PERENCANAAN & PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

Perencanaan SDM merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan  bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut.

Pandangan tersebut mengandung arti bahwa ada empat kegiatan yang saling berhubungan,yang membentuk sistem perencanaan SDM yang terpadu (integrated) yaitu:
  1. Persediaan SDM sekarang
  2. Peramalan suplai dan permintaan SDM
  3. Rencana-rencana  untuk memperbesar jumlah individu-individu yang qualified
  4. Berbagai prosedur pengawasan dan evaluasi untuk memberikan umpan balik pada sistem.
Secara lebih sempit, perencanaan SDM berarti mengestimasi secara seistematik permintaan (kebutuhan) dan suplai tenaga kerja organisasi di waktu yang akan datang. 

Ini memungkinkan MSDM menyediakan SDM secara lebih tepat sesuai dengan kebutuhan organisasi. Idealnya, organisasi harus mengidentifikasikan baik kebutuhan-kebutuhan personalia jangka pendek maupun panjang melalui perencanaan.

Perencanaan SDM memungkinkan organisasi untuk:
  1. Memperbaiki penggunaan SDM
  2. Memadukan kegiatan-kegiatan personalia dan tujuan-tujuan organisasi di waktu yang akan datang secara efisien
  3. Melakukan pengadaan karyawan-karyawan baru secara ekonomis
  4. Mengembangkan informasi dasar manajemen personalia untuk membantu kegiatan-kegiatan personalia dan unit-unit  organisasi lainnya
  5. Membantu program penarikan dari pasar tenaga kerja secara sukses
  6. Mengkoordinasikan progam-program MSDM yang berbeda-berbeda, seperti rencana-rencana penarikan dan seleksi.
Kegiatan perencanaan MSDM terdiri dari dimensi suplai dan permintaan. Keduanya akan dipadukan sebagai subsistem dalam perencanaan SDM tersebut.

PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA

Melalui pengembangan para karyawan yang telah ada, departemen personalia mengurangi ketergantungan perusahaan pada penarikan karyawan-karyawan baru. 

Bila para karyawan dikembangkan secara tepat, lowongan pekerjaan lebih mungkin dipenuhi terlebih dulu secara internal. Promosi dan transfer juga menunjukkan pada karyawan bahwa mereka punya kesempatan karier.

Manfaat pengembangan juga akan dirasakan perusahaan melalui peningkatan kontinyuitas operasi-operasi dan semakin besarnya rasa ketertarikan karyawan terhadap perusahaan.

Pengembangan SDM juga merupakan suatu cara efektif untuk menghadapi beberapa tantangan yang dihadapi oleh bayak organisasi besar. Tantangan-tantangan ini mencakup keusangan karyawan, perubahan-perubahan sosioteknis dan perputaran tenaga kerja. 

Kemampuan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut merupakan faktor penentu keberhasilan departemen personalia dalam mempertahankan SDM yang efektif.

0 Response to "PERENCANAAN & PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel