Sistematika dan Penjelasan Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Sistematika dan Penjelasan Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Setelah menyelesaikan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan), setiap mahasiswa diharuskan membuat satu karya tulis sebagai laporan PKL. Laporan PKL ini harus dipertanggungjawabkan peserta magang kepada dosen pebimbing PKL.

Laporan PKL ini juga menjadi bagian dari penilaian PKL bagi mahasiswa yang diberikan oleh dosen pebimbing PKL. 

Laporan PKL yang bagus harus menggambarkan seberapa jauh pengetahuan dan pemahaman mahasiswa berkaita dengan tempat PKL dan semua kegiatan yang dilakukan selama PKL.

Pembuatan laporan PKL harus mengukuti teknik penulisan karya ilmiah yang berlaku secara umum di Perguruan Tinggi, adapun sistematika laporan PKL adalah sebagai berikut:

Isi Laporan PKL

Cover Buffalo Warna Orange
Halaman Pengesahan dari Pebimbing
Kata Pengantar
Daftar Isi

A. Latar Belakang
B. Permasalahan
C. Kajian Teori
D. Hasil dan Pembahasan
E. Kesimpulan dan Saran
F. Daftar Bacaan

Penjelasan

A. Latar Belakang

Latar Belakang merupakan penjelasan secara deskriptif tentang kenapa masalah atau kasus tersebut penting diangkat. Latar Belakang juga berisikan tentang fakta yang didukung oleh data yang memadai untuk ditulis dan dibahas.

B. Permasalahan

Masalah merupakan kesenjangan atau persoalan yang diamati, atau berupa keadaan yang menunjukkan ketidaksamaan  antara fakta dengan teoritis atau nilai normatif (dapat berbentuk kualitatif atau kuantitatif). 

Kasus yang ditulis harus sesuai dengan bidang studi atau keahlian masing-masing mahasiswa. Kasus merupakan fakta, kenyataan atau praktek pengelolaan instansi/perusahaan yang berbeda dengan pemahaman teoritis mahasiswa objek yang diamati.

C. Kajian Teori

Kajian Teori merupakan urutan kronologis pendapat para ahli yang kompeten pada bidang kasus yang diangkat. Penyusunan kajian teori ini dibuat sesuai dengan panduan penulisan karya ilmiah yang berlaku secara umum.

D. Hasil dan Pembahasan

Bagian ini membahsa tentang masalah-masalah dan hasil yang dikemukakan dan membandingkannya berdasarkan teori-teori yang relevan. Selanjutnya dulakukan analisis atas data yang diperoleh sehingga dihasilkan pemikiran (elaborasi) penulis atas kasus yang diangkat.

E. Kesimpulan dan Saran)

1. Kesimpulan

Merupakan poko pemikiran yang diperoleh setelah memecahkan masalah

2. Saran

Merupakan saran atas kasus yang diangkat, saran yang diberikan harus relevan antara masalah, pembahasan dan kesimpulan yang diberikan.

F. Daftar Bacaan 

Format penulisan daftar bacaan harus sesuai dengan panduan penulis karya ilmiah yang berlaku secara umum. 

0 Response to "Sistematika dan Penjelasan Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel