PENGERTIAN BUSINESS PLAN, START UP BUSINESS DAN EXPANDING

PENGERTIAN BUSINESS PLAN

Business Plan merupakan salah satu bagian terpenting dalam berwirausaha, pemahaman akan pengertian Business Plan yang benar bersifat sangat krusial. Agar perusahaan berjalan pada jalan yang benar maka seorang wirausaha harus menyusun Business Plan. 

Business plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat misi dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan atau permodalan, susunan para pemilik dan manajemen serta bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya.

Kadangkala, banyak sekali perencanaan bisnis tidak sesuai hasilnya dengan kenyataan setelah operasional. Hal itu sangat mungkin terjadi dan tidak dapat disalahkan karena parameter ekonomi di real market (pasar yang nyata) sangat sulit diduga dan selalu berubah-ubah. 

Ketika suatu bisnis mendapatkan hasil yang menyimpang dengan perencanaannya, maka diperlukan komitmen yang kuat dari wirausahanya agar bisnis tersebut tetap berjalan. Secara ringkas, berikut ini adalah 5 (lima) alasan mengapa business plan harus dibuat dengan baik, yaitu :
  • Busines merupakan satu blueprint, yang akan diikuti dalam operasional bisnis. Ini menolong kita tetap kreatif konsentrasi pada tujuan yang telah ditetapkan.
  • Business Plan merupakan alat untuk mencari dana, sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam berbisnis.
  • Business Plan adalah sarana komunikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, dan penyandang dana. Business plan akan membuat mereka mengerti tujuan dan cara operasional suatu bisnis.
  • Rencana bisnis akan mempermudah kita menjalankan usaha dengan mengetahui langkah-langkah praktis menghadapi persaingan, membuat promosi, sehingga lebih efektif.
  • Membuat pengawasan lebih mudah dalam operasionalnya, apakah mengikuti atau sesuai dengan rencana atau tidak.

Baca Juga Artikel Terbaru  : 

PENGERTIAN START UP BUSINESS

Istilah "startup" sendiri adalah serapan dari bahasa inggris yang menunjukan sebuah bisnis yang baru dirintis. Menurut sumber informasi dari Wikipedia, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

strat-upPerusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang. Namun, bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang akhir tahun 90-an hingga saat ini.

Perkembangan Bisnis Startup Di Indonesia

Untuk di Indonesia sendiri perkembangannya cukup bagus dan mengembirakan. Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup. 

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi serta Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. 

Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Di Indonesia, karena perkembangan dunia internet yang sangat pesat membuat bisnis startup ini semakin banyak bermunculan, bahkan startup lokal sudah mencapai ribuan dan akan terus berkembang dan bertambah. 

Istilah bisnis startup ini sudah ada sejak akhir tahun 90-an, dan salah satu contoh startup lokal yang sudah dikenal dan sukses salah satunya yaitu kaskus. Selain kaskus, contoh lain dari startup local yang sekarang ini tengah populer diantaranya adalah :

- BukaLapak

Bukalapak saat ini menjadi salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia, didirikan oleh Achmad Zaky yang berasal dari Sragen Jawa Timur. Salah satu layanan yang membuat startup ini disukai adalah adanya sistim pembayaran yang aman dalam bertransaksi, dimana pembayaran dari pembeli tidak akan langsung diterima penjual, melainkan ditampung sementara oleh pihak bukalapak, setelah barang di terima dengan baik, barulah penjual bisa melakukan pencairan

- Gojek

Gojek adalah salah satu startup Indonesia yang pertumbuhannya paling cepat dan paling populer. Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim Bidang utamanya bergerak di bisnis transportasi dan jasa kurir. 

Visi gojek yaitu membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Indonesia kedepannya

- Tiket.com

Tiket.com adalah sebuah startup yang menawarkan jasa pembelian tiket secara online dengan mudah. Didirikan pada tahun 2011, kini tiket.com mulai berencana mengembangkan bisnisnya hingga keluar Indonesia, diantaranya Hongkong, Australia, Malaysia sampai China.

EXPANDING

Ekspansi bisnis atau sering disebut juga dengan perluasan perusahaan adalah aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha, baik dibidang usaha sejenis seperti membuka cabang ataupun diversifikasi kebidang yang lain. Hal ini diperlukan sebuah perusahaan untuk mencapai efisiensi, menjadi lebih kompetitif serta untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan.

expandingPengertian ekspansi menurut Bambang Riyanto, menerangkan bahwa “Ekspansi dimaksudkan sebagai perluasan modal, baik perluasan modal kerja saja, atau modal kerja dan modal tetap, yang digunakan secara tetap dan terus-menerus didalam perusahaan”.Ekspansi perusahaan di sebut juga dengan perluasan perusahaan. 

hal ini diperlukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai efisiensi, menjadi lebih kompetitif, serta untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan. Ekspansi adalah memperbesar perusahaan baik dengan jalan mendirikan usaha baru dengan produk baru ataupun produk yang sudah ada ditempat lain ataupun juga meningkatkan produksi barang yang telah diproduksi.

0 Response to "PENGERTIAN BUSINESS PLAN, START UP BUSINESS DAN EXPANDING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel