Karakteristik Pemasaran Pada Perusahaan Jasa

Karakteristik Jasa

Karakteristik Pemasaran Pada Perusahaan Jasa

Pada mulanya pemasaran hanya dihubungkan dengan penjualan produk fisik seperti buku, sabun, televisi, sepeda, mobil dan sebagainya. Namun pada saat sekarang ini pemasaran jasa sudah banyak dijalankan. Jasa yang dipasarkan di sini dapat berupa ide, gagasan, tempat danmanusia.

Secara nyata dapat kita lihat adanya bidang penawaran jasa seperti:

** Perbankan
** Hotel/Pariwisata
** Rumah Sakit
** Biro Jasa Komputer
** Notaris
** Pengacara
** Dan Sebagainya

Definisi

Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lainnya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu. Produksinya dapat atau tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik.

Jasa Memiliki 4 (Empat) Karakterstik

a. Tidak Berwujud

Maksudnya tidak dapat dicicipi dan dilihat sebelum dikonsumsikan. Di sini pembeli harus mempunyai keyakinan penuh kepada penjual/pembeli jasa. Untuk itu penjual jasa harus dapat meningkatkan kewujudan jasa dengan cara lebih memperlihatkan manfaat jasa tersebut.

Kemudian dapat pula penjual jasa menekankan pada nama merk perusahaannya sehingga cukup dikenal dalam hal ini dapat dijalankan dengan bantuan seseorang yang sudah cukup dikenal oleh masyarakt misalnya seorang pemain olahraga atau aktor/aktris film yang cukup dikenal.

b. Tidak Dapat Dipisahkan atau Tidak Dapat Diwakilkan

Dalam hal ini bisa kita lihat bahwa jasa selalu melekat pada sumbernya, misalkan saaj kita ingin melihat pertunjukan wayang kulit yang akan dipentaskan oleh seorang dalang tertentu yang menajdi pavorit kita.

Maka akan menjadi berbeda apabila ternyata dalang itu berhalangan dan digantikan oleh dalang yang lain. Bisa jadi penonton akan kecewa. Bwgitu pula bagi orang tertentu apabila akan mengunjungi dokter atau akan pangkas rambut, maka apabila bukan dokter atau pemangkas rambut langganannya yang melayani makan akan merasa kecewa, bahkan sering terjadi mereka menunda maksudnya.

c. Tidak Tahan Lama

Maksudnya, jasa itu tidak seperti produk fisik, misalnya kita bisa membelinya sekarang untuk persediaan bulan depan. Tetapi jasa akan mempunyai nilai di saat pembeli jasa membutuhkan pelayanan. Oleh karena itu seringkali permintaan akan jasa berfluktuasi.

Sebagi contoh, orang pergi kedokter hanya pada saat merasasakit dan jasa dokter tersebut akan mempunyai nilai bagi pasien yang seang sakit. Permintaan yang berfluktuasi tersebut dapat dicontohkan misalkan usaha angkutan (bus kota) pada jam-jam berangkat dan pulang kantor atau sekolah, maka permintaan angkutan ini tinggi, tetapi diluar jam tersebut akan sepi penumpangnya. 

Jadi perusahaanharus dapat menyediakan armada bis yang mencukupi untuk pelayanan pada jam-jam sibuk, meskipun diluar jam-jam itu akan menurun jumlah penumpangnya.

d. Aneka Ragam

Ternyata harga atau tarip suatu jasayang sama bisa beraneka ragam, seperti misalnya tarip jasa dokter, tarip pangkas rambut disalon, juga tarip jasa pengacaran atau advocat. Hal ini sangat tergantung siapa yang memberi layanan jasa dan di mana layanan jasa tersebut diberikan.

Salon yang sudah cukup dikenal dikota, akan memasang tarip lebih tinggi daripada salon yang baru. Demikian pula tarip jasa seorang dokter spesialis bisa lebih mahal daripada dokter praktek umum. Di sini lokasi penjualan jasa juga dapat menetukan tarip. Tarip dokter, salon, penjahit do kota-kota besar seperti jakarta, surabaya, medan, tentu lebih mahal bila dibandingkan dengan kota lainnya yang lebih jecil.

0 Response to "Karakteristik Pemasaran Pada Perusahaan Jasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel