Pengertian Pemasaran dan Konsep-Konsep Pemasaran Dalam Ilmu Pengantar Bisnis

Pengertian Pemasaran
Pengertian Pemasaran

Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan pertukaran sesuatu barang atau jasa dengan pihak lain. Misalkan saja, seorang tenaga kerja mempertukarkan tenaganya dengan uang/penghasilan  dan kemudia menggunakan penghasilan tersebut untuk membeli barang/jasa yang diinginkan.

Suatu perusahaan mempertukarkan barang dan jasa dengan pendapatan, kemudia menggunakan pendapatan itu untuk membeli bahan baku, mesin atau alat produksi yang lain. Untuk mempertahanka kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan memperoleh keutungan, perusahaan harus melakukan salah satu fungsi pokok yaitu pemasaran.

- Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Jadi di sini tugas manajer pemasaran yaitu memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapata membantu dalam pencapaian tujuan perusahaan. Untuk kegiatan yang sifatnya rutin, manajer pemasaran dapat mendelegasikan keputusan-keputusannya kepada staf atau bawahannya.

- Manajemen Pemasaran adalah, analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan bagi pembeli sasaran (Target Buyer) dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasinya.

Jadi, manajemen pemasaran berusaha untuk mempengaruhi tingkat pemilihan waktu dan sifat permintaan sedemikian rupa sehingga membantu organisasi dalam usaha mencapai tujuan. Singkatnya, manajemen pemasaran adalah manajemen permintaan (Demand Management).

Konsep-Konsep Dalam Pemasaran

Kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan harus diorganisasikan secara terpadu serta memerlukan suatu pelaksanaan manajemen pemasaran yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dan kesejahtraan lingkungan. Untuk mendukung kegiatan pemasaran tersebut, secara umum terdapat 5 (lima)konsep pemasaran yaitu:

1. Konsep Produksi (The Prodution Concept)

Konsep ini menyatakan, bahwakonsumen akan menyukai produk yang tersedia, selaras dengan kemampuannya. Oleh karenanya manajemen harus berupaya untuk meningkatkan efesiensi produksi dan distribusi.

2. Konsep Produk (The Produk Concept)

Konsep ini menggandung pengertian bahwa, konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualita s dan prestasi terbaik serta keistimewaan yang menonjol. Oleh karenanya, produsen harus berupaya untuk memperbaiki produk secara terus-menerus.

Pelaksanaan konsep poduk ini perlu persyaratan yaitu:

a. Konsumen membeli produk tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhannya.

b. Konsumen menaruh perhatian pada kualitas produk

c. Konsumen mengetahui tinggi rendahnya kualitas dan perbedaan dalam penampilan di antara berbagai merk barang lain yang sejenis.

d. Konsumen bersedia membayar pada harga yang layak sesuai dengan kualitas barang.

3. Konsep Penjualan ( The Selling Concept)

Pengertian yang terkandung dalam konsep penjualan adalah bahwa, konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk, kecuali jika produsen mengupayakan promosi dan penjualan yang agresif. Jadi dalam konsep ini terkandung dalam pikiran:

a. Tugas utama produsen adalah mencapai semua volume penjualan yang setingggi-tingginya

b. Konsumen harus didorong untuk membeli dengan berbagai cara peningkatan penjjualan

c. Konsumen mungkin akan melakukan pembelian lagi dan kalaupun tidak, masih ada konsumen yang lain.

Perusahaan yang memakai konsep penjualan lebih mementingkan volume penjualan daripada kepuasan konsumen. Untuk mencapai tingkat volume penjualan yang tinggi sering kali penjual tidak segan-segan menggunakan cara yang kurang jujur untuk mempengaruhi konsumen.

Namun demikian konsep penjualan ini dapat juga berhasil jika dipenuhi kondisi sebagai berikut:

a. Pembeli mengetahui bahwa kata-kata penjual tidak sepenuhnya benar.

b. Pembeli yang kecewa atas produk, dengan cepat melupakan kekecewaanya.

c. Pembeli yang kecewa tidak akan mengadu ke lembaga konsumen dan tidak memberitahukan kekecewaanya kepada calon pembeli yang lain.

d. Jumlah calon pembeli cukup banyak sehingga penjual tidak perlu menciptakan pelanggan.

4. Konsep Pemasaran (The Marketing Concept)

Konsep pemasaran beranggapan bahwa, kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan adalah terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginanpasar sasaran serta pemberian kepuasan yang diinginkan secara lebih baik daripada yang dilakukan oleh para pesainggnya.

Dasar pemikiran yang terkandung dalam konsep pemasaran yaitu:

a. Pemuasan keinginan kelompok pembeli tertentu adalah menjadi tugas perusahaan.

b. Untuk memuaskan keinginan konsumen tersebut, diperuluakan program riset pemasaran agar dapat diketahui pola keinginan pembeli.

c. Semua keinginan untuk mempengaruhi pembeli harus ditempatkan dibawah kontrol pemasaran yang terintegrasi.

d. Kepuasan konsumen akan dapat menimbulkan loyalitas dan kesan baik dari pembeli.

Perusahaan yang ingin melaksanakan orientasi kepada konsumen, maka harus dapat:

- Menentukan kebutuhan pokok dari pembelian yang akan dilayani.
- Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran penjualan.
- Menentukan produk dan program pemasaran.
- Mengadakan penelitian terhadap konsumen untuk mengukur dan menilai konsumen
- Menetukan dan melaksanakan strategi yang paling baik untuk konsumen.

Pada hakekatnya, konsep pemasaran juga mengiginkan volume penjualan yang menguntungkan, tetapi laba yang didapat dari volume penjualan itu harus didapat melalui kepuasan konsumen.

5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan (The Societal Marketing Concept)

Konsep ini menyatakan bahwa, tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik daripada yang diberikan oleh pesaing-pesaing perusahaan sedemikian rupa sehingga dapat mempertahankan dan mempertinggi kesejahteraan masyarakat.

Konsep ini mengupayakan untuk menjaga kepentingan masyarakat dalam jangka panjang, di samping tujuan yang lain yaitu memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Perbedaan Konsep Penjualan, Konsep Pemasaran dan Konsep Pemasaran Baru:

Konsep Penjualan
Konsep Pemasaran
Konsep Pemasaran Baru
- Menitik beratkan pada produk serta keinginan penjual/produsen
- Menitik beratkan pada kebutuhan dan keinginan pembeli/pasar
- Lebih menitik beratkan pada kepentingan lingkungan bisnis perusahaan.
- Produsen membuat produk dan mencari keuntungan dari penjual produk tersebut melalui upaya-upaya promosi yang sangat intensif
- Produsen menentukan apa kebutuhan/keinginan pembeli dan mencari keuntungan serta menyalurkan produk untuk memuaskan kebutuhn tersebut melalui pemasaran yang terpadu.
- Produsen menentukan membutuhkan pembeli dan berupaya memuaskan kebutuhan tersebut dengan manajemen strategic.
- Intren, orientasinya ke dalam perusahaan
- Ekstern, orientasinya ke pasar
- Disamping berorientasi ke pasar juga memperhatikan “stake hilder benefis”

0 Response to "Pengertian Pemasaran dan Konsep-Konsep Pemasaran Dalam Ilmu Pengantar Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel