Pengertian Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan dan Jurnal Pengeluaran Kas Dalam Akuntansi

Pengertian Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan dan Jurnal Pengeluaran Kas

jurnal khusus

* Jurnal Pembelian

Jurnal Pembelian adalah jurnal yang khusus digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit. Jurnal Pembelian yang sederhana hanya memiliki satu kolom jumlah rupiah. Akan tetapi Jurnal Pembelian dapat juga dirancang untuk mencatat pembelian perlengkapan (tidak hanya mencatat pembelian barang dagang). Jurnal Pembelian semacam ini memiliki beberapa kolom jumlah rupiah.

Dalam contoh ini, informasi tentang tanggal faktur dan termin pembelian dapat digunakan untuk menentukan kapan suatu utang harus dibayar. Kolom kredit utang usaha digunakan untuk mencatat jumlah yang harus dikreditkan pada masing-masing kreditur.

Setiap transaksi yang menyangkut utang usaha dibukukan secara harian ke dalam buku pembantu utang pada akun kreditur yang bersangkutan. Pada akhir bulan, angka penjumlahan setiap kolom dibukukan dengan mendebet akun pembelian dan akun perlengkapan serta mengkredit akun utang usaha.

Sedangkan untuk jenis transaksi pembelian kredit jenis barang lainya, misalkan seperti pembelian perlengkapan atau peralatan kantor, maka akan dicatat pada kolom debet akun perlengkapan dan kredit pada akun utang dagang. Jika transaksi ini berlangsung secara berulang-ulang ada baiknya disediakan kolom sendiri untuk perlengkapan.

Kemudian untuk pembelian barang lainnya yang bersifat non-continue atau tidak berulang-ulang, kita hanya cukup memasukan kedalam kolom serba serbi.

jurnal pembelian

** Jurnal Penjualan

Jurnal penjualan merupakan jurnal khusus yang dibuat untuk mencatat semua transaksi penjualan barang yang dilakukan secara kredit. Untuk itu semua penjualan barang yang dilakukan secara keredit akan dicatat pada jurnal penjualan.

Dalam transaksi penjualan barang dagang secara kredit menyebabkan terjadinya penambahan pada akun piutang dagang dan penambahan penjualan.

Saat terjadi penambahan piutang dagang maka dicatat pada posisi debet karena piutang adalah salah satu jenis harta dan sebaiknya ketika terjadi penambahan pendapatan dari hasil penjualan maka dicatat pada posisi kredit.

jurnal penjualan

*** Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal Pengeluaran Kas adalah jurnal yang khusus disediakan untuk mencatat transaksi-transaksi Pengeluaran Kas. Seperti halnya Jurnal Penerimaan Kas, Jurnal Pengeluaran Kas juga mempunyai sejumlah kolom rupiah, sehingga transaksi yang terjadi berulang-ulang tidak perlu dibukukan satu demi satu, melainkan jumlah totalnya pada setiap akhir bulan.

Pengeluaran kas yang sering tejadi pada perusahaan dagang umumnya berupa pengeluaran untuk membayar utang usaha. Oleh karena itu salah satu kolom debet yang harus disediakan adalah kolom Utang Usaha. Bersamaan dengan pembayaran Utang Usaha, biasanya perusahaan mendapat potongan pembelian yang juga harus disediakan kolom khusus untuk pencatatannya.

Kolom-kolom lain yang harus disediakan dalam suatu Jurnal Pengeluaran Kas tergantung pada kebutuhan, yaitu tergantung pada ada tidaknya pengeluaran kas yang sering terjadi. Untuk mencatata pengeluaran kas yang jarang terjadi, pada sisi debet perlu disediakan suatu kolom yang disebut kolom lain-lain.

Jadi Jurnal Pengeluaran Kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang berhubungan dengan pengeluaran uang tunai.

jurnal pengeluaran kas

0 Response to "Pengertian Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan dan Jurnal Pengeluaran Kas Dalam Akuntansi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel