Pengertian Blue Ocean Strategi, Inovasi Nilai, Kanvas Strategi dan Alat Analisis Blue Ocean Strategi

Pengertian Blue Ocean Strategi

Blue Ocean Strategy merupakan metode yang digunakan untuk menciptakan pasar baru, ketika pasar tersebut sudah mengalami kejenuhan atau dengan kata lain tidak ada pangsa pasar yang lebih yang didapat diambil di pasar tersebut. 

Strategi samudera biru, atau dalam bahasa Inggris, Blue Ocean Strategy, adalah strategi yang menjadikan perusahaan untuk keluar dari samudra merah atau biasa disebut Red Ocean merupakan bisnis yang banyak persaingan dengan cara membuat inovasi baru atau menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, dengan demikian kompetisi yang sengit akan tidak ada karena kita menjadi pioner. 

Strategi samudra biru berfokus pada meningkatkan permintaan dan menghindari dari kompetensi dengan membuat suatu nilai dan keunikan yang berbeda, Strategi bisnis samudera biru merupakan pangsa pasar menguntungkan.

Inovasi Nilai

Melalui inovasi nilai strategi samudra biru, yang merupakan suatu hasil kerja dalam memproduksi barang atau jasa setinggi mungkin melekat perbedaan dalam suatu nilai gagasan dalam industri, dibanding pesaing dan secara bersamaan pula dapat mendobrak pertukaran nilai- biaya tanpa mengurangi keuntungan perusahaan, tetapi meningkatkan laba perusahaan secara berkesinambungan, dengan memadukan keseluruhan sistem kegiatan dalam mengejar diverensiasi dan biaya rendah.

Alat Analisis Blue Ocean Strategi

Keberhasilan dari strategi samudra biru tidak terlepas dari uji litmus yang bisa dijelaskan dengan mudah terhadap produk atau jasa yang akan dibawa oleh perusahaan keluar dari persaingan gontok-gontokan atau samudra merah. Uji litmus dari strategi samudra biru dapat digambar melalui penggambaran secara grafis yang disebut Kanvas Strategi.

Baca Juga Artikel Terbaru :

Kanvas Strategi

Untuk dapat menciptakan/menemukan suatu inovasi nilai dalam bisnis kita kita harus menangkap dan membandingkan dengan kompetitor di industri kita mengenai titik persaingan dalam industri, elemen-elemen yang belum ditawarkan dan yang sudah ditawarkan dalam industri sehingga akhirnya tercipta inovasi nilai (Value Inovation), dan untuk dapat memetakan hal-hal tersebut di atas maka digunakan kanvas strategi (Strategy Canvass).

Kanvas strategi adalah kerangka aksi sekaligus diagnosis untuk membuat samudera biru yang baik yang fungsinya adalah untuk merangkum situasi terkini dalam ruang pasar yang sudah dikenal.

Lalu timbul pertanyaan bagaimanakah menciptakan Inovasi nilai dalam strategi kita? 

Inovasi nilai diciptakan dalam wilayah di mana tindakan perusahaan secara positif mempengaruhi struktur biaya dan tawaran nilai bagi pembeli. Penghematan biaya dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Menghilangkan dan mengurangi faktor-faktor yang menjadi titik persaingan dalam industri.

2. Nilai pembeli ditingkatkan dengan menambah dan menciptakan elemen-elemen yang belum ditawarkan industri.

3. Dalam perjalanannya, biaya berkurang lebih jauh ketika ekonomi skala bekerja setelah terjadi volume penjualan tinggi akibat nilai unggul yang diciptakan.

4. Tiga tingkatan produk:
  • Produk Inti: merupakan manfaat inti untuk pemecahan masalah yang dicari konsumen ketika mereka membeli produk atau jasa.
  • Produk Aktual: memiliki lima karakteristik antara lain tingkat kualitas, fitur, rancangan, nama merek, dan kemasan.
  • Produk Tambahan: penawaran jasa dan manfaat tambahan bagi konsumen
5. Kurva nilai, komponen dasar dari kanvas strategi.

Kurva nilai menggambarkan grafis mengenai kinerja relatif perusahaan berkenaan dengan faktor faktor kompetisi dalam industri. 

Untuk mengubah secara fundamental kanvas strategi suatu industri, Anda harus memulai dengan mengarahkan kembali fokus strategi dari pesaing ke alternatif, dan dari konsumen ke non konsumen industri tersebut.

0 Response to "Pengertian Blue Ocean Strategi, Inovasi Nilai, Kanvas Strategi dan Alat Analisis Blue Ocean Strategi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel