Pengertian Sistem informasi akuntansi dan Peranan Sistem Infomasi Akuntansi Dalam Pemecahan Masalah

Pengertian Sistem informasi akuntansi

Sistem informasi akuntansi sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun, karena mengandung sebuah proses untuk melaporkan kondisi keuangan perusahaan secara akurat dan benar untuk semua pihak yang membutuhkan. Proses tersebut berkaitan dengan teknologi informasi untuk memajukan usaha atau bisnis.

Pengertian Sistem informasi akuntansi
Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai formulir, catatan dan laporan yang telah disusun dan menghasilkan suatu informasi keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan demikian manajemen perusahaan dapat melihat keuangan dengan jelas melalui sistem tersebut. Selain itu, manajemen juga dapat mengontrol kinerja dari sistem yang digunakan.

Baca Juga Artikel Sebelumnya : 
Peranan Sistem Infomasi Akuntansi Dalam Pemecahan Masalah 

Peranan sistem infomasi akuntansi sangat penting dalam pemecahan masalah, Karena SIA merupaka sistem pengolahan data yang ditandai oleh volume data yang lebih besar dibandingkan informasi, maka tampaknya SIA dapat memberi sedikit kontribusi pada pemecahan masalah. Hal ini menyesatkan, karena ada dua alasan. Pertama, SIA menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar. 

Laporan ini sangat berharga dalam area keuangan dan pada tingkat manajemen puncak. Kedua, dan yang lebih penting, SIA menyediakan database yang kaya yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah. Database menyediakan banyak input bagi subsistem CBIS lain terutama SIM dan DSS, dan sedikit bagi system berbasis pengetahuan. 

Pengolahan data merupakan dasar bagi system – system pemecahan masalah yang lain. Langkah pertama dalam menyediakan dukungan computer bagi pemecahan masalah untuk manajer adalah dengan menerapkan SIA yang baik. 

Sistem informasi akuntansi merupakan bagian fundamental dalam pendidikan akuntansi. Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan perubahan lingkungan bisnis, seorang akuntan dituntut untuk memiliki pengetahuan solid tentang tiga konsep, yaitu; 
  • Penggunaan informasi dalam proses pembuatan keputusan (decision making); 
  • Sifat, perancangan, penggunaan, implementasi sebuah sistem informasi akuntansi; 
  • Pelaporan akuntansi keuangan. 
Dari ketiga konsep diatas, sistem informasi akuntansi memiliki peran dalam hal: 
  • Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan 
  • Meningkatkan efisiensi dalam pengolahan informasi akuntansi 
  • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan 
  • Meningkatkan sharing knowledge 
  • Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan 
  • Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.

0 Response to "Pengertian Sistem informasi akuntansi dan Peranan Sistem Infomasi Akuntansi Dalam Pemecahan Masalah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel