Konsep Dasar dan Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen



Setidaknhya, konsep sistem informasi manajemen tidak lepas dari hal hal yang berhubungan dengan informasi, sistem, pengorganisasian, manusia, dan pengambilan keputusan. Masing masing hal tersebut saling terkait satu sama lain.


Konsep Dasar dan Fungsi Sistem Informasi ManajemenManajemen sendiri mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan, dan lain-lain, dalam suatu organisasi. Sedangkan, informasi dalam satu organisasi adalah data yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai dan arti bagi organisasi.


1. Konsep Informasi

Informasi merupakan hasil dari sistem informasi manajemen. Informasi berasal dari kumpulan data data mentah yang berasal dari internal ataupun eksternal perusahaan yang kemudian diolah, diproses oleh sistem sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

Informasi yang dihasilkan harus informasi yang berkualitas, berguna dan memiliki manfaat yang maksimal bagi penggunanya. Jika informasi tidak berkualitas, maka informasi tersebut tidak akan banyak membantu pengguna khususnya dalam pengambilan keputusan.

Informasi yang berguna adalah informasi yang relevan, akurat dan disajikan tepat waktu. Selain itu informasi juga harus bisa dibandingkan dengan informasi yang lain yang sejenis, bisa dipertanggungjawabkan.

2. Konsep Manusia

Manusia adalah pihak yang merancang, mendesain, membangun, mengoperasionalkan dan yang menggunakan hasil dari sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen tentu dirancang khusus sedemikian rupa oleh manusia sehingga sistem tersebut bisa membantu mereka menghasilkan apa yang mereka butuhkan. Yaitu informasi.

Manusia juga yang bertugas menjalankan sistem agar bisa beroperasional, bisa mengumpulkan dan mengolah data. Hasilnya akan dinikmati oleh manusia juga. Tentu saja akan dibutuhkan banyak manusia yang terlibat dalam merancang hingga menjalankan sistem informasi manajemen. Masing masing manusia memiliki tugasnya sendiri sendiri yang terhubung dan saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. 

Baca Juga Artikel Terbaru :

3. Konsep Sistem

Sistem merupakan gabungan elemen/komponen atau subsistem yang menjalankan tugasnya masing masing yang saling terintegrasi, saling terhubung satu dengan yang lain sehingga membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan satu tujuan.

Subsistem subsistem atau elemen sistem ini akan melakukan tugasnya masing masing dalam satu rancangan besar sebuah sistem. Ada subsistem yang bertugas mengumpulkan data, ada sistem lain yang mengolahnya, kemudia sistem lain menyempurnakannya hingga menghasilkan sebuah informasi yang berguna bagi para pemakainya.

4. Konsep Organisasi Manajemen

Sesuai namanya, sistem informasi manajemen berada dalam lingkup organisasi manajemen perusahaan. Sebuah perusahaan tentu memiliki tujuan. Salah satu tujuannya adalah menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin, meningkatkan kemakmuran pemiliknya. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, dibentuklah organisasi manajemen untuk menjalankan operasional perusahaan.

Manajemen akan mengelola perusahaan untuk mencapai tujuan. Manajemen akan memaksimalkan fungsinya seperti merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengendalikan operasional perusahaan. Dalam perjalannya, manajemen akan membutuhkan sistem informasi manajemen untuk membantu tugasnya.

Manajemen membutuhkan informasi untuk melaksanakan tugasnya, maka sistem informasi manajemen akan menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk semua elemen organisasi manajemen, mulai dari lapisan bawah hingga manajemen lapisan puncak.

5. Konsep Pengambilan Keputusan

Tujuan utama sistem informasi manajemen adalah menghasilkan informasi, terlepas bagaimana cara sistem tersebut bekerja untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Konsep pengambilan keputusan adalah konsep yang memanfaatkan informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi manajemen untuk dijadikan dasar, bahan, atau pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


Misalnya, manajemen keuangan akan merencanakan melakukan efisiensi biaya, penghematan terhadap pengeluaran yang mungkin masih bisa ditunda, bisa dihilangkan atau tidak menghasilkan keuntungan yang sepadan.

Untuk melakukannya, manajemen keuangan memerlukan informasi mengenai bagian pengeluaran yang mana yang harus dilakukan penghematan. Pos pos mana yang bisa ditunda pengeluarannya, pengeluaran seperti apa yang tidak bermanfaat, atau pos mana yang manfaatnya terlalu kecil daripada baiya yang dikeluarkan.

Sistem informasi manajemen akan membantu manajemen keuangan tersebut untuk mendapatkan informasi mengenai hal hal tersebut. Dengan informasi, manajemen keuangan akan mengambil keputusan yang terarah, tidak akan salah, atau meminimalkan kesalahan dalam melakukan efisiensi pengeluaran.

Fungsi Manajemen Sistem Informasi

Management information system memiliki fungsi utama yang harus bermanfaat dalam operasional suatu organisasi, diantarannya:

  • Mempermudah manajer untuk merencanakan, mengawasi, mengarahkan dan mendelegasikan pekerjaan kepada semua anggota tim melalui hubungan satu komando atau koordinasi.

  • Data yang tersaji menjadi lebih efektif dan efisien serta lebih akurat dan tepat waktu.

  • Dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas namun menurunkan biaya organisasi.

  • Melalui sistem kerja yang terkoordinir dengan baik dan sistematis dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

0 Response to "Konsep Dasar dan Fungsi Sistem Informasi Manajemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel