri yang dapat mempengaruhi kegiatan bisnis atau kinerja usaha. 

Lingkungan UsahaDalam hal ini, lingkungan dapat diartiken sebagaigambaran konsep secara keseluruhan terhadap lingkungan luar atau external. Kondisi tersebut nantinya dapat mempengaruhi kinerja dalam menjalankan bisnis(usaha).

Segala sesuatu yang mempengaruhi aktifitas usaha dalam melaksanakan analisis lingkungan dapat dilihat dari analisis situasi dan analisis diri. 

Analisis situasi lebih cenderung pada lingkungan eksternal yaitu kondisi lingkungandimana akan diselenggarakan usaha tersebut, dan Analisis diri lebih menganlisis pengenalan kemampuan usaha sendiri dan sumberdaya yang dimiliki. 

Pemetaan lingkungan eksternal dan internal tersebut dapat menunjukkan seberapa besar kekuatan yang merupakan peluang dan juga kelemahan yang akan mengancam pengembangan praktik.

Terdapat perbedaan yang cukup mendasar antara studi kelayakan dan analisis lingkungan usaha. Studi kelayakan lebih menekankan pada aspek kelayakan secara ekonomi dan social,dimana hasil penilaiannya digunakan untuk melihatapakah usaha tersebut layak dilakukan. 

Sedangkan analisis lingkungan dilakukansetelah suatu usaha dipastikan dapat diwujudkan dan dianggap layak secara socialekonomis. Pelaksanaan dan penilaian analisi lingkungan usaha digunakan untukmemposisikan dimana letak praktik tersebut.


Langkah - Langkah dalam Memulai Usaha

Memulai UsahaDalam memulai usaha kita harus terlebih dahulu melakukan surveiketempat usaha yang akan menjadi tempat pemasaran produk yang akan di jual.

Hal ini penting untuk kita ketahui berapa besar peluang usha yang akan kita jualkan. Pertama-tama yang harus survey terlebih dahulu yaitu:


A. Lingkungan Mikro

Tingkat PersainganSurvei di lapangan bermanfaat untuk melihat tingkat persainganusaha yang akan kita jualkan. 

Seberapa banyak orang yang sudah menjalani usaha tersebut, di samping itu kita harus mencari informasi bagaimana kualitas dan ciri kas produk, prosedur pelayan, dan harga yang merekatawarkan. Dengan begitu kita akan memiliki strategi bersaing dengan para pengusaha yang sejenis.

- Lokasi yang Strategis 

Survei tempat atau lokasi juga perlu kita lakukan untuk mengetahuidimana kira-kira yang sesuai dengan bisnis yang akan kita jalani. Olehkarena itu pemilihan lokasi usaha wajib untuk kita lakukan jika ingin usahayang kita jalani berjalan dengan lancer.

- Prilaku Konsumen

Prilaku konsumen juga perlu kita perhatikan, sebisa mungkin jenisusaha yang kita tawarkan memiliki banyak peminat dan daya beli yang tinggidari konsumen. Sebagus apapun usaha yang kita jalani jika daya belikonsumen sangat minim akan mempengaruhi bisnis yang akan kita jalani. 

Sama halnya dengan minat konsumen jika hanya segelintir orang yangmembeli produk yang akan kita tawarkan, maka kita harus bersiap-siap untukgulung tikar.

B. Lingkungan Makro

Lingkungan makro adalah kekuatan - kekuatan yang timbul dan beradadari luar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasi perusahaan,lingkungan makro terdiri dari :

- Faktor Ekonomi 

Faktor ekonomi mengacu pada sifat, cara dan arah perekonomiandimana suatu perusahaan akan / sedang berkompetisi. Indikator dari kesehatan perekonomian suatu negara antara lain adalah tingkat inflasi, tingkat suku bunga, defisit atau surplus perdagangan tingkat tabungan pribadi dan bisnis,serta produk domestic bruto

- Faktor sosial

Faktor sosial yang mempengaruhi suatu perusahaan mencakupkeyakinan, nilai, sikap, opini yang berkembang, dan gaya hidup dari orang-orang dilingkungan mana orang beroperasi. Faktor-faktor ini biasanyadikembang kan dari kondisi kultural, ekologis, pendidikan dan kondisi etnis.

- Faktor Teknologi

Teknologi adalah pengetahuan, peralatan, dan teknik yang digunakanuntuk mengubah bentuk masukan (input) menjadi keluaran (output). Sehingga perubahan dalam teknologi dapat membantu perusahaan menyediakan produkyang lebih baik atau menghasilkan produknya dengan lebih efisien. 

Akan tetapi prubahan teknologi juga dapat memberikan suatu ancaman bagi perusahaan-perusahaan tradisional. Contohnya perusahaan fotocopy padaawalnya memberi ancaman bagi perusahaan kertas karbon.

- Faktor Politik Hukum

Komponen politik/hukum adalah undang-undang, peraturan, danKeputusan pemerintah yang mengatur perilaku usaha. Komponen politik/hukum ini dalam suatu periode waktu tertentu akan menentukanoperasi perusahaan. 

Sehingga manajer tidak mungkin mengabaikan iklim politik dan hukum-hukum maupun peraturan yang ada di suatu negara,seperti perlakuan yang adil dalam pembayaran gaji harus sesuai dengan upahminimum yang ditetapkan pemerintah.

- Faktor Sosial Budaya

Komponen sosial budaya merujuk kepada karakteristik demografiserta perilaku, sikap, dan norma-norma umum dari penduduk dalam suatu masyarakat tertentu. 

Pertama, perubahan karakteristik demografi seperti, jumlah penduduk dengan keterampilan khusus, pertumbuhan atau pengurangan dari golongan populasi tertentu, mempengaruhi cara perusahaanmenjalankan usahanya. 

Kedua, perubahan sosial budaya dalam perilaku,sikap, dan norma-norma juga mempengaruhi permintaan akan produk dan jasasuatu usaha.

0 Response to "Pengertian Analisis Lingkungan Usaha dan Langkah - Langkah dalam Memulai Usaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel