Pengertian, Tujuan dan Manfaat Magang

Pengertian Magang

interenship

Praktek Magang   merupakan kegiatan kurikuler yang dikemas dalam sebuah mata kuliah yaitu magang. Magang adalah suatu bentuk proses pembelajaran mahasiswa yang mendukung program pendidikan di Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (FEBP-Unhi) dan program teknis praktis yang ditemukan dilapangan. 

Penyelenggara pendidikan keahlian profesional yang mendukung secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di FEBP-Unhi dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan pengalaman langsung didunia kerja yang mengarah kepada pencapaian tingkat keahlian profesional tertentu.

Dalam mata kuliah ini kegitan pembelajaran dilaksanakan secara langsung didunia kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keahlian praktis yang sesuai dengan situasi dan kondisi kerja nyata (riil) yang tidak diperoleh di perguruan tinggi sehingga mahasiswa diharapkan lebih memahami dan memiliki keterampilan dalam suatu disiplin ilmu. 

Hasil dari kegiatan Magang  ini menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikannya di FEBP-Unhi dan aspek penentu bagi keberhasilan mereka di dunia kerja setelah lulu kuliah.

Setiap mahasiswa FEBP-Unhi wajib mengikuti magang  yang pelaksanaanya langsung di perusahaan atau di instansi pemerintah. Magang ini merupakan satu dari sekian banyak mata kuliah yang ada di FEBP-Unhi. Mahasiswa harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh supaya pelaksanaan magang itu berhasil secara maksimal. 

Dalam pelaksanaan magang ini diharapkan ada kecocokan antara kompetisi yang didapatkan mahasiswa dibangku kuliah dengan aktivitas praktik yang dilakukan di perusahaan atau di intansi tempat magang.

Di sisi lain, diperlukan suatu sinergi antara dunia kerja dengan lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara lebih luas. Maka, melalui kegiatan magang keahlian ini, diharpakan akan terjadin hubungan kemitraan antara FEBP-Unhi dengan dunia kerja. 

Magang ini sekaligus dimaksud untuk memahami dan mencari kempuan dasar apa yang sebenernya diinginkan dunia kerja untuk di kembangkan di FEBP-Unhi sebagai lembaga penghasil tenaga profesional yang berorientasi pada dunia kerja berlandaskan agama dan budaya.

Untuk mengetahui kesungguhan mahasiswa, maka perlu melakukan pencatatan atas apa yang dikerjakan selama magang keahlian dalam bentuk "jurnal kegiatan harian". Jurnal ini merupakan bukti pekerjaan apa yang telah dilakukan dan sejauh mana kinerja mahasiswa selama melaksanakan magang di institusi atau perusahaan tempat magang.

Disamping itu untuk untuk megetahui pemahaman atas kegiatan yang dilakukan, mahasiswa juga harus menulis laporan yang berisikan kegiatan yang mereka lakukan, yang juga berisikan pembahasan dan pemecahan masalah atas hal-hal (kasus) yang diamati di instansi pemerintah dan perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan magang. 

Informasi yang dibawah mahasiswa akan dianalisis secara teoritis setelah mereka kembali dari praktek magang. Selain itu informasi juga dapat digunakan oleh FEBP-Unhi sebagai dasar pengkajian link and match FEBP-Unhi dengan dunia kerja.

Tujuan dan Manfaat Magang

- Tujuan Umum

1. Membangun link and match sehingga terbentuk keterkaitan dan kesepadanan antara kurikulum di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja.

2. Meningkatkan proses pembelajaran melalui proses pendidikan berbasis praktik sehingga nantinya lulusan akan menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan profesional pada kondisi kerja yang sesungguhnya.

3. Meningkatkan pengetahuan melalui pengalaman kerja riil yang diperoleh di duia kerja, sebagai bekaluntuk memahami dunia kerja yang nantinya akan dihadapi setelah menyelesaikan kerja di FEBP-Unhi.

- Tujuan Khusus

Secara khusus magang mempunyai tujuan agar mahaiswa:

1. Mempunya kompetisi dan etos kerja yang sesuai dengan program studi yang diikuti.

2. Mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan rutin yang berlingkupluas pada seluruh bagaian yang telah dilalui dalam kegiatan magang.

3. Mampu mengelola kelompok kerja dan beradaptasi dengan lingkungan kerja tempat magang secara baik dan benar.

4. Mampu mempraktikkan etika kerja dalam lingkungan magang secara memuaskan.

- Manfaat Magang

1. Menghasilkan lulusan yang memilikikeahlian profesional dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

2. Sebagai feed back dalam melakukan penyempurnaan kurikulum dan proses pembelajaran di FEBP-Unhi yang relevan dengan kebutuhan dunia kinerja.

0 Response to "Pengertian, Tujuan dan Manfaat Magang "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel